5 Rekomendasi Manhwa Romance Kerajaan Terbaik Wajib Baca

5 Rekomendasi Manhwa Kerajaan Terbaik dimana Lead Malenya Bucin dan Nggak Bikin Emosi!

Loha~
Kita ketemu lagi dengan postingan tentang manhwa, lagi ya.. setelah sekian lama karena untuk review manhwa dan webtoon atau komik saat ini kupindahkan ke wattpad. 

Karena lebih teratur dan jujur aja untuk dokumentasi pribadiku, untuk melihat bacaan komikku sudah seberapa jauh karena aku sering banget baca tapi lupa review. 

Sedangkan bagiku review itu penting sebagai jejak kalau aku sudah membaca komik tertentu beserta kesan yang kudapatkan saat membacanya. Dan kalau aku nulis di wattpad nggak usah galau sama panjang artikel hahaha.

Anyway, selama aku membaca Manhwa, aku menemukan beberapa Manhwa yang kayaknya emang wajib banget untuk dibaca karena aku tuh nggak ada komplain sama manhwa-manhwa ini, dan penting bagiku untuk membuat rekomenadasi dan urutan-urutannya, hanya untuk mengingatkanku seperti apa tipe Manhwa favoritku.

Aku sebenarnya lebih suka merekomendasikan manhwa ini kalau sudah tamat ya, tapi okaylah nggak apa juga kalaupun beberapa belum tamat.


1. The Reason Why Raeliana Ended up at the Duke's Mansion

Rekomendasi Manhwa Romance Kerajaan


Waktu awal-awal aku kenal sama Manhwa, dan menemukan komik ini, jujur sejujur jujurnya aku kira ini tuh cuma komik fans doang yang nggak tau bakal tamat atau enggak. Dan aku memang sempat se skeptis itu sama komik dengan tema isekai.

Tapi setelah aku iseng berlanjut membaca cerita ini, aku jatuh cinta setengah mati sama ceritanya.
Jujur ini tuh manhwa bagus banget.

Emang ada sih tipikal second lead male di cerita ini, tapi beneran deh kamu kalau baca nggak akan bisa berpaling dari Noah.

Noah ini rela apa-apa untuk Raeliana. Bahkan setelah pengakuan cintanya ditolak mentah-mentah dia masih rela menyerahkan hidupnya untuk membahagiakan Raeliana. Pokoknya sebucin itu Noah sama Rae, padahal Noah ini tipe cowok cool yang kelihatan main perempuan atau nggak tertarik sama perempuan. Tapi kalau sekilas mata Noah ini berasa nggak mungkin gitu ngebucinin cewek, ada juga cewek ya yang bucin sama dia.

Dan Noah itu nggak keberatan bahkan kalau Rae melakukan kejahatan asalkan gadis itu selalu ada disisinya. Aku baca manhwa ini dari awal sampai akhir rasanya pingin nangis aja terus. Habis bagus banget.

Kenapa aku rekomendasikan manhwa ini? 
Karena aku nggak nemuin cacat dari cerita ini. Aku setuju aja Noah ngejar-ngejar Rae. Dan aku paham kenapa Rae selalu mencoba menghindari pernyataan cinta dari Noah padahal dia juga cinta, itu karena Rae tahu Noah ini takdirnya sama siapa dan dia cuma peran figuran aja.

Tapi yang bikin menarik dari keseluruhan adalah bagaimana cara plot ceritanya bermain. Cerita ini menjadi logis dari awal sampai terakhir dan menurutku sebab-akibat keseluruhan dari cerita ini membuat keseluruhan manhwa menjadi unik dan tidak hanya sekedar mengikuti trend saja.


2. Seduce Villain Father



Ini adalah cerita kedua yang menurutku terbaik sejauh ini. Duhhh akutuh sampai bingung mau bilang apa tentang cerita ini. Aku suka sama literally keseluruhan ceritanya, walaupun belum tamat (tapi aku sudah nengok sih untuk spoilernya), dan ceritanya selalu fluffy, gemes, sweet.

Jarang-jarang sebetulnya aku menemukan cerita yang lead malenya adalah Kaisar/Raja. Ada sih selain cerita ini, tapi yang bikin aku suka banget entah kenapa baru ini.

Sekarang sih lagi hiatus jadi belum lanjut ke season berikutnya, but karena aku sudah tahu ceritanya nanti akan seperti apa jadi bagiku worth it banget lah nungguin Manhwa ini.

Kenapa aku rekomendasikan manhwa ini?
Karena disini FLnya lovable abisssss... 
Yes, aku lihat FLnya dulu untuk cerita ini, dan yang bikin aku tertarik sama manhwa ini karena si FLnya yaitu Yerenica.

MLnya si Eru adalah Kaisar yang sangat cool tapi berwibawa. Pokoknya dia dihormati gitu deh. Cuma sebenarnya karakter Eru ini dimana-mana banyak ya, maksudnya di cerita lain. Karakter yang keren, kuat, pendiam, ah pokoknya idamanlah. Apalagi dia raja, beuuuh. Biasanya raja istrinya kan banyak padahal ya haha. Dan biasanya playboy gitu, tapi si Eru mah enggak, dia itu tipe nggak peduli sebenarnya tapi gara-gara Yerenica aja jadinya bucin doi haha.

Dan.. karena muncul FL berupa Yerenica, si gadis isekai yang berusaha menyelamatkan raja ini berdasarkan rasa kasihan (lalu berubah jadi cinta), ceritanya jadi menarik banget. Apalagi si raja ini kan ceritanya bakal mati karena dibunuh anaknya ya, dan Yerenica sebenarnya cuma datang untuk bikin rajanya nggak mati aja dengan cara membuatnya gagal menikah dan jatuh cinta pada Yerenica. 

Tapi bukannya bikin si raja jatuh cinta, eh malah Yerenica yang jatuh cinta sama raja dan berharap sama Eru ini. Ya gimana nggak jatuh cinta? Terhadap Yerenica, Eru bersikap gadis itu berharga dan harus dilindungi. Sebenarnya yang dilakukan Eru adalah bersikap sopan terhadap tamu ya, tapi pesonanya Yerenica ini bikin Eru pingin memperlakukan Yerenica berbeda. 

Orang ketiga? Ada sih, cantik juga, tapi untuk antagonis hehe. Jadi menarik aja waktu di eksekusi.


3. I Stole Male Lead First Night




Ini sebenarnya termasuk manhwa baru sih ya. Kalau dibandingkan Raeliana yang mungkin sudah dari tahun 2018, kalau manhwa ini masuk di Indonesia mungkin baru tahun 2020. Tapi dari chapter pertama sudah sangat menarik. Karakter duke yang terkenal kejam, dan ketemu sama heroin yang petakilan. Lebih lucunya lagi, si Duke ini dari pertemuan pertama sudah jatuh cinta sama heroinnya.

Kenapa aku rekomendasikan Manhwa ini?
Pertama, karena lucu. Humornya on point banget.
Dari penggambaran ekspresi, sampai peletakan titik lucunya, selalu berhasil membuat terkekeh-kekeh. Ini adalah manhwa yang penuh dengan hiburan jadi isinya seneng aja gitu bacanya.
Pastinya manhwa lain juga banyak yang lucu ya, hanya saja ada kesan yang berbeda dari kelucuan di Manhwa ini. Kita tahu kalau setiap chapter pasti nggak bakalan ketinggalan momen-momen lucunya.

Kedua, seperti biasa, karena karakternya itu sendiri sangat compatible untuk disandingkan sebagai tokoh yang berpasangan seperti Ripley dan Zeroness disini. Tokoh dukenya ini bukan cool ya, tapi kejam, jadi dia ada kemampuan berlaku sadis tanpa rasa gitu. Tapi tokoh yang seperti ini siapa sangka bisa jatuh cinta. Dan yang lebih menarik, dia bukan jatuh cinta sama karakter yang halus dan lembut, bukan jatuh cinta sama karakter yang ceria dan manis, tapi dia jatuh cinta sama karakter yang petakilan dan nakal. Itu ngakak banget sih. Apalagi bagaimana Zeroness berusaha semaksimal mungkin bisa nikahin cewek ini.

Padahal nggak ada yang berfikir Zeroness bisa menyerahkan segala-galanya untuk seorang wanita.
Agak mengingatkanku sih sama Noah yang bisa jadi sadis kalau sudah 'marah'. tapi kalau Ripley ini kesan kejamnya bisa sangat terasa sampai ke pori-pori. Hahaha


4. Why Are You Doing This, Duke?




Kalau ini agak nggak sengaja bacanya, tapi ternyata aku jatuh cinta banget sama ceritanya. Well, kalau boleh jujur sebenarnya nggak banyak Manhwa yang aku rajin update baca apalagi yang lagi on going. Tapi manhwa-manhwa yang kusebutkan ini sangat bikin penasaran meskipun harus bersabar tiap minggu baru dapat chapter baru. Soalnya banyak Manhwa yang aku udah baca sampai chapter terakhir, tapi kelanjutannya aku 'nabung' atau nunggu banyak, atau sengaja kutunggu sampai tamat. Tapi untuk manhwa-manhwa ini rasanya nggak bisa nabung. Tingkat penasarannya sangat tinggi hihi.

Kenapa aku merekomendasikan manhwa ini?
Awal cerita yang sangat menarik.
Itu sih yang pertama. Awal ceritanya sudah sangat mengikat. FL cerita ini di awal sudah benar-benar hampir dibunuh sama ML. Alasannya dibunuh karena ini lebih kepada perebutan wilayah kekuasaan gitu. Jadi si ML harus bisa mematikan perasaannya untuk bisa menjadi penguasa. Cuma ya itu, ada campur tangan magic yang bikin ML ini kayak dirasuki dan ngagk jadi bunuh FL,

Apalagi si ML itu pas sama FL nggak sadar, pas sadar dia nggak tahu ada si FL. Unik bangetlah premis ceritanya. Bisa dibilang aku baru sekali nemu yang model begini.
Karakternya sih sebenarnya nggak unik-unik banget ya. ML Alpha, dan FL yang lembut dan ceria. Udah sering kita temui dibanyak cerita. Tapi kejadian-kejadiannya itu selalu bikin kita penasaran dan menantikan perkembangan dari hubungan mereka.

Apalagi cerita diawali dengan ML yang 'benci' sama FL, dan merasa dicurangi, tapi lama-lama nggak bisa lepas. Dan semakin kesini semakin intens kisah hubungan mereka berdua.


5. I'm Stanning The Prince




ini adalah Manhwa yang cukup aku tungguin updatenya, tapi banyak hiatusnya huhu. Kalau denger-denger nih kayaknya manhwa ini nggak berasal dari novel ya? Apa karena itu ceritanya jadi seperti sering berhenti?

Tapi manhwa ini bagus banget. Aku kadang bingung mau jelasin bagusnya dimana, kecuali artnya yang mengagumkan dan beda dari yang lain. Artnya ini detail banget sampai rasa-rasanya nggak bisa nggak jatuh cinta sama gambarnya.

Kenapa aku rekomendasikan manhwa ini?
Pertama itu sih, artnya. Ekspresi tokoh-tokohnya sangat mendukung setiap emosi yang ingin disampaikan dalam setiap bagian cerita. Gampang banget baper sama manhwa ini. Rasanya interaksi tokoh utama mudah banget bikin merasa 'gyuuut' gitu perasaannya. Padahal tokohnya punya karakter yang standar di cerita-cerita sih ya. ML pangeran pendiam, dingin, cool, tapi diam-diam lembut dan perhatian. FL tipe fans yang mengagumi ML dan ceria serta berani.

Kedua, aku merasa yang paling menarik dari manhwa ini adalah flow penyampaian emosi ceritanya. Itu sih yang aku kagum banget sama cerita ini. Memang nggak banyak komedi, tapi interaksi tokoh utama selalu berhasil mencuri perhatian dan bikin rindu. Kayak pingin lagi pingin lagi. Seolah-olah pertukaran kata dari kedua tokoh menjadi hal yang paling dinantikan.



Dan sebenarnya masih ada sih list lainnya, kubocorkan sedikit ya untuk list 6-10 besar menurutku:

6. The Empress of Another World


7. Survive as Hero Wife


8. Sincerly: I Became the Duke Maids


9. The Evil Lady's Hero


10. Virtue of Villainess


Ini kalau 10 besar ya,
sebenarnya aku masih punya list 15-20 besar hahaha.. Tapi ya itu list yang naik turun. Belum lagi cerita yang di dalamnya cukup kompleks politik, tahta, atau profesi, biasanya aku sering bosen di bagian-bagian yang terlalu kompleks.

Nah, kalau kamu bertanya-tanya kenapa aku nggak masukin I Became a Princess, itu bukan karena aku nggak suka ya tapi karena aku sudah lama vakum nggak baca lanjutannya. Terakhir episodenya masih berat gitu, jadi aku masih nabung. Mungkin kalau habis aku baca manhwa itu bisa saja masuk 10 besar dan menggeser list ini.

So, list ini bakalan aku review terus ya! Setiap ada cerita baru yang aku masukin bisa saja menggeser list disini. Tapi yang pasti disini aku menuliskan list untuk manhwa terbaik versi aku.

Kalau kamu,
apa aja 10 besar manhwa favoritmu? share juga yuk!


Salam, Adlina Haezah

Komentar