Kisah Cinta Robot-Manusia dalam Are You Human Too ? (Review Drama Korea) - Aneka Catatan

Sidebar Ads

banner image

WARNING!

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Kisah Cinta Robot-Manusia dalam Are You Human Too ? (Review Drama Korea)

Kang Seo Joon
Kang Seo Joon
  Kang Seo Joon..





Guys..
I'm fall in love again!


Finally!!!


Karena finally juga.. setelah sekian lama aku runtut lagi nonton drama.
well, bukan berarti habis ini ada kemungkinan aku jadi kerajinan nonton drama lagi sih, karena saat ini rasanya emang harus ada trigger yang bikin aku 'harus nonton detik ini juga' baru akhirnya mau nonton.

Bukan karena aku anti sama drama korea, duuh bukan banget dong.. aku kalau udah bebas gitu paling kerjaanku ya nonton drama doang.

Drama itu, terutama drama korea.. mereka sangat amat present moment. Jadi waktu kita nonton, kita bisa masuk ke dalam cerita tanpa peduli bahwa di kehidupan nyata kita sedang dalam  situasi yang seperti apa. Dipastikan fokus dalam cerita karena ya cerita-cerita itu sangat pandai memancing emosi. Ya nggak drama ya nggak novel.

Dan aku sendiri juga sebetulnya nggak ada niat mau nonton drama. Malah, kalau disuruh milih prioritas tontonanku seharusnya bekisar selesaikan drama Ji Sung, Kento Yamazaki, dan Ji Chang Wook. Udah, harusnya fokus ke drama-drama mereka ini kan. Jadi nonton drama yang lagi terkenal sekarang ini, aku sengaja membuat diriku untuk tidak memperhatikannya.

2 Drama terakhr yang aku tonton aja semua karena nggak sengaja. Yang 100 day prince itu aja gara-gara nggak sengaja suka disetel di tv, pun itu nggak selesai nontonnya. Sedangkan Alambrha itu juga karena adekku.

Tapiii Are You Human ini emang dari aku-nya yang terus ngebet pingin nonton.
Gara-garanyaaaaaaaa..
Aku lihat MV yang nongol di beranda Youtube, dimana yang nyanyi itu Lyn. Tau kan, Lyn itu termasuk pengisi soundtrack favorit aku. Dan aku selalu yakin bahwa drama yang soundtracknya dibawain dia dipastika BAGUS. Minimal untuk aku ya.
Trus, dari MV nya itulah aku jadi ngeh sama cuplikan dramanya. Dan entah kenapa aku mendapatkan tarikan untuk mencari lebih tahu drama itu tentang apa. Karena... karena Kang Seo Joon ganteng bangeeett. Omegaad.. dari MV-nya aja aku udah bisa sedih lihat ekspresi dia di drama itu waktu akting.

Dan berlanjutlah aku kepo sama MV yang lainnya dan meeeennn.. lagu-lagunya alamaaak enak semuaaa. asli. itu bagaikan aku balik di tahun 2010-an waktu masih gila sama drama saat itu, sering banget tuh dapet drama yang musik-musiknya nyentuh kayak gitu.

Alhasil, kekepoanku berlanjut terus sampe aku nontonin cuplikan-cuplikan yang cuma satu menitan itu. Waktu aku sadar kalau ini tentang robot, aku langsung cari dramanya saat itu juga.

Well, gaes, jadi selain aku itu sekarang jarang nonton drama, biasanya aku cuma mau nonton kalau drama ini cukup imajinatif, jadi nggak kayak yang biasa aku tonton, well.. kecuali kalau aktornya favoritku semua ya. Dan kebetulan, drama ini aku nggak pernah nemu tema ini, ya gimana nggak kejer ya... rasanya kan jadi AKU HARUS NONTON SEKARANG gitu. Mana Kang Seo Joon disitu Ya Allaaah ganteng bangeetttt, padahal aku baru tengok cuplikan  doang.

Intinyaaa... aku nggak ada menilik ratingnya berapa, trus stasiun mana yang nayangin. Padahal aku kalau mau nonton drama biasanya harus cek bibit bebet bobot, biar nggak rugi pas nonton sampai  akhir. Tapiii entah kenapa, aku langsung jatuh cinta sama keseluruhan aspek dramanya, sehingga yang dari luar sama sekali nggak kepikiran. Aku akhirnya yang malah kaget waktu tahu bahwa ternyata drama ini keluaran KBS2. Padahall.. aku sering nggak yakin drama KBS tu cintanya bagus.

Tapi iniii bisa bikin aku nangis berkali-kali hiksss. so In love.

.


Oke,
udah kepanjangan ya curhatnya.. ehehhehehe..
sekarang saatnya masuk ke dalam reviewnya ya.

Sebetulnya aku pingin banget cerita ulang. Drama ini dari opening sudah bikin aku berjingkat-jingkat nontonnya. Entah kenapa, menanti tokoh robotnya muncul itu sangat mendebarkan.

Aku sempat bingung di awal, kenapa kok ada robot, ada versi manusianya. Kupikirkan kalau robotnya itu menggantikan versi Nam Shin yang meninggal gitu misalnya, malah mendingan daripada dua-duanya ditampilkan.

Bukan apa-apa.
Di awal cerita aku merasa bakal pro ke tokoh Nam Shin manusia, tapi mulai jatuh cintalah aku pada robot Nam Shin di sepanjang cerita. Dan memang Nam Shin manusia nggak banyak bagiannya karena dia mulai muncul dibagian akhir cerita dan dengan karakter yang bad banget.

Sebenernya bagus gitu juga sih, karena kalau Nam Shin manusia orangnya baik nanti Kang So Bong pindah ke lain hati dong hehe.. gimana-gimana juga, kalau kamu manusia pasti nggak pingin kan jatuh cintanya sama jin misalnya, Ups.

Anyway, syukurlah ceritanya seperti itu.
Dan akupun jatuh cinta sama robot Nam Shin. Nomu nomu saranghe lah pokoknya. Duh, gimanaya... dia itu robot, tapi tatapannya nggak pernah bikin tenang sekalipun itu cuma tatapan kosong hahaha. Nggak seekspresif Nam Shin manusia.

Di bagian awal kelihatan banget kalau Nam Shin ini robot, tapi sepanjang kita mengikuti kisahnya, kita juga jadi sedikit ragu karena dia bener-bener mirip manusia. Setidaknya meskipun dia tidak punya emosi dan tidak pernah merasa karena semuanya hanya diproses di kepalanya dia, tapi dari kepala itulah memicu tindakan-tindakan yang sangat amat manusiawi.

Sekalipun dia nggak ada hati, tapi kita bisa merasakan kebaikannya, ketulusannya, kepolosannya. Ada lho sempat dia kelihatan kecewa, sedih, tapi nggak tau juga kan ketika tampak demikian yang sedang diproses di kepalanya itu seperti apa sih?

Dan ternyata programming sistem di kepalanya ya nggak beda lho sama manusia. Kayak kebiasaan, itu kan datangnya dari program kepala kita yang dilakukan berulang-ulang.. Sedangkan emosi dan pemahaman Nam SHin robot belajar dari mengamati orang. Dimana ketika ia melihat gambaran orang marah, meskipun tidak merasakan, tapi kalau di otak dia ada yang bertentangan dengan aturan dan cenderung melukai aturan dalam dirinya dia secara otomatis memancarkan ekspresi marah, ya sama seperti kebanyakan orang ketika marah.

Aku merasa itu uniiiikkk sekali.



Caranya si Nam Shin robot ini bekerja.
Bukan manusia, sistem dalam tubuhnya juga berbeda, tapi dia benar-benar beroperasi sama seperti manusia. Dia belajar dengan sangat cepat, apapuuun itu. Ya bayangkan aja kecepatan komputer atau search engine, nah Nam Shin robot dibentuk mirip tapi lebih cepet. Aaa ya nggak tau lah, bagian itu bagiku masih terasa mind blowing.

Intinya, dia tidak merasakan cinta tapi dia punya prioritas. Prioritas ini mirip banget sama cinta, karena dia kemudian jadi sangat protective terhadap hal tersebut, dan perkembangan kenapa si Kang So Bong jadi prioritas juga nggak langsung, nggak disistem, tapi sistem dalam tubuhnya itulah yang berubah dengan sendiri.

Aku nggak tau lagi deh ini drama risetnya gimana. Drama ini enak banget tau kalau mau dijadiin bahan analisis hahaha. Rada gila aja tapi ntar ngerjainnya.

Mari kita bicara aktor paling tampan di drama ini: Kang Seo Joon.
Waktu nonton drama ini aku udah sangat familiaaaar banget sama wajahnya, tapi aku inget-inget juga nggak keinget liat dia dimana, Dan waktu buka profilnya baru tau ooohhh dia di cheese in the trap.

Tapi cheese in the trap juga aku nggak terlalu suka, makannya wajahnya dia familiar doang tapi terlupakan lihatnya dimana. Btw waktu di cheese in the trap itu dia juga udah seganteng ini, bad boy, bikin melelh udah... cumaaa.. kelihatan banget masih anak SMA di drama itu, jadi untuk aku kelihatan kayak remaja aja gitu, biasa aja.

Makannya kaget juga waktu tau,
di drama Are You Human ini dia dewasa banget lhooo,, berasa usia dia sekarang 27 tahun setingkat sama awal aku lihat lee jong suk dan kim so hyun,nah kesannya tuh kayak gitu.

Nggak ada bekas remajanya. Di drama ini karisma dia sangaat bagus.

Ada bagian yang aku suka di drama ini, adalah ketika Nam Shin robot menyamar menjadi Nam Shin manusia. Serius, itu kayak lihat orang berkepribadian ganda. Dari nada suara, postur tubuh, dan caranya berbicara bedaaaaa banget. Dan kecepatannya berubah itu mulus banget hahaha. Buset databasenya si robot Nam Shin lengkap  banget ya sampai bisa ditiru tanpa cacat. Bahkan sombong dan songongnya itu juga terasa banget.

Dan ituuu bikin aku suka banget pas bagian Nam Shin robot sama Kang So Bong. Karena Nam Shin robot kan harus terus menerus menyamar menjadi Nam Shin manusia, dan itu berhasil menipu banyak orang, berhasil banget. Cuma memang kadang dia meleset ngelihatin kemampuan dirinya yang lalu dikenal sebagai superhero.

Buat aku sih Nam Shin robot ini, waktu dia menyamar jadi Nam Shin aku sukaa, dan ketika balik lagi jadi robot aku juga sukaaa.. setidaknya kepolosan dia itu bikin dia nggak sakit hati juga kalau udah dibanding-bandingin, tapi ya dia tetep aja robot.

Awalnya aku nggak yakin bakal suka kalau robot Nam Shin berkompetisi sama versi manusianya. Karena gimanapun versi Nam Shin penuh ekspresi lebih menarik. Eh nggak taunya, Nam Shin asli malah jadi biasa aja di mataku, apalagi kerjaan dia ya emosiii mulu, jadi ya udah aku nggak bisa suka sama Nam Shin asli. Kasihan sih mungkin iya.

Kang Seo Joon jelas harus dapet acungan jempol atas prestasinya memerankan dua karakter yang bagiku bisa tampak berbeda meskipun dalamnya dimainkan oleh orang yang sama.

Trus , gimana nih kisah cintanya?






So sweeeettttt,,,
justri karena Nam Shin itu bukan manusia itulah yang bikin cerita ini so sweeet.
Meskipun KBS2 itu biasanya dramanya tidak cukup kuat di kisah cinta, nggak yang romance-nya gimana-gimana gitu, bukan yang bikin deg-deg ser jugaa.. nah biasanya aku suka males kalau nonton drama di KBS ya gitu, suka nggak dapet aja kisah cintanya.

Duhh tapi ya di drama Are You Human iniii okelah nggak bikin deg-deg serr.. tapii bikin aku banyak menitikkan air mataaa..

Tau kann gimana si Nam Shin robot ini nggak punya perasaan,tapi tingkah lakunya justru bagaikan ia punya hati sebesar samudra, Beneran deh, nih robot isinya positif banget. Satu-satunya kelemahan dia adalah dia ini robot, selain itu perfeeekk.. Dia nggak menyimpan rasa dendam, amarah, atau kejahatan. Ada juga dia itu tipe pelindung. Makannya waktu ada yang dirasa jahat sama Kang So Bong dia tampak seperti bisa membunuh, tapi kurang lebih itu karena dia diciptakan untuk protektif terhadap prioritasnya, jadi kayak sistemnya tuh jadi otomatis menyerang kalau ada yang jahat.

Ya untung juga si Kang So Bong baik sih,jadi tidak menyalahgunakan Nam Shin robot untuk kejahatan.
Uniknya, bagaimana So Bong bisa jadi prioritas utamanya Nam Shin robot juga bukan karena diperintah atau disistem, tetapi muncul dan berkembang dalam diri Nam Shin sendiri gitu. Apa gak so sweet yaaa kalau kayak gitu. Akhirnya dia jadiin Kang So Bong prioritas karena Kang So Bong adalah satu-satunya manusia yang bisa dia percaya.

Dan dan daaan... kalau misalnya ada yang jahat sama Nam Shin robot, kan si nam shin nggak bisa ngerasain ya, tapi kan si kang so bong ngrasain tuh, makannya si kang so bong yang malah nangis.

Kebalikannya, kang so bong ini sering direndahkan, kan dia miskin, nah pas itu si nam shin yang ngelindungi kang so bong. hellooo siapa yang nggak seneng. Mau deh aku robot begitu juga hahahha.

Oya, dari semua kedirian dari Nam Shin, yang paling mind blowing ada di ending sih.

Ugh, sumpah itu ending kuraaaannggg panjaaaang hahaha. walaupun nggak tau  juga sih apa yang mau diceritakan, tapi bagiku kuraaannggg. mau lihat nam shin robot lagiii..

untung di akhir versi manusianya jadi baik, tapi tengil sih, ih tapi sukaaa siih aku sama versi tengilnya juga. Daripada yang jahat gemes.

Intinya, Kang Seo Joon ini apikkk bagusss banget memainkan perannya menjadi dua karakter yang berbeda. Dan jujur, itu saja sudah cukup untuk bikin aku jatuh cinta dan jadi fans baru dia.

Kayak nya ini drama dia pertama yang jadi pemeran utama ya nggak siih?
Rasanya kayak baru nonton lee jong suk di awal debut dia main drama yang dia jadi pemeran utamanya hihihi... alamat jadi bakal ngikutin drama kang seo joon lagi nih.. Secara..berasa penyegaran, dapet aktor tampan yang jadi favoritku lagiiii uwwwww. happy!!!




Salam, Adlina Haezah

Kisah Cinta Robot-Manusia dalam Are You Human Too ? (Review Drama Korea) Kisah Cinta Robot-Manusia dalam Are You Human Too ? (Review Drama Korea) Reviewed by Adlina Haezah on April 24, 2019 Rating: 5

1 comment:

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Powered by Blogger.