Pinjam Novel Lengkap di Perpustakaan Kota Yogyakarta - Aneka Catatan

WARNING!

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Pinjam Novel Lengkap di Perpustakaan Kota Yogyakarta

perpustakaan kota yogyakarta sudirman


Haloooowww~
selamat akhir bulan juni yang akan segera tiba ya!
Hari ini, aku lagi pingiiiin banget me-review satu tempat favoritku yang notaben aku nih adalah pecinta buku em novel em novel romance tepatnya, dan sebenarnya sih mau aku posting di blogku yang khusus bahas buku, tapi mungkin nanti aku bahas sedikit disana trus aku link bali kesini. Karena apa? Karenaaaa... well, blog ini trafficnya lebih menjanjikan kekeke` dan kebetulan dua minggu ini aku nyaris belum nulis apa-apa.

"jadi apa yang kamu mau review sih lin? kok jadi melantur?"
oh, iya ya hehehehe~ *dijitak heechul oppa*
"malah nyengir"

Yasudah, yasudah... jadi inilah yang akan aku review... taraaaa!


Perpustakaan Kota Yogyakarta
perpustakaan kota yogyakarta sudirman
maaf tadi lupa foto bagian depannya, nysul yaah

Duh beneran nih ya... jadi ceritanya aku tadi itu habis kesini, ke perpus kota, dan aku merasa begitu begitu gembira karena aku merasa tadi bukunya LENGKAP. Tapi bukannya selengkap toko buku lho ya. Maksudku lengkap adalah untuk ukuran sebuah perpustakaan, yang kita pinjem nggak perlu bayar, ya perpustakaan ini termasuk lengkap.

Lengkap apanya?
Novelnya!!!

Haha.
Maaf-maaf... lagian aku soalnya pecinta novel sih, jadi kesini terakhir yang nggak lagi nyari novel itu waktu nyari buku-buku keperluan skripsi. Yaaa... itu juga lumayan lengkap sih walaupun masih banyak yang beli juga. Tapi kalau untuk jurusan kayak tempatku yang masih jarang yaitu televisi film, karena buku-bukunya yang bahasa indonesia aja masih jarang, wajar sih kalo nggak lengkap. Orang aku aja masih nyari, dan kalau bisa dapet nggak akan aku jual tuh hehe. Koleksi aja.

perpustakaan kota yogyakarta sudirman
kalo mau nulis masukan masukan dari kalian
Balik ke perpustakaan.
Perpustakaan kota yogyakarta yang letaknya di Jalan Sudirman, belakang gramedia pusat yogyakarta itu memang secara luas lebih kecil dari pada Grahatama yang selatan JEC yang memang sangat sangat luas. Secara tempat, memang Grahatama memiliki lokasi yang cocok banget untuk bersantai bagi para pecinta buku.

Tapi!
Aku pribadi, nggak tau nih ya, aku suka sih di Grahatama, asik dan enak banget tempatnya, nyaman juga bisa lesehan kalo lagi pingin baca buku, dan luasnya ruangan-ruangannya itu macem-macem. Dan sejuk, yah pokoknya kapan-kapan aku review juga deh yang Grahatama, tapiii entah kenapa aku tuh nggak pernah lama di Grahatama. Aku pernah lama di Grahatama, trus pusing, tapi itu aku loh ya jangan disamakan, mungkin karena karpetnya (?). Walaupun aku malah seringnya lebih betah di ruang deposit sih daripada ruang baca umum, karena di ruang deposit grahatama pustaka kan nggak bisa dipinjem bukunya jadi enak pas buat baca disana, tempatnya sepi dan bukunya lebih lengkap daripada di ruang baca umum. Dan aku personally, sebenernya nggak suka yang rame-rame.




Kok, malah bahas Grahatama Pustaka siiih?
Oiya yayaya. Anehnya, aku bisa lama kalau di perpustakaan kota, padahal tempatnya tu kecil, nggak ada tuh kursi-kursi empuk macam di grahatama, adanya kalau mau duduk ya di kursi. Satu ruangan doang, paling ya dua sama yang di lantai atas, tapi kan jarang ke lantai atas juga. Dan kursi-nya deket-deketan sama yang lain, dan perpustakaan kota itu rame! lebih rame daripada Grahatama. Jadi perpustakaan kota yogyakarta itu kecil dan rame, nggak cocok banget kan ya buat aku yang sukanya sama tempat sepi sampai-sampai kalau di Grahatama aku larinya ke ruang deposit yang nyaris nggak ada orang.

Tapi!
Aku bisa jauh lebih lama berada di perpustakaan kota dan malah sampai lupa waktu, sekalipun kondisinya lagi ramai. Karena apa? Karena disana sekalipun semua kursinya preoccupied dan ramai, tapi tenaaaang banget. Entah kenapa aku merasa begitu nyaman berada di tengah keramaian yang tenang, setiap kali kesana lebih sering melihat orang-orangnya tuh sibuk baca buku sendiri-sendiri.

perpustakaan kota yogyakarta sudirman

Kurasa, ini juga terkait sama koleksi bukunya.
Well, I KNOW. Ketika Grahatama buka pertama kali, mereka sudah menjanjikan dengan persediaan koleksi buku yang super lengkap (aku lupa berapa banyak) ditambah fasilitas edukasinya yang begitu memadai, kalau hotel mungkin disamakan dengan bintang 5 kali ya,. Bener lho, ada kantinnya pula malah, gimana nggak betah coba. Dan memang sih, waktu aku lagi cari bahan untuk skripsi, secara koleksi aku lebih banyak dapet dari buku-buku di Grahatama. So, untuk koleksi buku-buku penelitian, dan nonfiksi, Grahatama juaranya.

Cumaaa... kalau koleksi novel, pilihanku jatuh di perpustakaan kota Yogyakarta.
Jadi ceritanya, aku, si pecinta novel, yang kalau ke perpustakaan sebenernya lebih banyak ke rak kumpulan novel, udah sering bolak-balik ke Grahatama. Koleksi novel di Grahatama memang banyak. Aku inget sampai berapa rak itu ya kalau nggak salah, isinya novel semua. Temenku aja tercengang-cengang dengan koleksi novel di Grahatama. Tapi kenapa aku malah jarang pinjem novel disana ya? Malah di perpustakaan kota yogyakarta yang aku sering pinjem novel.

Itu karena novel di perpustakaan kota yogyakarta menyediakan koleksi novel yang lagi aku cariiiiiii~ walaupun cuma 2 deret doang rak novelnya.
Ya ya ya, jadi ini sebenernya cukup subjektif karena terkait dengan kebutuhanku, mungkin bukan kebutuhan kalian.
perpustakaan kota yogyakarta sudirman


Ceritanya, dulu sebelum Grahatama buka, satu-satunya tali penyelamatku ketika butuh buku bacaan cuma di perpustakaan kota. Ada sih itu perpustakaan daerah di sebelah selatan KFC sudirman, yang sering aku datengin waktu masih SMP ada komik dan ada novelnya lumayan, tapi ketika aku semakin dewasa dan nggak yakin apakah masih ada nggak ya perpustakaannya itu, aku jadi nggak berani gitu kesana. Duh, jadi pingin kesana lagi.

eh, nglantur lagi...


perpustakaan kota yogyakarta sudirman
untuk donor bukuuuu
nah, waktu-waktu itu, di perpustakaan kota sebenernya koleksi novelnya masih minim banget. Yang bagus-bagus sih ada ya yang tebel-tebel kayak eeemmm... pokoknya adalah, novel romance (aku aku penggemarnya novel romance) yang tebel, oh iya kayak novel-novelnya stephanie meyer, waktu itu juga novelnya andrea hirata lengkap, trus novel harry potter... nah tapi aku antara udah baca semua bukunya atau udah nonton filmnya jadi aku nggak pinjem.

Palingan aku kaget aja nemuin novelnya Lisa Kleypas yang Married in The Morning, secara selain aku nggak nemu di rental favorit, di gramedia, bahkan di bazar buku, eh malah nongkrong gratis di perpustakaan kota hehe... tapi ya nggak banyak, trus yang lain-lainnya kalau nggak udah pernah baca, aku nggak terlalu minat.

Hanya saja, harus kuakui,semakin kesini koleksinya semakin mantap. Sering bikin aku tercengang karena sekarang-sekarang ini makin banyak novel-novel inceran yang malah nangkring di rak bukunya perpus kota. Aku yaa.. jadi tambah rajin kan ya pinjem disitu. Terakhir dulu itu nemu novelnya Tereliye yang Tentang Kamu, dan memang itu lagi hits banget.

perpustakaan kota yogyakarta sudirman

Dan tadi, waaaaah...tambah banyaklah koleksi novelnya. Aku baru tinggal bentar aja *beberapa bulan gitu deh*, sekarang malah ada koleksi-koleksi penulis populer, dan itu novel-novel bestseller,  novel-novel populer. Ini yang membedakan novel di perpus kota sama perpus Grahatama, di Grahatama novelnya banyak tapi aku banyak nggak kenal, kalau perpus kota dikit tapi dikitnya itu efektif karena novel-novelnya banyak banget yang aku kenal, malah banyak yang aku incer juga. *cuma nggak tau sih kalau koleksi di grahatama juga sekarang berubah*.

Hmm tadi lihat apa aja ya, ada buku-bukunya ika natassa, tereliye, trus novel-novelnya Risa saraswati jugaaaa yang dulu aku mau beli nggak jadi2 ya Allah syukurlah bisa pinjem gratis di perpus. Terusss... oh ada juga bukunya #temantapimenikah nomor 1-2 tadi pingin banget pinjeeem uuu sayang cuma bisa pinjem 2 doang. Trus banyak novel-novel populer dari wattpad juga. Truuuss.. oya oya, ada novel-novel historical dari Julia Quinn, Lisa Kleypas dan itu yang cover-cover baru.

perpustakaan kota yogyakarta sudirman

Ada juga novel-novel tebel, ada novelnya Game of Thrones juga, banyaklah tadi aku gak sempet hafalin satu-satu. Yah, paling tidak... aku sekarang kalo mau beli2 buku mungkin cek dulu disitu kali ya. Kaget lho aku, karena terakhir kesana belum ada dan ini nambah banyak banget novelnya, mana itu novel emang yang lagi pingin aku baca pula...

perpustakaan kota yogyakarta sudirman


Nah, sekarang aku bakal kasih Tips Hunting Novel di perpustakaan Kota Yogyakarta
Kenapa aku kasih Tips?
Karena guys, aku harus mengakui, yang pinjem disana itu banyak banget. Yah namanya juga gratisan. Makannya, kalau kita kesana suatu hari liat ada buku apa gitu, trus besoknya kesana lagi, seringkali udah nggak ada, karena udah muter ditangan yang minjem. Hiks. Sedih emang.. Jadiii.. tips dari aku cuma satu aja sih:

Jangan banyak berharap ketika mau hunting pinjem buku di perpus kota yogyakarta.
Yup, nggak usah nyari-nyari novel deh menurutku kalau kalian kesana. Kayak misalnya kalian tau ada novel judul A disana trus udah yakin banget pas mau kesana lagi pasti nemu bukunya. Kemungkinan sih... emm kayaknya kemungkinannya 50% sih bakal nemu bukunya, entah lagi dipinjem, atau keselip-selip, aku pribadi jarang dapet buku yang diincer lagi kalo pas kesana. Jadi, waktu kesana, kita kosongkan pikiran, nggak usah pingin macem-macem, karena justru pas kalian nggak naruh ekspektasi apa-apa, bisa jadi kalian kaget karena malah nemu buku-buku yang emang pas lagi diincer dan ada di depan mata di salah satu rak.

Karena itu yang terjadi padaku, nyaris selalu.
"Waktu lagi nyari malah nggak ada. Pas nggak dicari malah nongol."
(pokoknya kehidupan buku-buku di perpus kota gini banget deh hahaha..)

So, guys segitu aja dari aku, untuk kalian selamat hunting buku yaaaahh :))
FYI, di halaman depan, di bagian luar itu ada tempat duduk-duduk untuk wifian gratis looohh..

Salam, Adlina Haezah 
Pinjam Novel Lengkap di Perpustakaan Kota Yogyakarta Pinjam Novel Lengkap di Perpustakaan Kota Yogyakarta Reviewed by Adlina Haezah on June 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Powered by Blogger.