Penghianatan Mitsuki di Boruto : Naruto Next Generation (Review)

mitsuki boruto sarada shikadai


Uhuuuy I'm back again!

Setelah sekian lama menyelesaikan naruto.. hm.. beberapa tahun yang lalu sih ya udahan (nggak sadar udah lama banget), akhirnya saat masalah covid19 ini muncul dan terpaksa aku kerja dari rumah daaan beberapa aktivitas mulai berkurang. Apalagi aktivitas traning bisa pindah ke online jadi literally aku beneran harus adaptasi bagi waktu.

Anyway nggak tau kenapa... gara-gara di boruto ada episode keren dimana boruto balik ke masa lalu waktu naruto masih seumuran dia, itu mengawali aku akhirnya memutuskan menonton boruto dari awal. Aku juga random banget sih, habis episode itu malah baca komiknya langsung chapter terakhir. Nggak nyambung blas, Tapi jadinya malah tambah ngebet pingin nonton.

Berhubung Boruto juga udah masuk episode 150an untuk anime ditambah masih ada komik yang bisa aku baca kalau animenya udah kelar jadi... aku akhirnya memutuskan untuk memulai perjalananku dengan boruto.

Tentu saja diawali dengan episode akhir naruto yang sempat kutunda karena merasa banyak filler yang belum selesai ditonton.

Nah, kebetulan sekarang udah selesai masuk episode 90 dimana baru saja selesai kasus mitsuki keluar dari desa konoha dan bergabung dengan kelompok akuta dari desa iwagaure.

Dulu sekilas aku nggak terlalu merhatiin Mitsuki. Kupikir dia cuma tambahan tanpa keunikan apapun. Lagian dia itu pasif banget kan dan kayaknya cuma ngekorin Boruto aja kerjaannya. Seoolah-olah nggak punya keinginan sendiri. Oya, dan dia itu kayaknya nggak punya pemikiran sendiri apa-apa kok bisa santai banget cuma disenyumin doang. Selow parah, dan kayak nggak punya emosi.

Tapi semakin berkembang cerita, ternyata aku emang fix jatuh cinta sama semua anggota tim 7. Mitsuki ini ternyata bukannya nggak punya emosi tapi emang ini anak sejak awal penuh dengan sejuta misteri tapi lovable parah. Berhubung kita semua tahu kalau dia anaknya Orochimaru sehingga ketakutan dia akan mengikuti jejak bapaknya itu cukup membuat kita waspada mengenai apakah ia manipulatif seperti bapaknya juga. Tapi di setiap cuplikan mengenai kehidupan Mitsuki kitapun nantinya akan tahu bahwa Mitsuki memiliki kehendaknya sendiri. Dan untuk ukuran manusia klon, dia benar-benar tidak suka di atur oleh orang lain bahkan Orochimaru yang menciptakannya. Menurutku Orochimaru memang menciptakan Mitsuki bukan sebagai sebuah robot yang disistem sih tapi kemungkinan besar lebih kepada menciptakan sosok manusia sempurna. Beneran kayak dewa Orochimaru. Untung Mitsuki besarnya di konoha jadi tersistemnya bagus .. aku sih feeling karena episode ini Mitsuki malah makin lengket sama Boruto. Persahabatan mereka bukan mainlah.

Kalau di Naruto ada persahabatan benci tapi cinta macam sasuke dan naruto, kalau di boruto ini persahabatan cinta dan cinta macam boruto dan mitsuki tapi tetep aja bikin kamu kejer dan meleleh ditambah air mata hahaha.

Nah, episode penghianatan mitsuki ini memakan episode yang sangat panjang dan aku menemukan banyak perkembangan karakter lainnya yang berhasil. Dan hubungan-hubungan  yang berhasil bikin aku berlinangan air mata. Hubungan favoritku disini antara lain 

(!SPOILER ALERT!)

1. BORUTO X MITSUKI X SARADA

Dari awal emang kita para penonton dan bahkan boruto sendiri memang bisa dibilang cukup egois untuk tidak menaruh perhatian penuh kepada Mitsuki. Mitsuki sejak awal kemunculan tampil sekedar sebagai pelengkap yang kerjaannya cuma ngikutin Boruto aja terus. Dan dia tenang banget orangnya kayak nggak punya emosi. Dan cuma senyum aja kerjaannya. And then kita tahu kalau dia adalah manusia buatan yang dasarnya tidak bekerja mirip seperti manusia tapi tingkat kemiripannya nyaris nggak bisa dibedain sama manusia. Awalnya kupikir Mitsuki sedangkal itu. Sampai diceritakan bagaimana kisah kelahirannya dan bagaimana dia bisa bertindak sesuai kehendaknya untuk ukuran 'boneka' ya itu sih eksperimen yang luar biasa ya untuk Orochimaru. Untungnya kemudian Mitsuki dilepas di konoha untuk belajar dengan orang-orang baik dan dia jadi tumbuh baik dengan sendirinya. Kalau hidup sama Orochimaru ya dia palingan cuma kayak robot atau jelek-jeleknya punya sifat mirip bapaknya.

Episode ini emang menguras emosi karena Mitsuki pergi dengan membawa pertanyaan apakah ia di konoha itu karena program atau keinginannya sendiri. Pada akhirnya reuni Boruto dan Mitsuki sangat menyentuh banget. Boruto yang tampaknya kayak bos selama ini menaruh perhatian sebesar itu kepada temennya sampe rela menghadapi bahaya seperti itu ya menurutku luar biasa. Boruto disini kelihatan banget sih  sebagai mataharinya Mitsuki. Mereka kayak dua hal yang harus terus bersama hehehe. Apalagi waktu Mitsuki bilang 'aku senang kalian menjemputku' itu kayak nyes banget. Kalau cewek aja si Mitsuki pasti jadi pacarnya boruto hahaha. Btw persahabatan Boruto sama Mitsuki ini menjadi pembeda dari cerita Naruto, dimana kalau Naruto ia dan sasuke tumbuh dari rasa benci. Boruto tidak pernah menganggap Mitsuki lebih unggul atau sebaliknya, dan tidak pernah dihadapkan rasa benci satu sama lain. Sejak awal mereka sudah saling mendukung. Sebenernya Shikadai juga gitu sih, tapi tetep nggak seimbang. Kalau Mitsuki itu udah kayak Boruto bagaikan tali pegangan biar nggak jatuh gitu sih, sepenting itu, , sehingga satu penghianatan memang rasanya sakit banget.  Untungnya nggak gitu, pada akhirnya Mitsuki itu ya harus Boruto hahaha. Dari episode inilah malah hubungan mereka semakin erat. Oya sama sarada juga tapi emang lebih banyak fokus ke Boruto sih. Pokoknya kerasa banget deh habis darisini nggak mungkin Mitsuki itu berhianat, karena baginya Boruto udah kayak segalanya buat dia.  Perkembangan karakternya disin bukan main sih!

2. INOJIN X AKKUN

inojin akkun

Air mataku yang pertama terarah pada persahabatan Inojin dan Akuta yang terlalu singkat. Hiks.. si Akuta ini kan ceritanya ditemuin di jalan trus yang nemuin Inojin. Jadi Akuta ini tuh cacat, dan dia kayak nganggep Inojin itu orang tuanya, jadi nempel banget. Nah beda sama Akuta lainnya, si Akuta ini atau kita sebut saja Akkun itu bener-bener belajar banyak hal dari Inojin yang basically orang baik. Jadi Akkun juga jiwanya otomatis super polos dan murni tipe pelindung. Kalau liihat interaksi mereka berdua tuh rasanya kayak pingin Akkun dibawa aja ke konoha jadi boneka peliharannya si Inojin. Sayangnya pertemanan merek nggak bisa lama dan itu bikin aku nangis karena sedih nggak tega sama Inojinnya. hiks

3. BORUTO X OHNOKI (Tsucikage Ketiga)

boruto ohnoki tsucikage

Anak Naruto ketemu sama Ohnoki sebetulnya sesuatu yang sangat berharga banget. Hubungan Boruto dan Ohnoki memang tidak terbentuk sebagai rasa kasih sayang dalam cerita ini, tetapi memang pada dasarnya mereka berdua adalah ninja yang punya tujuan kedamaian dunia, jadi mereka yang awalnya saling benci ya tetep aja jadi saling sayang. Boruto dalam perjalananya menjemput Mitsuki banyaklah dapet pelajaran dari kakek ini. Dan endingnya setelah semua kembali dan akhirnya Boruto nemuin batu hatinya nyesss aku nangis kedua kalinya.

4. MITSUKI X SEIKEI 

mitsuki seikei

Kalau disini aku lebih konsen sama seikeinya ya. Dia itu masih polos dan hatinya cukup murni. Sayangnya di tumbuh dengan lingkungan yang pada dasarnya penuh kebencian jadinya dia pola pikirnya udah susah banget diubah. Aku berharap padahal dia bisa ikut Mitsuki. Tapi ya gimana, baginya orang-orang jahat itu kayak keluarga dia dan suruh milih antara dua hal yang berharga pasti berat banget untuk dia. Hiks. padahal udah cocok banget mereka berdua. Yaa walaupun aku lebih suka Mitsuki sama Boruto sih tetep tapi Seikei boleh juga.

5. BORUTO X SEKKI

boruto sekki

Kalau Sekki ini lucu banget. Waktu liat dia di ujian chunnin kesannya kayak kuat banget gitu kan aura-auranya berkuasa banget. Tapi ternyata masih sepolos ini dan gemes banget waktu sama Boruto itu. Dia tipe-tipe mirip Naruto dulu, impiannya besar tapi kemampuannya nggak seberapa. Cuma dia keingiannnya kuat banget. Hehe.. ketololannya itu sangat menghiburku di sepanjang cerita. Aku sempet bertanya-tanya juga kenapa dia sampe bisa ikut ujian chunnin mewakili suatu desa padahal kemampuannya nggak eseberapa. Tapi tekadnya dia emang worth sih. Berharap bakal lihat dia lagi di episode berikutnya.

Oke! 
Jadi itu aja sih reviewku tentang hubungan-hubungan menarik dan perkembangan karakter yang menarik di episode penghianatan Mitsuki ini. Mungkin kalian kesal ya aku kok nyebut Mitsuki penghianat? Awalnya emang terkesan gitu kan, tapi endingnya dia emang fansnya boruto banget sih ya. hahaha..


Salam, Adlina Haezah

Comments