Akhir Kisah Avengers pada The End Game (2019) - Review Film - Aneka Catatan

Sidebar Ads

banner image

WARNING!

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Akhir Kisah Avengers pada The End Game (2019) - Review Film

SPOILER! SPOILER! SPOILER!

DILARANG BACA UNTUK YANG NGGAK PINGIN KENA SPOILER DAN BELUM NONTON FILMNYA.

avengers end game

Film marvel sebetulnya selalu menjadi film yang paling kutunggu kerilisannya. Apalagi kalau aku ini tipe yang menganut 'maunya yang bagus', dan memang selama ini film marvel nyaris tidak ada yang mengecewakan, kecuali yang ada ya. Dan yaah, aku memang terlalu terlambat untuk akhirnya menonton The End Game. Tapi ya gimana, aku udah dapet spoiler saat perilisannya dan spoiler tersebut sudah cukup menyedihkan sehingga aku memutuskan tidak mau menonton dulu karena tidak mau terlalu berekspektasi dari awal.

Ketika akhirnya aku tonton film ini, untungnya aku tidak menontonnya dengan perasaan sedih karena spoiler yang kuperoleh. Tapi di awal aku sudah berekspektasi, dan bahkan sudah menerima kenyataan bahwa memang harus ada sebuah pengorbanan.

Anyway, film ini memang bagus. 3 jam sama sekali bukan waktu yang sebentar, tapi menonton film ini memang membuat kita seringnya lupa waktu karena 3 jam itu juga tidak terasa. Hanya saja, apakah aku terlalu lama tidak menonton Avenger, atau mungkin ada film marvel yang kulompati tanpa sadar, menonton film ini membawa teka-teki karena adanya beberapa hal yang aku tidak mengerti. Di akhir review aku ada list pertanyaan dan aku harap teman-teman yang membaca postingan ini bisa bantu jawab, dan kalau ada film yang harus aku tonton untuk menemukan jawabannya mohon untuk beritahu aku ya!

Time Travel

Aku agak kaget sih ketika menyadari bahwa tema utama film ini akan mengangkat tentang Time Travel. Dan menurutku mereka (para avenger) terlalu tidak bisa menerima dengan hilangnya para avenger-avenger lain karena jentikan Thanos, padahal aku sendiri sudah mencoba menerima, walaupun susah sih... maksudnya, aku suka banget sama adek spiderman hahaha. Tapi aku ya menerka-nerka, memang dengan cara apa film ini mau membalikkan keadaan? Sejujurnya aku tidak berekspektasi terlalu tinggi bahwa Marvel akan membalikkan ceritanya seperti ini, tapi memang film Infinity War jelas-jelas terlalu menggantung sehingga rasanya super aneh kalau tidak ada lanjutannya.

Dan Time Travel inilah yang menjadi jalan keluarnya.

Diawali dengan si Ant Man yang terjebak dalam ... entahlah.. Quantum Paralel? Pokoknya dia tidak kembali di film terakhirnya karena orang yang harusnya menariknya keluar hilang dan aku baru sadar bahwa itu bertepatan dengan cerita saat Thanos menjentikkan jarinya. (plis kasih tau itu film judulnya apa ya aku lupaaa). Aku suka banget nih yang begini, karena terakhir kali aku nonton filmnya aku sungguh tidak punya ide kenapa orang-orang tersebut menghilang dan meninggalkan Scott dalam ketiadaan. Dan aku tahu ceritanya menggantung, dan memang bikin geram sih tapi waktu itu lupa, makannya aku bertanya-tanya kemana Ant Man di Infinity War? Oh, ternyata... baru inget lagi ketika menonton The End Game ini.

Dan seperti biasa, kayaknya aku memang harus menonton ulang film-film MCU yang lain karena sudah terlalu banyak kisah yang aku lupaaaaa.

Time Travel sendiri sebetulnya adalah tema favoritku, karena paradoksnya.. tapi film Avenger ini tampaknya tidak mau mengikuti pakem tema Time Travel biasanya, dan seolah berdiri sendiri, bahkan mencoba untuk tidak menggunakan paradoks yang sama seperti halnya film-film lain bertema Time Travel. Oya, disini Sam dan Scott sempat menyebutkan daftar film dengan tema ini dan aku jujur aja langsung pingin nonton semuanya.

avengers end game
avengers end game
avengers end game
avengers end game

Dengan begitu... hahaha.. aku jadi agak bingung bagaimana film ini bercerita dan bagaimana caranya membawa teori time travel dalam film ini. Biasanya kan, kalau kembali ke masa lalu, kita harusnya tidak bertemu dengan diri kita sendiri karena takut ada kebingungan semesta, tapi disini oke-oke aja. Bahkan membuat cerita sendiri dari timeline kisah di masing-masing cerita. Yaudahlah, aku sih terima aja. Dan memang menarik, seolah Marvel punya caranya sendiri untuk mengolah tema tersebut menjadi khas MCU. Ada beberapa momen yang aku suka, tapi ada juga beberapa momen yang bikin aku bingung.

Saat di akhir Nebula dibunuh oleh dirinya sendiri, jadi bukankah seharusnya Nebula yang sekarang mati? Karena Nebula di masa lalu kan dibunuh. Aneh deh.

Terus, thanos di masa depan memang sudah mati, jadi masuk akal sih thanos di masa lalu yang tidak punya batu itu harus dibunuh duluan biar memotong timeline jentikan jari itu.

Tapi agak bingung juga sama bagian ketika Thanos melihat  masa depannya. Berarti, seharusnya Nebula bukankah punya ingatan bahwa di masa lalunya Thanos sudah tahu bagaimana masa depannya? Ini masih jadi pertanyaan sih. Printilan pertanyaan yang pasti muncul kalau udah mengambil tema time travel seperti ini.

Kekecewaan

avengers end game
avengers end game
avengers end game

Thor. Yap. Sama seperti kebanyakan orang, melihat transformasi Thor membuatku kesal sekali karena aku selama berfilm-film sangat mengidolakan Thor. Iyaaaa kenapa dia jadi buncit gitu hahaha, menyedihkan. Tapi aku cukup terharu waktu ia bertemu dengan ibundanya. Aduh, beneran deh aku kangen banget sama Thor yang ganteng, tapi setidaknya minimal di akhir cerita dia masih lucu, jadi nggak papa deh. Agak kaget aja sih mengetahui nasibnya yang akhirnya lebih memilih berjalan-jalan bareng pasukan Guardian of Galaxy daripada jadi raja. Tapi anehnya juga, dia lebih cocok jalan-jalan sih hahahaha, kasian biar nggak stress mulu.

Haru Biru

avengers end game

Dan yah, seperti sudah yang aku tebak di akhir cerita, bahwa ada pengorbanan dari idolaku sepanjang MCU ini. Dan kau tahulah siapa dia. Iron Man aku sudah nonton dari awal, dan bahkan dia jadi kunci yang keberadaannya wajib ada di setiap film Avenger. Apalagi Iron Man termasuk pionir dari semua anggota Avenger ini, jadi rasanya aneh banget tanpa dia. Cuma, End Game ini memang sebuah akhir, karena dengan begitu banyaknya orang-orang yang akhirnya dikembalikan, kalau tidak ada pengorbanan yang berarti dan bikin shock memang film ini mungkin akan berakhir terlalu flat. Jadi, yah.. cukup setimpal, walaupun jujur aku belum bisa menerima hahaha.

Cumaaaaa kisah si Tony Stark sama Peter Parker ini lho saya nggak kuatttt lihatnya. Mereka itu chemistry sudah sangat kuat, dan dan gimana nggak nangis ya lihat endingnya..

Aduuh sedih banget parah. Lebih sedih si Peter Parkernya yang merasa kehilangan daripada istrinya Tony Stark hahaha.. makannya gara-gara film ini terasa banget deh harus nonton lanjutan filmnya Homecoming, dan semoga untuk Avengers kisahnya berakhir disini ya, karena kisah thanos dan batu itu kan sudah jadi premis yang digarap di seluruh film, jadi harusnya karena sudah nggak ngejar itu lagi... bukankah seharusnya sudah selesai? ya kan?

Oya, dan kesimpulan di film ini sebetulnya menunjukkan ketamakan dari dua belah pihak, yaitu pihak thanos dan pihak avengers. Untungnya Thanos berakhir tanpa pasukan, jadi pihak Avengers bisa menang telak karena 100% pengikutnya menuntut satu hal yang sama. Agak sedih sih sama Thanos yang akhirnya pasrah kalah dengan cara seperti itu. Tapi ya itu juga yang dirasakan waktu Avengers kehilangan teman-temannya. Rasa tidak berdaya yang menyiksa. Sedih banget sih.

Mindblowing

avengers end game

Nah, dan yang mindblowing dari film ini adalah akhirnyaaaa... waktu klimaks indah banget. Aku juga tidak begitu mengerti bagaimana ceritanya, tapi aku tahu ini berkat si wakanda dan doctor strange sehingga semuanya masih hidup. Kalau doctor strange ini kayaknya dia sendiri tahu bahwa masa depan akan seperti ini sehingga akhir kisah di avenger infinity war dibuat seolah Thanos berhasil ambil batunya dia. Jadi sesungguhnya, waktu di infinity war pada hilang kayaknya mereka bukannya mati, tapi entah bagaimana ceritanya di bawa ke masa depan,mungkin, aaaah aku butuh penjelasan, seriously. Tapi aku suka banget sama bagian ini..

Dan, ini list pertanyaan yang kuingin kalian bantu jawab.

1. siapa cewek yang nolongin tony stark di awal cerita? alright, itu aku ternyata harus nonton captain marvel *ternyata aku belum nontooon astagaaaa*


2. ketika di akhir semua kumpul, dimana si yang pacarnya ceweknya yang cepet itu?
3. trus kenapa istrinya tony stark ikut perang? kapan bisa
4. kenapa si captain america bisa pakee palu-nya thor?
5. apakah di masa lalu mereka mengetahui bahwa masa depannya akn seperti ini?
6. dimana ant mant saat avenger infinity war?


Salam, Adlina Haezah
Akhir Kisah Avengers pada The End Game (2019) - Review Film Akhir Kisah Avengers pada The End Game (2019) - Review Film Reviewed by Adlina Haezah on October 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Powered by Blogger.