I Love Super Junior More and More



Di hari yang dingin ini, dengan hidung meler dan mata pedas, rasanya pingin tiduuur aja dan kerjaan yang menumpuk *dan berhasil tidak kukerjakan*, akhirnya kuputuskan untuk menulis mengenai SUPER JUNIOR.

What? Super Junior?

Betuuul sekali, setelah vakum sekian tahun tidak pernah membahas mereka di blogku ini, akhirnya aku memutuskan bahwa di saat aku tidak enak badan hari ini mungkin adalah saat yang tepat aku membahas mereka... mereka dan aku wkwk #halaaaah

So, dengan selesainya wamil seluruh anggota inti super junior, finally mereka comeback full team! wow..

Dan 15 tahun sudah sepak terjang mereka di dunia per kpop-an, dan ternyata aku sendiri sudah mengikuti mereka selama 11 tahun... tanpa terasa... tentu saja dengan beberapa kali on off.. beberapa kali bosan.. beberapa kali kesal karena anggotanya yang mulai runtuh berguguran... dan aku sendiri bahkan yakin mereka akan segera bubar.. jadi semenjak lagu dimana sungmin keluar, aku sudah tidak mengikuti lagi karena.. biasalah, kalau punya bias di suatu grup boyband, dan dia keluar, ada rasa kecewa yang mengiringi dan membuatku tidak mau mengikuti super junior lagi.

Pada akhirnya, ada banyak sekali lagu yang aku tidak ikuti .. sejak devil mungkin? aku lupa. Kayaknya juga sejak mr.simple aku mulai gak ngikutin karena taste lagunya terasa berbeda tidak seenak yang sebelum-sebelumnya, atau itu karena ditambah semenjak ada yang mulai wamil, lalu mulai keluar satu-per satu, siwon kena masalah, sungmin kena masalah, kangin udah nggak jelas mau gabung apa keluar, ya.. aku kehilangan sedikit kepercayaan dari mereka. Acara-acara mereka cuma dihadiri 4-5 anggota, wow, ya itu karena sedang pada wamil kan. Bahkan ada satu supershow yang akhirnya nggak dilakukan karena anggota yang terlalu sedikit.

Sampai di suatu titik, menonton super junior tidak lagi menarik. Dulu mungkin mereka pernah viral, sebagai legend, karena awal-awal youtube terkenal, video mereka sudah bisa dinikmati di youtube...hingga akhirnya pamornya dan views kalah dengan boyband-boyband baru. Bisa dibilang, penggemar super junior itu sekarang mungkin udah usia 20 tahun ke atas, karena kami mengikuti sejak SMP/SMA, dan sekarang jelas kami sudah sangat dewasa. Usia mereka pun sekarang sudah sangat matang, dengan rata-rata 30 tahunan. Nah lho, mana lagi boyband usia 30 tahunan yang masih produktif sekarang ini?

Oke, jadi kenapa akhirnya aku mulai mengikuti bahkan cenderung tergila-gila lagi sama super   Normalnya kan, boyband itu usia belasan sampai 20 tahunan, nggak yang sampai 30 tahunan iya nggak sih?

Jadi gini, setelah aku memutuskan vakum dan nggak ngikutin mereka, bahkan lagu-lagu baru mereka cuma sekedar lewat, dan bahkan terus dikecewakan dengan views yang nggak pernah trending, suatu hari yang cerah... entah kenapa aku mendapat satu video yang berisi tentang penjemputan anggota super junior yang selesai wamil, dan mereka membuat sebuah channel yang membahas perjalanan comeback mereka yang baru.

Penjemputan-penjemputan anggota yang selesai wamil ini mengundang haru dariku, karena setelah sekian lama mereka nggak comeback, solidaritas mereka masih sekuat itu. Kalau nggak salah sih, dimulai dari dijemputnya Eunhyuk dan Donghae dari wamil, dan pelepasan kyuhyun yang akan berangkat wamil. Jumlahnya pada saat mereka comeback lagi memang hanya berenam, karena siwon belum bisa ikut bahkan kyuhyun dan ryewook masih menunggu 1-2 tahun lagi untuk keluar dari wamil.

Rasanya, kok lama banget ya nunggu mereka balik lagi dalam susunan anggota yang utuh? masih beberapa tahun lagi. Tapi pada saat mereka memutuskan comeback dengan jumlah 6 anggota, dan bahkan ada beberapa cuplikan saat mereka masih perform cuma 4 anggota, aku ngerasa sediiiiih banget.

Sedih, karena ... kok bisa-bisanya ya aku kecewa sama mereka? disaat mereka masih berjuang untuk menghibur para penggemarnya bahkan dengan jumlah anggota yang sesedikit itu? Kok bisa ya aku menjauhi super junior bahkan sempat berfikir "ah, ternyata ada saatnya aku nggak menggemari mereka, kukira aku akan jadi penggemar mereka selamanya" - sambil menghela nafas dan menyerah. Dan super junior masih tetap perform, mencoba mengikuti perkembangan jaman, bahkan berjuang untuk tetap bertahan dengan kemunculan boyband baru yang lebih trendy dan lebih viral. Mereka TETAP ADA.

Dan di acara Super TV itu, dengan reuni-reuni kecil mereka setelah wamil, dan persiapan lagu baru mereka,,,, aku merasa sangat amat excited! Aku yang mengira awalnya mereka sudah akan diambang kehancuran, dan melihat mereka masih berjuang untuk membuat album baru, bukan lagi sekadar untuk bersaing, tapi semata untuk berkarya, itu membuatku sangat tersentuh.

They are the legend!

Mereka mungkin terlupakan, oleh para remaja-remaja yang baru mengenal kpop. Mungkin remaja-remaja ini baru ngeh saat muncul exo atau bts. Dimana kpop akhirnya mulai menunjukkan dirinya sebagai jenis genre pop yang mendunia. Tidak banyak yang tahu, bahwa semua diawali dari boyband-boyband yang sekarang sudah mulai redup dan bahkan banyak yang sudah tidak lagi produktif.

Aku mengikuti kpop dan semacam 'gila' karena kpop karena saat itu bagiku adalah hal yang baru... itu adalah tahun 2009. 4 tahun setelah suju debut, 5 tahun setelah dbsk debut. DBSK dan Super Junior adalah para boyband korea yang pertama kali meramaikan dunia youtube sehingga kpop mulai terkenal di seluruh penjuru dunia tidak hanya drama tapi juga lagu-lagunya. Awalnya adalah saat itu. Ada Shinee, Big Bang, Girls Generation, T-Ara, banyaaak banget yang sekarang bisa dibilang mereka akhirnya bubar. Oh, ada Infinite juga sih yang masih bertahan sekarang ini walaupun mereka memang sejak awal sejajar sama shinee ya secara ketenaran, tidak yang sampai di posisi big bang, super junior atau dbsk. Lalu TVXQ tinggal 2 orang yang bertahan, SNSD nggak tau apakah masih produktif sekarang, Shinee masih bertahan berhubung belum ada yang mulai wamil, Big Bang sudah pada berangkat wamil dan nggak tau apakah akan kembali lagi... dan kebanyakan sudah tidak lagi terlihat lagu-lagunya lagi, hanya menjadi sekadar sejarah.

Diantara mereka, para legend ini... super junior dengan jumlah 13 orang di awalnya, dan kemudian menyusut, setidaknya selama 15 trahun ini mereka hanya berkurang 5 orang. Itu prestasi! DBSK 5 orang dan  berkuang 3 orang, tampak terlalu sedikit jadinya. Shinee 5 orang berkurang 1 orang, juga tampak menjadi lebih sedikit. Super junior, meskipun saat ini jumlah nya 9 orang, atau kalau heechul nggak muncul jadi 8 orang.. itu masih sangat banyak! Dengan jumlah segini, kalau nggak sengaja dibubarkan, mereka masih bisa bertahan sampai 10 tahun lagi!

So, yang mau kukatakan adalah, dengan adanya lika-liku cerita di super junior yang membuat mereka kadang cuma 4 orang, kadan cuma berapa orang, bahkan udah nggak seterkenal dulu, Leeteuk ya terutama sebagai leader, mampu membuat minimal 8 orang berkumpul kembali dan membuat lagu bersama lagi, itu bukan hal yang mudah!

Itulah kenapa, wajar kalau Leeteuk itu ada kecenderungan masalah secara psikologi. Cerita-cerita dihidupnya pun tidak bisa dibilang mudah, dan dia bertahan selama ini sebagai leader dan tetap berusaha produktif itu jauh lebih tidak mudah.

Rasa sayangku kepada mereka tulus diawali sebagai penghargaan atas bertahannya mereka selama 15 tahun ini. Aku harus jujur mengatakan, mereka adalah boyband terlama dengan jumlah anggota terbanyak yang masih bertahan hingga tahun 2020 ini, dan masih membuat lagu yang bisa bikin aku teriak!!

Mengikuti super junior saat ini, aku tidak lagi melihatnya sebagai pesaing para boyband lainnya, atau aku tidak lagi berharap bahwa mereka harus selalu mendapat awards seperti dulu, tapi murni karena kagum mereka masih bisa bertahan. Dan itulah yang sempat dikatakan Leeteuk di salah satu videonya, di saat dia bilang bahwa dulu mungkin dia mengejar penghargaan, merasa harus menang di segala kompetisi, dan itu membuatnya sangat lelah dan depresi. Pada akhirnya ia bisa membawa super junior hingga sejauh ini bukan lagi sekadar awarding, tetapi rasa kekeluargaan untuk memberikan penghiburan terbaik untuk orang-orang yang mencintainya.

Dan itulah yang terjadi. kenapa aku masih bisa menonton video baru mereka saat ini.
Bertahan sendiri adalah sebuah kemenangan.

Sehebat apapun kamu, kamu akan tetap kalah dengan siapa yang masih bertahan.

Karena aku juga sedang berada dalam lingkungan yang menunjukkan bahwa bertahan adalah hal terbaik, melihat super junior bertahan menurutku adalah bentuk kemenangan mereka sendiri.
Saat ini super junior adalah legend yang dikenal, tak lain karena mereka bisa dibilang adalah satu-satunya boyband tahun 2000an yang masih bertahan, dan masih produktif.

Aku bahkan sampai di satu kesimpulan, kayaknya nih... SM sendiri sudah menyerahkan hak secara kreatifitas sepenuhnya kepada mereka. Mereka ada label sendiri, dan mereka kelihatannya punya kebebasan yang diberikan sepenuhnya untuk berkarya.

Tidak mudah bertahan di SM dengan aturan yang begitu ketatnya, tapi mereka bertahan hingga rasanya mereka bisa memegang acara-acara mereka sendiri, mereka bisa membuat keputusan sendiri untuk karya-karyanya tanpa terlalu banyak campur tangan dari SM. Itu luar biasa. Mereka luar biasa. Tak akan habis rasa kagumku pada mereka yang bertahan dan sudah sampai sejauh ini. Bagiku ini adalah hak mereka yang pantas mereka dapatkan setelah sejauh ini. Tanpa kekangan.

Mungkin aku mulai on lagi dengan super junior adalah tahun 2017, dimana rasanya menunggu kyuhyun dan ryewook balik lagi dari wamil terasa sangat lama. Aku merasa takut jangan-jangan sebelum mereka pulang wamil super junior ada masalah dan malah bubar.

Tapi lihatlah, tahun 2019.. 2 tahun, aku masih mengikuti mereka, bukan lagi yang tiap hari nyariin video mereka di youtube, tapi tanpa terasa... dan begitu saja, kyuhyun dan ryewook akhirnya kembali tanpa terasa, dan mereka siap kembali untuk full team di lagu baru!

Di waktu-waktu yang sama pula, mereka sudah mengembangkan kemampuan individu-individu mereka masing-masing, sehingga rasanya saat mereka memutuskan bahwa super junior saatnya bubar, mereka tetap akan dikenal di entertainment, bahkan mereka tidak akan pernah pudar ataupun kehilangan pekerjaan. Mari kita lihat.

Leeteuk, Shindong, dan Heechul kemungkinan akan berada di area MC atau komedi, itu jelas yaa.. Lalu Donghae dan Eunhyuk bisa jadi ke arah lagu hip hop dan r&b. Yesung Kyuhyun Ryewook juga cenderung ke arah solo. Dan siwon jelas tampak lebih condong ke arah bisnisnya, aku curiga siwon masih bertahan di super junior karena saking sayangnya dengan anggota ini hehe.

Pada akhirnya, aku mungkin sempat kecewa kenapa super junior melepaskan berlian-berlian seperti sungmin, kangin, hangeng, kibum,,, dan siapa lagi ya?

Tapi saat ini, dibandingkan mereka yang sudah pergi, ternyata mereka yang masih bertahan dan memperjuangkan super junior inilah justru berlian sesungguhnya. Merekalah yang terbaik.  Aku tidak perlu memiliki bias, karena aku menyukai semua anggota di super junior, sangat menyukai mereka... Jadi aku tak ada lagi rasa kecewa, justru semua perjalanan super junior sejauh ini hingga masih membuat lagu terbarunya saat ini dengan full team, membuatku semakin bangga dan sayang dengan grup ini. So, legend will keep become the legend!

Jangan lupa saksikan MV terbaru Super Junior Yaaa!

Comments