Reincarnation Arc - Review Black Clover - Banteng Hitam Squad Paling OP


Setelah akhirnya lewat dari episode 60, dan akhirnya perjalanan Asta dkk terus berlanjut, cerita semakin semakin menariik

huwaaa~ aku bahkan nggak tahu apakah cerita ini bakalan membosankan.

Karena. Nggak. Pernah. Bikin. Aku. Bosan.

Seriously, kayaknya 140-an sekian episode anime bagiku masih terlalu kuraaaang deh huhu. Pasti bakalan kangen.

Padahal Fullmetal Alchemist 67 episode aja udah cukup. Tapi ini kok nggak pingin-pingin selesai huhu.

Oh, apakah ini yang dirasakan para pecinta One Piece ya wkwkwk.

Ada banyak yang terjadi dari review terakhirku, dan karena takut keburu lupa kan ya, jadi aku akan melanjutkan betapa cerita ini menjadi semakin baik setiap episodenya.

- saya tidak mau merasakan penyesalan kayak waktu nonton naruto -

Ada 3 Arc yang terjadi dalam episode 60 - 121 ini.

Dan Vanessa oh Vanessa. Bener-bener penuh kejutaan. Terakhir kali aku review itu kan reuninya Mars x Fana ya. Tapi habis itu Vanessa ngasih kejutan. Level Power up! Gila, kekuatannya bisa nyaingin ratu penyihir. Vanessa eerrgghhh.. gara-gara kekuatan yang didapet dia, kekuatan itu sama dia dijampi khusus untuk ngelindungi teman-temannya. KURANG SO SWEET APA COBA.

Trus, Gaucheee~ wkwkwk di review sebelumnya aku kan bilang ini karakter sempet bikin ilfil yaa..tapi oh kenapa aku semakin suka sama karakter ini! Jadi ternyata dia itu mimisan bukan karena Marie, tetapi karena perasaan bahagia. Kebetulan dia ini selama ini bahagianya cuma sama Marie jadi terkesan siscon akut. Waktu tau dia mimisan karena asta nggak tau kenapa aku kayak menemukan twist character lagi dari tokoh ini. Kalau Gauchee ini tipe personality power up! Makin cinta dah gue.

Sebelum masuk Arc terepik yang kutonton setelah ini, aku mau kasih cuplikan seru waktu Banteng Hitam ternyata naik rangking. Dari rangking terakhir (-50 poin, minus lho!) jadi ranking 2 seantero Ksatria sihir. Aku sama adekku dibuat loncat-loncat saking dodolnya orang-orang banteng hitam ini huahahahaha.




Dan aku harus memisahkan ceritanya karena kekuatan karakternya juga berbeda di setiap Arc

FULL SPOILER!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
FULL SPOILER!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
FULL SPOILER!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
FULL SPOILER!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
FULL SPOILER!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Royal Knight Arc

Sebenarnya ini adalah pertarungan pemilihan orang-orang yang bakal pergi ke markas  Mata Matahari Tengah Malam. Naah, disini sih jelas kita bakal kenal banyak tokoh yang sebelumnya nggak pernah kelihatan ya. Banyak sih, tapi yang paling mengalihkan perhatianku adalah sosok Kapten Rill sama battlenya Finral x Langris, itu yang rasanya susah keluar dari ingatanku haha.

Kenapa Kapten Rill? Karena dia cutee~ banget, dengan lukisan-lukisannya, dan sifatnya yang super cuteee terus nanti waktu battle sama Yuno itu dahsyat banget.

Lalu yang Finral Langris ini karena aku lihat betapa anggota banteng hitam semua langsung turun tangan waktu Finral mau dibunuh. Turun semua coy! ih aku merinding deh bener sama kekompakan mereka ini. Apalagi Gauche ya hehe. Aku dibikin ketawa lagi waktu dia ikut nonton battle-nya pemilihan untuk jadi Royal Knight. Dia cuek tapi kalau yang begituan ya ikut ya hahaha, tetep aja doi penasaran sama temennya pas battle. Jadi pas tau Finral mau dibunuh aja dia tetep turun tangan spontan meskipun masih bawa-bawa Marie.

Disini lebih banyak flashback dari tokoh-tokoh yang battle, tapi yang paling menarik sih bagiku adalah waktu masa lalunya Rill, sama Finral. Berasa banget gimana kepribadian mereka. Aku sempet kasihan sama Rill soalnya dia dapet peringkat squad terakhir, dan dia mau menurunkan derajat serta egonya untuk ikut battle ini. Ya jelas dia kalah juga gara-garanya bunuh diri haha, tapi biar adil juga sih. Masa kapten ikut battle.

Oh yaaa lupa. DISINI kita akan berkenalan dengan ZORA gaes.. OMG satu lagi manusia abnormal yang ternyata adalah Senpai di Banteng Hitam yang nggak pernah pulang ke markas hahahha. Mana aku nggak tau lagi dia ternyata udah direkrut Yami dari pertama kali tapi emang dia nggak tertarik jadi ksatria dan malah kelayapan nggak pernah balik. Eh tapi malah pura-pura jadi wakilnya squad ungu haha. Ada adegan yang bikin aku ngakak, waktu dia muncul di Royal Knight pertama kali.. ini nih:

ngakakkk njiiirrr ~ ternyata oh ternyata ~ kampretttt.......


Reincarnation Arc



Disini panjang banget sih Arc-nya buset. Aku start dia 70-an dan baru selesai di episode 120-an. Woah itu kayak nahan nafas sih selama pertarungan ini.

Disini selang seling antara cerita di markas Matahari Tengah Malam ke Banteng Hitam ke Yami & Julius & William. 

Pertama, ke Banteng Hitam dulu 


Aku terkaget-kaget pertamanya waktu kemunculan anggota Banteng Hitam yang sudah bermukim di markas serta menjadi pemilik asli markas Banteng Hitam,Henry.

Pingin gigit-gigit kursi waktu lihat kemunculannya pertama kali. Ini karakternya super uniiiikkkkkkk paraaah. Buset, anggota banteng hitam emang kagak ada dah yang beres. Ini juga rada koplak anaknya haha. Tapi dia bahagia banget walaupun selama ini bisanya cuma jadi bayangan, nggak ada yang tau keberadaannya, dan dia nggak berani berbaur tapi dia belajar tentang semua anggota squat banteng hitam. Dan walaupun temennya cuma si Asta doang sih. Aaah tapi dia menarik banget secara tiga dimensi karakter: masa lalunya, sifatnya, alasan keberadaaanya, kekuatannya, semuanyaaaaa.. Pahlawan yang muncul di saat-saat terakhir. Tak ada tapi terasa ada, dan akhirnya dia bisa ikut tarung bareng banteng hitam, walaupun markasnya jadi harus dibawa kemana-mana dan jadi kendaraan sih ahahhaha tapi kagak apa dah. Aku banyak ketawanya deh kalau Henry dan markasnya ini muncul.

Nahhh jadi si Henry ini kan bantuin Gauche, Gordon, sama Grey, 3 pengecut yang ditinggal di rumah. terus pas mereka udah kewalahan dan markasnya mau dihancurin si Henry muncul, dan dia ngagetin mereka bertiga itu. Ini disini Gordon juga akhirnya bersuara aku suka banget hahaha. Ada masa lalu dia juga. Aku kasih video kemunculan Henry yang super cute ini yaaa:



Kedua, Markas Matahari Tengah Malam

Disini akan ada banyak battle antara anggota matahari tengah malam vs royal knight. Pertarungan mereka sadis sih, tapi lebih sadis lagi waktu orang-orang mulai kerasukan ELF. HABISNYAAAA... ini temen-temen mereka jadi nyerang temen sendiri tauuu. Kekuatannya jadi random bangettt. Kayak kapten Rill, anggota fajar keemasan, terus, banyak! jadi nyerang temen-temennya sendiri dan malah temenan sama Raia. Jadinya para Royal Knight ini jadi kesulitan untuk ngalahin mereka apalagi dengan dirasuki elf ini kekuatannya jadi berkali-kali lipat. Tapi disini Yuno - Asta keren banget. Si Asta udah ketakutan banget Yuno bakal balik nyerang dia, untung enggak huhu. Bukan apa-apa, Yuno kalau ikutan kehilangan kesadaran dan nyerang balik duuh bisa-bisa Asta dkk ini pada kalah. Tapiii disini Yuno dan Asta lawan Litch, ugh keren, walaupun kalah sih.

Ketiga, Ibukota Kerajaan

Disini kejadiannya di tengah-tengah ketika Royal Knight lagi pada di markas Mata Matahari tengah malam, dan disini kita, aku sih, dikagetkan oleh kenyataan bahwaaaaa William yang aku puja puja ternyata adalah Litch (Patry)! Ekspektasiku berasa runtuh, dan hatiku hancur. Tapi waktu aku tahu bahwa ternyata itu bukan perbuatan William melainkan Litch, eh maksudku Patry, aku jadi super lega sih. Hehehe. Yah, patry, hm.. emang dia jahat sih.

Lalu, setelah Yuno dan Asta dikalahkan oleh elf dan terlempar untuk menyelamatkan diri bersama-sama teman-temannya. Mereka untungnya disembuhkan pake alat sihirnya Nozel.

darisini ada banyak part yang bikin aku mlongo dan nggak bisa berkata-kata, antara lain:

ASTA YUNO menyelamatkan Desa Hage : disini Asta akhirnya sadar bahwa pedang Litch yang tiba-tiba muncul padanya bisa dipake untuk menyadarkan pemilik tubuh asli. Disini banyak lucunya, ada sedihnya, ada terharunya, tapi lucu juga. Lengkap, dan bikin terharu waktu Bapa udah sekarat itu, parahhhh sih.

ASTA menyelamatkan Luck yang nyerang Magna sama Vannessa:
Dan disinilah si Luck  (dirasuki ELF) yang lagi bareng para anggota matahari tengah malam datang, dan mau bunuh Magna sama Vinnessa. Tapi Asta dateng, dan akhirnya Luck bisa kembali semula. Disini aku seeewwwdiiiihhh bangetttttttttttttttttttttttttt. LUCK NANGIS DONG!. Biasanya kita cuma bisa lihat evil smilenya dia yang kayak psikopat, dan dia nangis dong disini karena dia takut nggak diterima sama banteng hitam lagi karena habis nyerang temen-temennya dan aku disini juga nangis. terharuuuu~ ugh ikatan banteng hitam nih bener-bener deh sangat menyentuh.

Ini dia adegan favoritku:




ASTA kedatangan anak buah Litch (Patry) yang hidup lagi. Ini sebelum misi penyelamatan Gauche ya. Anak buat Patry yang jadi tumbah ternyata bisa hidup lagi dan mereka mau ngikut Asta. Itu lucu banget sih adegannya./ Kalau ada videonya aku masukin dah disini.
YAMI yang bertarung sama Charlotte elf. Chemistry Yami dan Charlotte menjadi jadi, meskipun disini Charlottenya diambil alih sama ELF sih ahhahaha.
FINRAL yang akhirnya bangun dan bertarung sama Langris. Tapi terus pingsan lagi, aelaaah~ tapi keren sih pertarungan dia sama adiknya. Dan siapa sangka ternyata Langris emang selama ini nunggu kakaknya buat deketin dan menjangkau dia.
Upgrade Noelle. Noelle badass.. Level Power Up! Bikin aku mlongo nih si Noelle. Posisinya disini dia bantuin kakak-kakak yang selama ini bully dia, dan disini terharu bangetttt, akhirnya diakui oleh nozel.

Nozel naik level dihatiku setelah menunjukkan niat awalnya membenci Noelle. Sangat, sangat, sangatttt so sweet ternyata kakak satu itu. Udah feeling sih. Dia itu nggak pernah benci sama Noelle. I know it, Nozel! i know ittttt! Canggung banget deh itu kakak satu.

ASTA ketemu Henry dkk yang udah ditinggal Gauchee
Ini kejadiannya tepat ketika para anggota utama ELF yang dibutuhkan untuk menyempurnakan pembangkitan elf itu sudah berkumpul. Anggota terakhirnya adalah Gauche, yang ternyata dia adalah anggota sangat penting bersama Marie untuk menyelesaikan misi ini. Tapi disini mereka sempat diganggu, dan akhirnya Gauche memutuskan untuk menyusul.
Dan llalalalla~ disinilah, para banteng hitam datang..
Tapi sempat kepisah, karena orang-orang penting kayak Vannessa, Luck, Charmy, dkk tapi battle terakhirnya epic bangeeettttt... 


Ini parah sih,. mindblowing waktu dibikin dorothy vs dorothy,.Aku taruh sini biar gampang kutonton lagi. Parah epic banget, yang epic itu idenya buat memunculkan dorothy asli hahaha.

Trus ada lagi waktu Gauche dia jadi ELF OMGGGG SO HAWT. Kayak liat Gauchee versi dingin tanpa siscon lalalanya ~  

Ini ya kejadiannya will put it below:



Nah, teruss yang terakhir adalah semua anggota bersatuuuu untuk menyelamatkan seluruh anggota kerajaan clover. Duh, emang deh ini banteng hitam cuma bisa bikin aku mlongo. Bener-bener bisaaaa gitu ya ini mereka semua bikin aku tambah sayang sama mereka.


Dan the last epic battle
Ini panjang sih, mulai dari flashback cerita elf x pangeran x tatia dan penghianatan yang ternyata dalangnya adalah iblis yang mau muncul. Ini , apa ya, panjang, tapi disini kita akhirnya tau rahasia selama ini dan itu EMANG CUMA SALAH PAHAM.

AKH. AKU MAU NANGIS.


dasar iblis sialaaaaaan~~~~

Aku nggak mau masukin adegan tragis waktu Litch mati, dan Kaisar Pertama harus bunuh dia. Tapi aku mau kasih lihat, reunian mereka.


Ini waktu kaisar sihir pertama dibangkitkan lagi, aku suka banget adegan ini karena lucu-lucu gemes,


Terus, litch akhirnya sadar justru karena kaisar sihir pertama a.k.a pangeran muncul dihadapannya setelah 500 tahun. BIARKAN AKU NANGIS! Dua sahabat ini yang terpaksa saling membunuh akhirnya dipertemukan kembali. Antara sedih dan bahagia. Gimana ya, ini twisted feeling banget. Nih ya bayangin, 500 tahun mereka berpisah dengan saling membunuh (padahal sayang), dan Litch mati, sedangkan pangeran disegel.

500 tahun kemudian, Iblis bangkit, Litch terpaksa direnkarnasi, Litch bangkit, dan untuk ngalahin Iblis butuh pangeran yang disegel, dan segel dilepas. Litch dan Pangeran (Kaisar Sihir Pertama) ini harusnya udah mati 500 tahun lalu, ketemu lagi 500 tahun kemudian (tapi udah bukan jaman mereka harus hidup), menyelesaikan kesalahpahaman, trus mati lagi (tapi kali ini jiwanya lebih bahagia sih matinya). Bangsa ELF pada akhirnya nggak punah karena meninggalkan anggota Mata Matahari Tengah Malam yang jiwanya nggak bisa ngikut Litch.

Sedih banget njir. So twisted. Ini kayak nggak tau mau rasa apa. Sedih iya, bahagia iya. Tragis, nyampurr semua.


Dan mereka memperhatikan cicit-cicitnya menggunakan warisan mereka 500 tahun lalu. ASTA YUNO YAMI mengakhiri si IBLIS. EPIC PARAH!!! (bukannya mereka nggak berusaha ngalahin sih, mereka berusaha - litch n pangeran - tapi mereka fokus ngelindungi temen-temen mereka disaat asta yuno fokus ngalahin iblis dan mereka percaya dua orang ini emang bisa ngalahin, eh, tapi dibantu Yami yang keren parah juga hahaha.



Oke, jadi di situasi yang sangat kompleks ini, selama aku nonton entah kenapa aku nggak bisa nyalahin keduanya. 

Aku ngikutin tragedy kehidupannya para ELF dan aku nggak bisa nyalahin mereka kalau mereka nyerang manusia atau kalau mereka pingin keadilan, kalau pingin para ELF ini bangkit lagi. Akupun kalau ada di pihak mereka pingin mereka bisa ngerasain kehidupan yang damai lagi.

Tapi disisi lain akupun nggak mau para ksatria kesayanganku, terutama, tubuhnya diambil oleh para ELF.

Dan jujur aja, semakin mendekati akhir Arc aku semakin semakin semakiiiiiinnn malah semakin sayang sama elf-elf ini. Aku merasa mereka nggak jahat, tapi dipengaruhi sesuatu yang jahat. Daaan ternyata benar, ketika akhirnya mereka akan membuka istana bayangan, diketahui bahwa satu misi terakhir yaitu penggunaan batunya si Yuno ya, akan menghilangkan kebencian, jiwa para pemilik tubuh hilang, dan elf inipun akhirnya punya tubuh mereka dengan jiwa renkarnasi ini.

Meskipun aku kasihan, dan pingin elf punya kehidupan bahagia.
Tapi itu kalau kejadian bakal jadi tragedy yang amat sangat parah sih.

Aku malah mikir kalau elfnya beneran jadi hidup bukankah mereka hanya akan diliputi kesedihan karena mengambil alih tubuh jiwa yang seharusnya hidup di jaman sekarang.

Tapi di satu sisi yah, dendam mereka, dan kesalahpahaman ini harus diakhiri.

 


Dan aku bahagiaaaa banget, waktu aku tahu bagaimana kesalahpahaman ini diakhiri dengan amat sangatttt indahnya. Aku rasa, kalau ini satu cerita, aku nggak akan mencari ending yang lebih baik dari ini., Ini, akhir yang disediakan oleh si penulisnya ini, menurutku adalah akhir terbaik yang bisa terfikirkan. Aku bahkan tidak memikirkan apa yang terbaik yang seharusnya terjadi. Aku bersyukur pengarangnya memiliki ide untuk mengakhiri tragedy dan kesalahanpahaman yang sudah tertunda selama 500 tahun ini dengan penyelesaian yang TUNTAS. Bahkan setelah Arc ini berakhir, aku kangen banget masihan sama Litch dan Pangeran. Mereka sangat sangattttt sweet banget, persahabatan mereka kayak lihat Yuno-Asta. Persahabatan mereka, ikatannya, sangat amat berasa.

Dan plot cerita ini sudah di twist berkali-kali, aku udah nggak tau lagi harus mikir apa, kecuali mengikuti saja setiap cerita yang disajikan.

Tapi satuhal yang aku pahami setelah menonton cerita ini.

Black Clover adalah sebuah anime yang kental sama komedinya. Aku menemukan komedi tersebar dimanapun bahkan dibagian tersedih sekalipun. Itulah kenapa aku sangat menyukai anime ini. Rasanya kayak aku nemuin 'hiburan' sebenarnya. Yah, AOT juga hiburan sih, tapi tragedy-nya bikin aku pingin bergelung dikamar karena banyak berduka. Disini aku berasa dikasih cerita yang bikin aku bernafas lega, berasa bisa lari-lari di lapangan habis nonton, karena HAPPY.

Cerita yang disajikan di black clover ini sarat akan kebahagiaan dan akhir yang terbaik. Perjalanan Asta kurasa nggak akan pernah selesai seblum dia jadi kaisar sihir. Mungkin akan sepanjang naruto, entahlah.

Tapi beda ya, di naruto itu, komedi juga sih, tapi di dalam misi-misi penting, dan adegan-adegan penting, sangat jarang dibubuhi komedi yang bikin tertawa terpingkal-pingkal. ada sih, tapi punch linenya tetap tidak sekuat di Black Clover.

Nggak tau ya, di Black Clover ini, gimana ceritanya, bahkan di satu adegan yang harusnya nangis, nggak tau kenapa adaaaa aja yang nyeletuk dan bikin ngakak. Terutama kalau udah ada Yami, itu parah sih, si Yami no fail banget bikin langsung 'GUBRAK' gitu kalau denger kata-kata yang keluar dari mulutna. Banyak orang bilang BC ini adalah anime yang badass.. Kurasa, kenapa 'animenya' yang dibilang badass, bukannya karakter atau tokohnya, karena mungkin cuma disini kali ya tokohnya bisa nggak serius di saat yang paling serius. Tapi itu juga yang bikin Black Clover ini terasa sangat spesial untukku pribadi.

Sebenernya saking speechlessnya aku, akupun nggak tau harus nulis apa disini.

Terlalu banyak hal yang ingin kukagumi sampai sampai aku bingung harus mulai darimana.

Satu hal.

Menurutku ini mungkin anime terbaik yang kutonton yaaa.

Anime yang paaaaaling menyenangkan.

Memang sih, ada beberapa orang yang lebih suka sama anime yang banyak makan hati, kayak Attack on Titan. Perasaannya banyak di torture karena banyak tokoh yang mati.

Ini terjadi juga sih di anime Naruto, sekalipun bagiku juga itu anime terbaik, tapi torturenya juga tinggi buat bikin sedih, mewek, dan makan hati. AOT penyiksaan ke batin penontonnya mungkin tertinggi yang pernah aku tonton.

Black Clover ini... apa ya..

Aku berharap nggak ada yang mati. Itu aja.

Terakhir, sebelum masuk ke Arc berikutnya, mari mengagumi squad banteng hitam sekali lagi:




Salam, Adlina Haezah

Comments