Pertama Kali Bias Rapper tapi Malah Keluar Grup - Ilhoon BTOB


Sakiiiiitttttt hati ini..
bukan sakit karena kecewa Ilhoon terjerat narkoba atau apalah itu.
Buat aku hal semacam itu biasa di kalangan idol dan artis.. karena tingkat stress yang tinggi dan nggak dapat penanganan yang tepat secara mental sejak awal.

Tapi yang bikin sakit dan sedih adalah karena aku nggak bisa lihat Ilhoon perform lagi. Itu sedihnya sedih banget. Apalagi kalau sambil nonton video-video lama mereka. Ilhoon itu udah yang paling aku cari kalau BTOB perform.

Yap, hari ini aku akan menambah postingan blog ini dengan sesi curhat lainnya.
Dan disini aku juga akan bercerita kenapa aku setelah sekian tahun, maksudnya, BTOB ini kan udah debut sejak 2012 ya tapi aku malah suka sama grup ini di tahun 2020. 

Dulu di tahun itu aku cuma suka sama EXO dan BTS aja. Yang rookie2 baru pada tahun itu kan ya mereka berdua. Dan aku jatuh cinta duluan sama dua boyband tersebut. Jadi waktu BTOB ini debut aku juga biasa aja. Nganggepnya lebih kayak boyband musiman lain yang juga debut. Emang fokusku nggak banyak ke boyband lain selain dua itu. Ditambah tahun itu aku juga mulai vakum super junior nampaknya.. Intinya, aku ini emang bukan tipe yang bisa melahap semua boyband gitu. Dan jatuh cinta sama setiap boyband sampai ketingkat 'hafal nama' itu nggak banyak.

Awal dulu aja aku ngikutin banyak boyband,, akhir-akhirnya yang beneran diikutin ya cuma suju, dbsk, big bang, shinee. SS501 pada akhirnya aku lupa sama namanya, jadi mungkin dalam hati aku tuh sebenernya biasa aja sama grup tersebut. Grup-grup itu menemani hari-hariku mengenal kpop.

Kemudian aku kenal sama Beast yang dari Cube. Awalnya nggak ada niat suka sama grup ini, tapi lagu-lagu mereka, hampiiir semua yang ballad itu bisa jadi playlist tetap. Apalagi saat galau, sedih, banyak tugas, itu udah jadi obat banget lagu-lagu mereka.


Lalu aku kenal sama banyaaaak lagi boyband seperti B1A4, INFINITE, adalah nama2 yang berseliweran di tahun itu.. tapi sampai sekarang udah lupa-lupa aja nama personilnya. Yaa mungkin karena nggak serius ngefangirlingnya yaa.. Kayak B1A4 sama INFINITE itu pure suka sama lagunya aja.. tapi suka banget, emang bagus banget..

Dan BTOB ini malah di tahun itu aku skip terus... ada juga yang udah ngerekomendasiin grup ini tapi masiiih aja aku skip.

Waktu tau seungjae itu anggotanya main di School 2017 aku menyadari ketampanannya dan mulai ngelirik BTOB. Tapi aku masiiih aja biasa aja. Bahkan meskipun aku suka sama seungjae, ya suka aja nggak sampai ngebias gitu.

Apalagi tahun itu sejak 2012 sampai sekarang udah nggak tau seberapa banyak lagi boyband baru yang muncul dan aku emang sejak kuliah udah nggak ngikutin lagi boyband baru karena kesibukan dan segala macam. Jadi yaudah, aku nggak hobi ngulik-ngulik lagi boyband baru.

Trusssss... ini nih. 2020 itu gara-gara nonton channel jessi yang ada si Dawn di dalamnya, kan aku jadi kepo banget tuh sama Dawn dan malah kebablasan sama kisah romancenya dia sama HyunA dan ngikutin terus sampai lagu barunya Dawn. 

Darisitu aku tau tentang Pentagon dan Dawn adalah mantan Pentagon. Sama Pentagon juga awalnya biasa aja sampai ketemu dengan lagu Daisy yang menghancurkan vakumku dari ngebias boygrup baru. Haha.. aku kepoooo maksimal sama Pentagon gara-gara nggak tahan sama pesonanya Hui hahaha.

Naaah, karena aku terdorong oleh rasa penasaran, akhirnya aku tahu kalau Pentagon ini adalah dari Label Cube. Dan aku jadi inget Beast yang lagu-lagunnya menemani hari-hariku itu dong. Dan aku nggak heran kalau Lagu Pentagon juga cocok sama telingaku.


Dan aku menyadari ada satu boyband yang nggak kenotice tapi seperti sering seliweran namanya, Yaituu BTOB.

Ini grup aku tuh sering banget namanya lewat gitu aja, tapi selama ini aku nggak ngelirik karena nggak tau kenapa aku harus suka sama BTOB. Dan finally, karena belajar dari pengalaman, yaitu biasanya lagu-lagu jebolan Cube cocok sama telingaku, aku akhirnya dengerin lagu ballad mereka, playlistnya.

Karena biasanya aku sama cube itu tersambung gara-gara lagu balladnya gitu. Haha. Dan ternyata astagaaa.. setelah denger playlist balladnya.. itu langsung fix semua masuk playlist harian. Aku tuh dengerin awalnya cuma dari MP3 doang, jadi aku nggak tau siapa yang nyanyi. Aku dengerin berkali-kali sampai satu titik, aku kepooo maksimal sama performnya, siapa aja yang nyanyi, dan mereka nih nyanyinya kayak gimana sih. Aku penasaran. Karena seriously, lagu balladnya enak bangeetttt...

Dan ketika nonton performnya, ada satu orang nih, yang mengganggu mata dan pendengaranku. Jadi, aku tuh menyadari betapa 4 vokalis di BTOB ini bagus-bagus. Dan aku kan selama ini adalah tipe fangirl yang biasnya ada di Line Vokal ya, dan udah fix gitu, jadi emang aku naturalnya gitu. Jadi, aku berusaha nih ngapain vokal linenya dulu. Di awal menghafal nama vokal Line btob ya, aku tuh nggak bisa milih mau lebih suka sama changsub, eungkwang, atau seungjae. Bener deh, mereka itu warnah suaranya beda-beda banget. Milih siapa nih biasku, karena emang biasanya dan harusnya akan ada dari situ. Kemudian jadi antara changsub dan eungkwang kan. Aku akhirnya milih dari variety show mereka, dari BTS mereka. Dan aku baru sadar, ini anggota BTOB spesial di hatiku karena kelakuan sama di panggung beda 360 derajat.

Mereka ini kan grup ballad ya. Boyband, tapi fokus ke pasar ballad gitu. Jadi kan harusnya mereka ini tipe melankolis gitu kan.

But, NO!!! Ini anggota gilaaa semuaaa.. beneran ngingetin aku sama super junior. Enjoy banget lihat tingkah mereka yang nggak sesuai sama profesionalisme mereka di panggung yang mengharuskan mereka melankolis haha. Dan aku bahkan nonton video yang bilang, katanya grup ini sudah klaim bahwa mereka udah nggak peduli sama image mereka.Ini grup udah nggak peduli kalau dibilang nggak tau malu. Emang mau apa adanya gitu lho, jadi yaa gitu deh ketahuan aslinya bobrok banget. Tapi itu yang bikin aku jatuh cinta sama grup ini sebagai satu awalnya.

Dan akhirnya aku nggak bisa memutuskan mau ngebias eungkwang atau changsub. Awalnya aku memutuskan: yaudah lah, aku suka sama semua anggotanya disini. Karena nggak bisa ngebias kayak aku ngebias HUI di pentagon.

Tapi nih yaaaa,, aku lupa.. kalau selain vokal line, ada rap line juga kan. Cuma selama ini kan aku nggak pernah gitu ngebias dari rap line atau dance line. Jadi walaupun ini anak mengganggu pendengaranku dan visualnya menghantam bertubi-tubi, aku berusaha nggak nengok.


Trus, suatu hari gara-gara lagu apa ya.. beberapa lagu itu bagian rapnya bener-bener unik banget. Kayak yang: ini sebenernya yang ngambil bagian rap ini siapa siiiH!!!!??? Keren banget dah!

Ketika aku tahu kalau suara rapper yang aku sukai adalah Ilhoon, nggak nyangka dong. Karena, aku nih kan sebelumnya kepo sama BTS mereka ya, dan Ilhoon tuh nggak tampak seperti orang yang rapnya model begitu. Kayak terlalu kontras gitu lho antara suara dia sama visualnya. Dia tuh wajah2 yang lembut, ceria, tapi suaranya dia kalau lagi rap tuh kayak orang mabuk gitu lho. Naaah gara-gara saking kontrasnya itulah, aku jadi nggak bisa melepas pandangan dari part dia di sebuah lagu.

Malah nih ya, aku tuh sering banget ngulang-ngulang bagian dia cuma buat ngelihat wajahnya dia aja nih pas ngerap ekspresinya gimana. Dan perform dia She's Gone itu udah fix aku ngebias dia di BTOB.

Dan aku semakin denger lagu BTOB, semakin suka sama Ilhoon, semakin suka sama penampilannya. Cuma yang terakhir kemarin kan 4U ya, aku nyariin Ilhoon nggak ada dan baru sadar kalau ternyata dia lagi Wamil.


Aku sebenernya udah pingin lihat Ilhoon di lagu baru gitu lho, tapi ya udah lah sabar aja sampai dia selesai wamil.

Makannya waktu dengar kabar sedih itu aku sedih banget, karena untuk ke depannya kalau kangen Ilhoon mungkin aku cuma bisa menonton dari video lama aja, buka dari video-video baru.

Aku kayak patah hati aja gitu. Sebenarnya masih berharap sih, Ilhoon bakal balik kalau udah selesai direhabilitasi. Orang Justin Bieber habis vakum bisa nyanyi lagi malah jadi orang yang lebih baik. Jadi aku berharapnya Ilhoon bisa kayak gitu juga. Aku juga berharap kejadian ini nggak bikin dia down untuk tetap mengejar masa depan yang lebih baik. Jujur aja, kalau dapet masalah idol-idol keluar dari grup itu, apalagi biasku yang entah kenapa selalu berakhir keluar dari grup, aku selalu mendoakan tuh cuma satu: Semoga mereka bisa lebih sukses di luar sana. Bener deh, karena aku nggak masalah mereka udah nggak satu grup lagi, tapi aku nggak pingin eksistensinya menghilang.

Dan aku harus selalu ingat, bahwa keluarnya idol still much more better daripada anggota yang keluar idolnya karena meninggal kayak Jonghyun. Itu udah bukan patah hati lagi, itu udah tingkat berduka dan sedihnya ekstrim banget.

Jadi yah, meskipun aku sedih. Kejadian ini aku tetap harus bisa bersyukur. At least, Ilhoon mendapat perawatan yang lebih baik.

Dan melihat keakraban BTOB selama ini, aku rasa mereka masih kuat. Untungnya aku tuh BTOB suka sama semua member, jadi walaupun sekarang nggak ada bias, tapi member lain menguatkanku sih untuk tetap ngikutin grup ini.


Salam, Adlina Haezah

Komentar