Review Manhwa Paling Romantis Terfavorit

Review Manhwa Romantis Terfavorit Beware of the Villainess
chibi yang cute


Kali ini aku akan mereview beberapa Manhwa yang baru-baru ini menjadi favoritku tapiiiinyaris semuanya belum ada yang tamat hahaha miris.

Apakah aku bakalan terlalu tua ya ketika manhwa ini pada tamat?

Entahlah.

Tapi ya aku tetap merasa perlu menuliskan review singkat mengenai beberapa manhwa yang menarik minatku baru-baru ini.

Karena Manhwa, sehingga vibesnya berbeda dengan manga yang kubaca. Ketika membaca manga, aku sering kesulitan untuk mereviewnya karena meskipun ceritanya bagus tapi yaaahh... tapi manga favorit nyaris sebagian besar sudah aku review sih, meskipun ada beberapa yang belum karena... lupa gara-gara keasikan hahaha.

Nah, Manhwa ini uniknya adalah warna dan art dari gambarnya yang menggemaskan, dan aku memilih membaca Manhwa kerajaan baru-baru ini karena uuuuwwww... sadar nggak sih betapa megah fashion para orang-orang kerajaan?

Aku nggak bisa berhenti kagum deh sama style kerajaan dan segala hal tentang situasi di kerajaan itu sendiri. Nggak ada HP, buku-buku bertumbuk di rak, nggak ada komputer dan laptop kalau nulis pakai tinta, terusss kalau ngirim pesan pakai pelayan. Aduh, nggak tahu yaa.. mungkin saking aku itu hidup di masa modern sehingga segala hal tentang background yang modern itu agaknya biasa saja jadinya.

Kalau lihat background jaman kerajaan errr rasanya kayak di lempar ke masa lalu hahaha. Mungkin itu kali ya alasannya kenapa kalau cerita time travel masa lalu ke masa depan gitu pada tercengang-cengang haha. Aku paham sih. Cuma aku nggak tahu deh, ada nggak ya yang isekai ceritanya kebalik gitu?

Rekomendasi Manhwa Komik Webtoon Kerajaan Romantis Terfavorit

Balik ke topik, jadi beberapa Manhwa ini mengambil latar belakang Kerajaan dan aku sedang mengumpulkan banyak manhwa-manhwa yang episodenya masih belum panjang biar stok update banyak gitu lho haha. Soalnya mau baca Suddenly I become apa itu udah panjang, yang raeliana juga udah panjang jadi akan kusimpan dulu untuk bacaan terakhir.

Oya, maaf ya aku nggak tahu ini yang aku review Manhwa atau Manhua, tapi sih kayaknya bukan Manga sih.. tapi kalau ada yang dari jepang correct me ya guys...Aku cuma dapet rekomendasi aja haha.

Seduce Villain Father


Seduce Villain Father

Sinopsis singkat: Cerita mengenai cewek yang masuk ke dalam novel dan ia berada di waktu prequel novel, artinya ketika tokoh utama belum ada yang lahir. Dia mengetahui bahwa di novel itu akan ada tokoh jahat yang muncul dan membunuh ayahnya sendiri. Nah, cewek ini ingin menyelamatkan ayah yang akan dibunuh oleh anak kandungnya itu. Dan dia pun masuk ke dalam novel tepat ketika si ayah yang dimaksud ini masih lajang haha. 

Keren nggak tuh! aku suka banget deh sama premisenya ini.


Seduce Villain Father
kelihatan kan ya perbedaan ekspresinya haha

Pertama kali baca komik ini tuh, aku langsung jatuh cinta dari chapter 1. Delivering cerita di awal sangat mudah dicerna dan karakternya langsung terlihat seperti apa kepribadiannya. Dan lucuuu! Uuuwww aku nggak tahu ya tapi aku selalu lemah dengan karakter-karakter heroin yang lucu, polos, bodoh, gitu hahaha. Apalagi disandingkan dengan hero yang tampan, dingin, dan pendiam. Jadi disini itu heronya adalah pangeran atau sebutannya adalah Emperor kali ya,apa maksudnya kaisar ya? Hm..aku jadi penasaran apakah background ceritanya adalah China? Wkwk. Nggak tahulah, pokoknya disini heronya tampaaaan bangettt. Astaga! Rambutnya putih dan aku tipe yang nggak kuat sama karakter komik yang berambut putih hahaha. Mana sifatnya itu ya, karena dia Emperor kan berarti dia penguasa ya udah yang paling sibuk dan paling kuat. Jadi dia itu terbiasa hidup dalam keheningan dan sepi, karena dia ya setelah bapaknya mati dia apa-apa sendiri. Meskipun istananya segede gede  itu, ya kalau gede kalau ditempati sama satu orang meskipun ada banyak Maid juga sepi-sepi aja. 

Seduce Villain Father

Terus kan si Emperornya ini tuh, wibawa dan karisma terasa banget ya, tenang, cool, dimana aja sih bahkan waktu sama heroinnya juga tebel banget itu karismanya. Dia bisa jadi dingin banget. Tapi nggak tahu kenapa dia bisa lembut banget sama cewek ini. Kayak perlakuan spesialnya itu agak di luar batas untuk sekedar perlakuan ke tamu haha. Ekspresif banget heroinnya ini.

Nah, si Emperornya ini semenjak membawa si Princess ke Istananya, dia kayak yang captivated karena ceweknya ini rame banget dan lucu. Awalnya Emperornya ya biasa aja kan, tapi lama-lama ya nggak tahan juga ceweknya hiperaktif banget dan suka bawa masalah. Duh cute banget. Aku baca ini pingin loncat-loncat aja kerjaannya, dan jujur aku udah lama nggak baca komik begitu. Nyari manga yang begitu susahnyaaaa sekarang huhu kenapa sih aku nggak dapet rekomendasi Manga lagi. But whatever, manhwa-manhwa model webtoon yang lagi booming sekarang ini sudah berhasil menyelamatkanku.

Survive as Hero Wife


Review rekomendasi Manhwa Romantis Terfavorit

Survive as Hero's Wife ini sudah cukup panjang sih ya chapternya. Ini juga kemarin yang pertama aku baca sih dan antara puas dan kesel karena ceritanya masih penuh pertanyaan dan belum tamat hoho. Okelah, nggak masalah.

Sinopsis singkat: bercerita tentang cewek yang masuk ke dalam novel dan dia berada di posisi sebagai istri dari hero cerita atau disini istrinya pangeran. Nah tapi karakter yang dia dapat adalah karakter mata-mata dari tokoh jahat cerita. Dia mata-mata yang dipaksa jadi istrinya pangeran. Sejak awal dia tahu dirinya di cerita akan dibunuh oleh si hero karena nantinya dia bakalan ketahuan penghianatannya dan ketika heronya sudah dapat kekuatan penuh bisa dibunuh deh semua penghianat. Nah cewek ini tahu ceritanya dia bakalan mati dan dia nggak mau. Dia pingin minimal cerai baik-baik aja biar dia bisa terus hidup tenang. Tapiii ternyata keputusan kecilnya ini merubah banyak hal di masa depan. Dan bahkan malah berbalik bikin heronya jatuh cinta sama dia.

Nah gimana tuh, padahal dia udah mau cerai.

Alasannya, saking dia pingin menjalankan pernikahan dengan cara memupuk pertemanan dengan hero atau si pangeran ini dia malah jadi membocorkan banyak hal yang harusnya tidak dilakukan oleh mata-mata. Alhasil dia dapat kepercayaan penuh dari heronya sendiri dan dia tanpa sadar malah berhianat sama tokoh jahat dalam cerita ini.

Secara artnya tetap bagus ya, I have no complain.

Tapi kadang memang agak nggak mulus aja delivering cerita dari gambarnya. Jadi kadang ada feel yang hilang, meskipun nggak menghilangkan esensi ceritanya.

Aku suka banget sama cerita ini karena uuuww cute banget waktu Heronya yang dingin dan penuh kebencian lama-lama berubah jadi tokoh yang penuh kasih sayang berkat keberadaan heroinnya ini dan itu cute banget. Heronya juga ternyata walaupun manly, tapi kalau sudah sama istrinya bisa jadi pemalu banget. Itu sih yang bikin aku gemes-gemes bacanya. Rasanya udah kangen lagi walaupun baru kemarin kelar baca updatenya hiksss.

Beware of the Villainess


Beware of the Villainess

Ini beda lagi hahaha.

Sinopsis singkat: Dari cerita yang kudapat di chapter awal sepertinya untuk kali ini bukan tentang cewek yang masuk ke novel deh, tetapi kisah tentang tokoh jahat dalam cerita itu sendiri. Nah jadi di cerita ini memang ada tokoh yang sangat angelic banget dan dikejar oleh 4 cowok tampan yang berbeda. Tapi tokoh utamanya adalah tokoh jahat itu sendiri, dimana haha aku mau ketawa deh, jadi tokoh jahatnya ini emang pure evil aja gitu. Nah, dia punya masalah nih sampai 4 cowok tampan ini yang ngejar-ngejar tokoh baik cerita. Dan selama perjalanannya menjadi tokoh jahat ini dia menemukan orang-orang yang dianggapnya sebagai orang-orang yang loyal kepadanya. Termasuk hero dalam cerita yang ia perannya adalah sebagai pelayan pribadi. Atau istilahnya butler gitu yang ditemukan tokoh terlantar di jalanan.

Biasanya sih kalau ceritanya masuk ke dalam novel kan tahu tentang masa depannya sendiri ya entah akan mati atau bagaimana. Tapi cerita ini nggak nyeritain tokoh utamanya tahu tentang masa depannya, jadi aku menyimpulkan sepertinya bukan tokoh ini masuk ke dalam cerita.

Cuma, aku nggak berhenti di bawa terbahak-bahak sama tokoh jahat ini. Dia memang benar-benar memerankan perannya dengan baik dan dengan bangga dia menyebut dirinya adalah tokoh jahat dalam cerita dibandingkan tokoh baik yang dikejar pangeran. Tapi dia malah dapat pengikut loyal yang cute banget yang dipungutnya dijalan. Si pengikutnya ini lah yang bikin dia malah kena boomerang dan kayaknya bakal jatuh cinta. Untuk heronya inii bukan hero pangeran kayak yang biasa aku baca, disini heronya adalah pelayan gitu lho tapi malah cute karena dia ekspresif banget cowoknya haha. Soalnya tokoh heroinnya disini selain jahat tapi juga kuat jadi berasa nggak butuh cowok aja gitu. Tapi ya jatuh cintanya kayaknya malah sama tokoh yang lembut. Bagiku itu klop banget sih.

Oya, gambar dan deliveringnya sangat tersampaikan apalagi dengan chibi-chibi yang sangat lucuuu aduuh itu bikin aku betah banget walaupun selama berchapter-chapter nggak ada romancenya haha.

Villain Reverse Hourglass


rekomendasi komik isekai Villain Reverse Hourglass

Sinopsis singkat: tentang cewek yang di akhir hidupnya tahu bahwa selama ini dia terus-terusan dianggap jahat oleh orang-orang karena dia tidak sadar dia dijebak oleh tokoh yang dianggapnya semua orang adalah tokoh baik. Merasa diperlakukan tidak adil ia meminta waktunya dikembalikan dann kembalilah ia ke masa lalu dengan tujuan akan mengubah takdirnya.

Kalau ini jelas bukan masuk ke novel ya tapi esensinya sama, dia tahu masa depannya akan seperti apa kalau ia tidak membuat perubahan.

Art-nya, as always sangat bagus yaaa cantik banget, cowoknya gantengnyaa keterlaluan. Entah tokoh hero atau heroinnya uuuw digambarkan sempurna banget haha. Dan cocok sama deliveringnya jadi sama sekali nggak kaku sama setiap percakapannya.

Nah, kalau disini memang cukup mikir ya di awalnya karena banyak bahasan politik ekonomi yang aku pribadi suka nggak paham dan aku harus mengikutinya.

Ceritanyapun tidak menguatkan unsur komedi yang bikin terbahak-bahak tetapi misteri ceritanya sangat amat kental. Dan kita akan ditemukan oleh Hero yang juga misterus di awalnya.

Di cerita ini tuh kita akan tahu sebenarnya tokoh-tokohnya itu siapa, tetapi para tokoh itu tidak tahu identitas satu sama lain dan tahu nggak sih, itu jadi punch yang pas banget ketika dikeluarkan dan diungkapkan dalam cerita.

Meskipun pembahasannya cukup berat, tapi cerita ini pada akhirnya bikin kita berdebar-debar, entah oleh keputusan dari heroinnya atau dari heronya sendiri. Dan bikin geregetan bakal seperti apa kelanjutannya.Kebetulan waktu aku nulis ini, aku masih chapter awal banget. Heronya masih jarang banget keluar sampai gemes ini kapan nih si Hero nyelamatin Heroinnya yang udah di ujung tanduk.

Tapi kemunculannya tepat ketika para pembacanya juga udah hopeless, dan ini heronya bikin jatuh cinta banget lah parah. Udah selesai baca, karena bikin penasaran jadinya kepikiran sama komik ini makannya harus segera move on lagi.


Virtue of Villainess


Virtue of Villainess

Sinopsis singkat: Tentang seorang cewek yang menemukan buku yang menceritakan mengenai kehidupannya. Dia berusaha mengubah masa depannya dengan buku tersebut sebagai panduan.

Ini sebenarnya premisnya juga mainstream sih. Sekalipun heroin manhwa ini nggak masuk ke dalam novel, tapi sama saja dia berusaha mengubah jalan cerita dari kehidupannya yang sudah ditentukan dalam buku. Nah, tapi yang menariknya, antara buku dan para tokohnya berada di jaman yang sama. Sehingga buku tersebut pun bisa dibaca oleh tokoh lain dan tokoh lain bisa menggunakan buku tersebut sebagaimana heroin tokoh ini yang menggunakannya.

Yang bikin menarik dari cerita ini adalah kemampuan hero yang bisa membaca pikiran semua orang dengan menatap matanya. Naaah, tapi si heroinnya dalam cerita ini terlalu random dan aneh pikirannya tapi dia juga jujur, sehingga kebrutalan dari caranya berfikir ini membuat sang Raja tertarik padanya. Kemudian, heroin tokoh ini juga vulgar banget, dan sering melakukan kebodohan yang bikin aku ketawa terbahak-bahak.

Jujur aja, kalau bukan karena interaksi karakter utamanya yang begitu menarik, aku mungkin nggak akan sebegini suka sama ceritanya. Tetapi berkat interaksi tokohnya yang bikin gemes-gemes inilah aku jadi udah lupa sama cerita terakhir yang kubaca haha. Aku berharap setiap cerita segera mendapatkan akhir kisah sehingga aku nggak dibuat kejer sama alurnya yang pada belum jelas hiksss.

Satu-satunya cara ya beralih ke cerita lainnya.

Salam, Adlina Haezah

Comments