Sinopsis Lengkap Alur 'Kill Me, Heal Me' #edisidibuangsayang - Aneka Catatan

WARNING!

Beberapa Review di blog ini sebagian besar merupakan spoiler. Persiapkan diri anda sebelum membuka artikelnya. Trimakasih. -author-

Sinopsis Lengkap Alur 'Kill Me, Heal Me' #edisidibuangsayang

Sebenarnya tulisan ini dibuat untuk bab 2 skripsi aku...

*eeeh beneran buat skripsi?*
ya iya dong
*ew*
kok 'ew' sihhh!

-- nah, abaikan --

iya, ini harusnya buat skripsiku bab 2 dan nggak tau kesurupan apa aku rajin banget ngetik ini dari episode 1-20. Tapi, dosenku mintanya kalo bisa dibikin 1 halaman doang . HIks. yang intinya tulisanku ini musti banget gitu dihapus.

Tapi ya nggak mungkinlah ya aku hapus dengan sadisnya. Secara aku tu orangnya eman-eman banget sama tulisan. Jadi aku buang disini aja ya. Ha ha ha. Siapa tau ada yang pingin tau alurnya tanpa menonton?

Anyway, ini juga nggak lengkap-lengkap amat sih. Cuma hal-hal yang krusial secara inti cerita, jadi aku nggak bakalan tulis tentang side story yang antagonis lainnya. Disini karena ditulis untuk kepentingan skripsi, jadi seperlunya aja.

*lin..."
yups.
"bawel. buruan sih."

hmmmm...
oke kalo gitu,
langsung aja yaaaa


Kill Me Heal Me bercerita mengenai seorang pemuda bernama Cha Do Hyun yang menderita salah satu penyakit kejiwaan yaitu D.I.D (Dissosiative Identity Disorder) atau Gangguan Identitas Disosiatif. Sepanjang hidupnya, sejak ia masih kecil, Cha Do Hyun selalu mencoba cara untuk sembuh dari penyakitnya tersebut, tetapi ia tetap saja tidak pernah sembuh. 

Penyakit tersebut membuat Cha Do Hyun seringkali mendapat masalah karena ia bertemu banyak orang yang berurusan dengannya yang lain sedangkan dirinya tidak tahu menahu mengenai apa yang tengah terjadi. Hal tersebut membuat Cha Do Hyun harus selalu menanggung resiku untuk setiap masalah yang ditimbulkan oleh kepribadiannya yang lain. 

Selama beberapa tahun belakangan, Cha Do Hyun tinggal di luar negeri, sebagian karena ia masih mencoba untuk mencari dokter yang tepat untuk dirinya. Tetapi ia disuruh pulang oleh keluarganya di Korea untuk meneruskan perusahaan keluarga. Cha Do Hyun awalnya tidak mau, karena di dalam keluarganya terdapat sebuah masalah yang hingga saat ini masih belum terselesaikan. 

Salah satu kepribadian utamanya yang punya karakter jahat bernama Shin Se Gi muncul dan membuat Cha Do Hyun tiba-tiba sudah berada di Korea. Disitulah awal mula Cha Do Hyun bertemu dengan Oh Ri Jin, seorang dokter psikolog yang menarik perhatian salah satu kepribadian Cha Do Hyun yaitu Shin Se Gi (Episode 1). 

Oh Ri Jin pertama kali bertemu dengan Cha Do Hyun adalah di bandara, tetapi hanya sekilas, kemudian bertemu lagi di sebuah klub ketika Oh Ri Jin sedang mencari salah satu pasien jiwanya, tetapi Cha Do Hyun salah paham dan malah menganggap Oh Ri Jin sebagai pasien gangguan jiwa. Hal tersebut membuat Cha Do Hyun dipukul dan berubah menjadi Shin Se Gi. Saat ia berubah ia sudah membuat beberapa kegemparan, mulai dari mencuri jaket preman (karena merasa tidak suka dengan baju yang dikenakan Cha Do Hyun) hingga berkelahi dengan anggota geng pemilik jaket itu.

Shin Se Gi langsung tertarik dengan Oh Ri Jin ketika bertemu, bahkan menyatakan cintanya secara tiba-tiba, tetapi Oh Ri Jin merasa takut dan bingung dengan perubahan sifat Cha Do Hyun yang sangat drastis. Pada tahap ini diceritakan bahwa Shin Se Gi bersikeras agar Oh Ri Jin mengingatnya. (Episode 2)

Di rumah sakit tersebut, asisten Cha Do Hyun menelepon untuk memberi kabar bahwa ia telah menemukan dokter psikolog yang pernah menangani kasus Cha Do Hyun. Shin Se Gi yang mengangkat telepon tersebut justru yang berhadapan dan nyaris membunuh dokter tersebut. 

Usaha tersebut gagal ketika Shin Se Gi kembali berubah menjadi Cha Do Hyun. Cha Do Hyun sempat panik  tetapi ia mendapatkan info dari dokter tersebut mengenai motif Shin Se Gi yang ingin menyingkirkannya selamanya, yaitu bahwa ia telah menemukan cinta pertamanya. Ketika Cha Do Hyun pergi dari rumah sakit, ia sempat bertemu dengan Oh Ri Jin yang menyapanya, tetapi Cha Do Hyun kali ini mengabaikan dan membuat Oh Ri Jin tersinggung.

Cha Do Hyun mencoba mencari tahu siapa cinta pertama yang dimaksud Se Gi, sekaligus terus melatih tubuhnya agar tidak berubah menjadi kepribadian lain.

Hari berikutnya, muncul kejadian dimana tiba-tiba Cha Do Hyun ditelepon oleh orang asing. Orang tersebut mengaku telah menculik wanita yang dianggap sebagai pacarnya (yaitu Oh Ri Jin), dan orang ini adalah orang yang bajunya diambil paksa oleh Shin Se Gi hingga pernah bertarung dengannya ketika di klub (di Episode 1). 

Cha Do Hyun jelas tidak mengerti maksudnya, tetapi mengetahui bahwa ada seorang wanita yang terancam bahaya karena ulah salah satu kepribadiannya, akhirnya Cha Do Hyun meminta asistennya untuk memukulnya agar ia berubah menjadi Se Gi kembali. Ketika ia dipukul, Cha Do Hyun justru berubah menjadi Ferry Park.

Di Episode 3, asisten Cha Do Hyun yang menyadari bahwa kepribadian yang muncul adalah Ferry Park, mencoba membujuk agar Ferry Park mau menolong wanita yang diculik tersebut. Awalnya Ferry Park menolak, tetapi setelah diiming-imingi kapal Ferry akhirnya ia mau ke lokasi penculikan.

Di lokasi penculikan, ternyata Ferry Park menakuti si penculik dengan bom yang dirakitnya, dan sempat membuat mereka semua takut. Tetapi ia sendiri kaget karena ternyata bom itu tidak meledak melainkan hanya suara penanak nasi (karena sudah diatur oleh Cha Do Hyun agar ketika Ferry Park bangun, ia tidak membuat bom yang bisa meledak). Akhirnya Ferry Park dipukuli hingga pingsan.

Namun ketika ia sadar kembali, Ferry Park sudah kembali menjadi Cha Do Hyun. Oh Ri Jin menyadari perubahan tersebut dan ia mencoba menanyai Cha Do Hyun. Oh Ri Jin mengetes dengan mengulang pernyataan Shin Se Gi ketika pertama kali mereka bertemu dan jelas Cha Do Hyun tidak mengingatnya. Ia justru kaget karena Shin Se Gi mengatakan hal itu kepada Oh Ri Jin yang tidak dikenal olehnya.

Tiba-tiba suara bom kembali bereaksi dan itu adalah bom sungguhan. Cha Do Hyun berusaha menyelamatkan Oh Ri Jin, tetapi Oh Ri Jin pingsan di tengah situasi ketika bom tersebut meledak.

Oh Ri Jin dibawa ke rumah sakit, dan selama ia dirawat, asisten Cha Do Hyun mengetahui bahwa Oh Ri Jin adalah seorang dokter jiwa dan merupakan bawahan dari dokter jiwa yang selama ini merawat Cha Do Hyun. Dari situ pula Oh Ri Jin mempelajari bahwa Cha Do Hyun memiliki penyakit D.I.D. Disinilah akhirnya Cha Do Hyun mendatangi Oh Ri Jin dan memperkenalkan dirinya yang sesungguhnya.

Cha Do Hyun yang mengetahui bahwa Oh Ri Jin menjadi target dari Shin Se Gi mencoba untuk memperingatkan Oh Ri Jin agar selalu menjauh darinya, apapun keadaannya. Meskipun begitu sebagai dokter jiwa Oh Ri Jin tidak ingin melakukannya dan malah ingin berteman dengan Cha Do Hyun. Di lain sisi Cha Do Hyun juga mempelajari bahwa ada suatu rahasia yang disembunyikan oleh ibu dan neneknya berkaitan dengan ingatan yang dia lupakan. Selain itu ia juga mendapati satu kepingan dari ingatannya dan berfikir ada kepribadian lain yang muncul.

Di tengah ketegangan dan depresi yang dihadapinya itulah, ia kembali berubah menjadi Shin Se Gi yang langsung mengajak Oh Ri Jin untuk bertemu. (Episode 5)
Oh Ri Jin yang mengetahui bahwa yang ditemuinya adalah Shin Se Gi langsung menelepon asisten Cha Do Hyun untuk mengabarkan kondisi tersebut. Sedangkan Shin Se Gi terus mencoba untuk membuat Oh Ri Jin merasa bahagia dengan banyak hal yang ia coba tawarkan, tetapi entah mengapa tidak membuat Oh Ri Jin merasa demikian. Ia begitu berharap Oh Ri Jin tidak akan mengusirnya dan bahkan membuat agar Oh Ri Jin lebih memilih Se Gi daripada Cha Do Hyun. 

Hingga ketika akhirnya Oh Ri Jin merasa perasaannya tergerak dengan sikap tulus Shin Se Gi, saat itulah Shin Se Gi berubah kembali menjadi Cha Do Hyun. Disitu pula Cha Do Hyun ikut tergerak perasaannya terhadap Oh Ri Jin. 

Cha Do Hyun mulai memahami bahwa setiap kali ada Shin Se Gi, pasti disitu pula ada Oh Ri Jin. Selain itu, ia juga mendapati bahwa keberadaan Shin Se Gi yang menyukai Oh Ri Jin membuat kepribadiannya menjadi sangat kuat hingga mengancam akan mengambil alih tubuh Cha Do Hyun sepenuhnya. 

Mengingat tentang Oh Ri Jin, membuat Cha Do Hyun merasa berdebar-debar. Ia tidak tahu apakah itu perasaannya atau perasaan Shin Se Gi. Ditengah kebimbangannya itu ia berubah menjadi Ferry Park yang sempat menyalahkan Cha Do Hyun karena bingung dengan perasaannya sendiri.

Ferry Park mendatangi sebuah rumah berdasarkan kartu nama yang dibawa olehnya, yang ternyata adalah kartu nama rumah kakak dari Oh Ri Jin. Tetapi belum sampai ia masuk ke dalam rumah, Ferry Park berubah menjadi Cha Do Hyun dan disitulah ia ditemukan oleh Oh Ri Jin dan kakaknya.

Kakak Oh Ri Jin mengenal Cha Do Hyun sebagai Ferry Park, yang ditemui olehnya di pesawat ketika Cha Do Hyun pulang ke Korea. Ferry Park dan kakak Oh Ri Jin merasa dekat karena bir yang mereka minum di pesawat, karena itu kakak Oh Ri Jin memberikan kartu namanya.

 Saat itu Cha Do Hyun baru sadar bahwa ternyata bukan hanya Se Gi yang sadar saat ia perjalanan pulang ke Korea, tetapi juga Ferry Park. Di rumah Oh Ri Jin itulah Cha Do Hyun banyak menghabiskan waktunya dan menjadi semakin dekat dengan Oh Ri Jin.

Hal tersebut ternyata memicu amarah dari Shin Se Gi yang mengetahui bahwa diam-diam Cha Do Hyun menemui Oh Ri Jin (Episode 6). Untuk itulah ia membuat ancaman kepada Cha Do Hyun akan melukai orang-orang yang disayanginya jika ia mendekati Oh Ri Jin lagi.

Demi mencari cara agar ia tetap bisa mengontrol kepribadian Shin Se Gi dan juga sembuh, Cha Do Hyun justru meminta Oh Ri Jin untuk menjadi dokter jiwa pribadinya selama 3 bulan (karena ada hal yang harus dicapai selama 3 bulan terkait dengan perusahaannya), setelah itu ia akan mencari dokter di Amerika. Itu juga dilakukan agar ia bisa mengawasi Oh Ri Jin sehingga tidak bekerja sama dengan Shin Se Gi untuk membuat Cha Do Hyun tidur selamanya. Oh Ri Jin menolak tawaran tersebut karena tidak ingin terlibat lebih jauh.

Di lain sisi, terjadi ketegangan di perusahaan milik Cha Do Hyun mengenai sebuah novel yang akan difilmkan, dan juga rahasia Cha Do Hyun yang memiliki D.I.D hampir ketahuan, membuat beberapa kenangan masa lalu Cha Do Hyun kembali. Kenangan tersebut muncul dalam mimpi Cha Do Hyun dan membuatnya begitu tersiksa, dan saat itulah ia bangun sebagai Ahn Yo Sub.

Ahn Yo Sub sudah siap bunuh diri ketika ia menelepon Oh Ri Jin untuk menyampaikan pesan terakhirnya, dimana ia merasa kecewa Oh Ri Jin tidak mau menjadi dokter pribadinya. Kemunculan kepribadian ini jelas membuat Oh Ri Jin merasa kaget dan menelepon atasan dokter jiwanya. Setelah mendapatkan beberapa petunjuk, akhirnya Oh Ri Jin berhasil menemukan Ahn Yo Sub yang sudah hampir jatuh dari atap gedung.

Meskipun butuh perjuangan dan membuat Oh Ri Jin terluka, tetapi akhirnya Oh Ri Jin berhasil menarik Ahn Yo Sub turun dan menyadarkan Ahn Yo Sub untuk kembali menjadi Cha Do Hyun. Oh Ri Jin mencoba menyadarkannya sambil menangis, hingga akhirnya Cha Do Hyun kembali sadar. Ia menyadari bahwa saat tubuhnya diambil alih oleh kepribadian lain, ia sangat ingin seseorang memanggilnya seperti Oh Ri Jin. Hal tersebut digabung dengan kesadaran bahwa ia bisa saja melukai Oh Ri Jin.

Cha Do Hyun akhirnya menyerah membuat Oh Ri Jin menjadi dokter pribadinya, sedangkan Oh Ri Jin semakin memantapkan hati untuk membantu Cha Do Hyun agar sembuh. Akhirnya Oh Ri Jin diam-diam dari keluarganya seolah pergi keluar negeri padahal sebenarnya ia menyetujui untuk menjadi dokter jiwa pribadi Cha Do Hyun.

Selama menjadi dokter jiwa pribadi Cha Do Hyun, Oh Ri Jin harus selalu disisinya yang berarti juga tinggal satu rumah dengannya. (episode 7). Ia juga mulai mempelajari setiap kepribadian yang dimiliki oleh Cha Do Hyun. Disisi lain, ada pihak yang terus mencoba menguak penyakit yang diderita oleh Cha Do Hyun untuk menjatuhkan posisinya di perusahaan.

Suatu hari, Cha Do Hyun bertemu dengan kakak Oh Ri Jin yang menceritakan tentang sebuah buku yang ditulis Omega (penulis terkenal yang tidak pernah memperlihatkan sosoknya, dan dia adalah kakak Oh Ri Jin sendiri) dan bercerita tentang salah satu serialnya. Cerita yang ditulis tersebut entah kenapa membangkitkan ingatan masa kecil Cha Do Hyun yang langsung membuatnya pusing dan kesakitan.

Kakak Oh Ri Jin panic dan mencoba untuk mencarikan minum, tetapi Oh Ri Jin datang lebih dulu dan menyelamatkan Cha Do Hyun dari tempat tersebut. Akhirnya Cha Do Hyun di bawa ke mobil tetapi ia terus menunjukkan tanda-tanda kesakitan. Oh Ri Jin terus mencoba untuk membuatnya tetap sadar tetapi gagal, karena Cha Do Hyun terlanjur berubah menjadi Ahn Yo Na.

Ketika berubah menjadi Ahn Yo Na, kepribadian cewek tersebut langsung membuat ulah. Ia berlarian seperti gadis SMA, dan ia mendatangi sebuah boyband sambil berteriak-teriak. Oh Ri Jin panik karena tidak bisa menghentikan, dan ia terus mencoba untuk menyingkirkan Ahn Yo Na agar tidak terekspos massa (karena akan membuat citra buruk pada Cha Do Hyun di perusahaan), dan  mereka saling berkelahi satu sama lain. Hingga akhirnya Ahn Yo Na berusaha kabur dan menabrak tiang hingga akhirnya ia pingsan.

Cha Do Hyun sadar kembali bersama Oh Ri Jin di sebuah stasiun kereta api. Setelah mendapat penjelasan mengenai apa yang tengah terjadi terhadapnya, Cha Do Hyun memberikan perhatian lebih terhadap Oh Ri Jin. Pada saat itu, Oh Ri Jin memperlihatkan sekilas sikap Shin Se Gi yang terlihat dalam diri Cha Do Hyun, dan disitulah Oh Ri Jin merasa bahwa sebenarnya Shin Se Gi maupun Cha Do Hyun sebenarnya adalah jiwa yang sama.

Suatu hari, Oh Ri Jin dikejutkan dengan gambar yang dibuat oleh Nana (Episode 8), tetapi bukan Nana yang ditemui, justru Yoo Na yang mengaku menyukai kakak Oh Ri Jin. Lagi-lagi disini Oh Ri Jin dan Yoo Na bertengkar. Hanya saja, hari itu tidak hanya Nana dan Yoo Na yang muncul, bahkan Ferry Park dan Yo Sub juga muncul. Oh Ri Jin merasa bahwa setiap kepribadian munucul untuk menyambutnya. Anehnya, Shin Se Gi justru tidak muncul.

Mendapat penjelasan dari atasan Oh Ri Jin, ia mendapati dirinya adalah pemicu dari kemunculan setiap kepribadian yang dimiliki Cha Do Hyun. Ia menjelaskan bahwa ada ingatan yang dicoba dikubur Cha Do Hyun dalam dirinya sebagai bom waktu sebelum akhirnya meledak.

Dilain sisi, Cha Do Hyun akhirnya bertemu Omega dan ia mendapati alasan mengenai cerita dari kakak Oh Ri Jin mengenai kisah anak di bawah tanah. Hal itu berhasil membuat Cha Do Hyun kembali mengalami mimpi buruk terkait dengan masa lalunya. Oh Ri Jin yang mengetahui hal tersebut langsung mencoba menenangkannya dan tertidur di samping Cha Do Hyun.

Saat Oh Ri Jin bangun, justru bukan Cha Do Hyun yang bangun melainkan Shin Se Gi. Shin Se Gi langsung meledak karena amarah karena mengetahui bahwa selama ini Oh Ri Jin berada di dekat Cha Do Hyun. (Episode 9). Ia begitu marah hingga menolak Oh RI Jin untuk mendekatinya atau menyentuhnya sedikitpun.

Shin Se Gi juga masih merasa dendam pada Cha Do Hyun yang membuat Oh Ri Jin menjadi dokter pribadinya, hingga ia mendatangi salah satu orang yang dianggapnya sebagai orang penting atau orang yang disayangi oleh Cha Do Hyun. Oh Ri Jin mencoba untuk menghentikan segala ancaman yang tengah dilakukan Shin Se Gi yang sedang marah dan penuh dendam karena ia begitu takut dirinya disingkirkan atau dihilangkan.

Ditengah usahanya tersebut untuk menghentikan Se Gi, Se Gi mengungkapkan bahwa untuk mengubur ingatan menyakitkan yang dialami oleh Cha Do Hyun itulah maka dirinya muncul. Cha Do Hyun bersembunyi karena segel masa lalunya telah dibuka, untuk itu ia tidak akan kembali. Oh Ri Jin mulai mengingat mengenai percakapannya mengenai dirinya yang pernah disebut sebagai pemicu munculnya kepribadian lain Cha Do Hyun. Oh Ri Jin menanyakan apakah dirinya ada di masa lalu atau ingatan Shin Se Gi? Karena Shin Se Gi terlihat mengingat segalanya.

Selain itu ia juga mendapati bahwa terdapat suatu penyiksaan di masa lalu Cha Do Hyun dan tidak ada seorangpun yang mengungkapkannya dan menjadikannya sebuah rahasia. Hal tersebut juga yang membuat Shin Se Gi merasa sangat marah. 

Kakak Oh Ri Jin akhirnya mengetahui bahwa selama ini Oh Ri Jin tidak pulang ke rumah dan membawa Oh Ri Jin kembali ke rumah dan bertemu dengan dokter jiwa Cha Do Hyun sekaligus atasannya. DIsitu dokter atasannya menjelaskan bahwa kejadian ini akan mengembalikan Cha Do Hyun menjadi lebih kuat atau aka membuat Shin Se Gi menguasai tubuhnya sepenuhnya.

Shin Se Gi sendiri mendatangi neneknya dan melabraknya memberikan penekanan bahwa perusahaan ini seharusnya bukan miliknya (Cha Do Hyun) tetapi milik orang lain. Ia mendatangi Oh Ri Jin dan berkata bahwa ia rela untuk menyerahkan perusahaannya kepada Oh Ri Jin yang membuat Oh Ri Jin merasa bingung. Shin Se Gi memohon agar dirinya tidak dihilangkan dan hal tersebut membuat Oh Ri Jin merasa sangat sedih.

Meskipun kakak Oh Ri Jin mencoba menghentikannya, akhirnya ia mengikhlaskan Oh Ri Jin untuk kembali merawat Cha Do Hyun. (Episode 11) Sekembalinya Oh Ri Jin di rumah Cha Do Hyun, ia mencoba bernegosiasi dengan Shin Se Gi. Ia meminta Shin Se Gi untuk bersikap bertanggung jawab dan bersikap seperti Cha Do Hyun agar citranya diperusahaan tidak rusak, hal itu untuk membuatnya bahagia. Akhirnya demi membuat Oh Ri Jin bahagia, Shin Se Gi menyanggupinya.

Shin Se Gi lagi-lagi melabrak neneknya dan membeberkan padanya mengenai ingatan yang dikira hilang. Ia meminta keadilan mengenai satu kejadian dimana ia justru yang diselamatkan, padahal ada anak lain yang lebih perlu diselamatkan pada kejadian kebakaran di masa kecilnya. Ingatan tersebut ternyata membawa kembali Cha Do Hyun yang mulai ingat bahwa di masa kecilnya, ada orang lain disana, bukan hanya ia dan ayahnya saja.

Disisi lain, Oh Ri Jin mengetahui bahwa selama ini diam-diam kakaknya mengumpulkan informasi mengenai Cha Do Hyun sehingga itu sebabnya ia tidak diperbolehkan untuk menyebut nama Cha Do Hyun di depan orang tuanya.

Cha Do Hyun yang sudah sadar kembali kebingungan karena ia berada di rumah sakit tempat ayahnya dirawat, dan ia sangat ketakutakan karena trauma masa kecilnya. (Episode 12) Ia mendatangi neneknya dan bertanya mengenai keberadaan anak lain selain dirinya. Neneknya bingung akan perubahan Cha Do Hyun karena ia baru saja mendatanginya dan sekarang datang kembali padanya sebagai orang yang lupa ingatan. Neneknya menjawab bahwa tidak mungkin ada anak lain selain dirinya.

Cha Do Hyun kembali ke rumah dan menemui asistennya, meminta untuk mencarikan informasi mengenai hal yang dikatakan Shin Se Gi kepada neneknya, juga meminta untuk mencari tahu jika ada anak lain selain dirinya yang pernah tinggal di rumahnya 22 tahun yang lalu.

Oh Ri Jin yang mengetahui bahwa Cha Do Hyun sudah kembali meraasa sangat senang dan bersyukur. Mereka mulai menghabiskan banyak waktu bersama kembali. Tetapi Cha Do Hyun juga mulai fokus untuk mencari tahu mengenai masa lalunya. Cha Do Hyun mengetahui bahwa selama ia tidak ada, Oh Ri Jin sempat bertemu dengan Ibunya bersama dengan Shin Se Gi.

Disitu Oh Ri Jin bercerita bahwa Shin Se Gi berkata bahwa ibu Cha Do Hyun adalah saksi dari sebuah penyksaan, dan bahwa Cha Do Hyun merupakan korban penyiksaan tersebut. Tetapi demi mempertahankan posisinya dalam keluarga, ibu Cha Do Hyun tidak memberitahunya. Meskipun begitu Oh Ri Jin tidak mengatakannya karena takut Cha Do Hyun akan terkejut, padahal Cha Do Hyun kembali karena ia tahu mengenai hal tersebut, bahwa di masa lalunya ada sebuah penyiksaan yang kemudian ia lupakan.

Akhirnya Cha Do Hyun, dengan berbicara kepada Shin Se Gi, menyatakan bahwa ia akan sanggup menerima rasa sakit apabila ia mengingat kembali masa lalunya dan bahwa Shin Se Gi akan menjadi dirinya kembali.

Bersamaan dengan hal tersebut, ia disuruh menghadap neneknya yang sudah tahu kondisinya. Ia ke rumah ditemani Oh Ri Jin yang menunggu di luar. Ketika ia bertemu neneknya, ia mengungkapkan perasaan sedihnya karena tidak pernah dianggap cucu atau keluarga oleh sang nenek, hanya sebagai pengganti ayahnya, dan kali ini ia disalahkan atas kondisi yang dialaminya karena telah membuat ayahnya masuk rumah sakit. Sedangkan Oh Ri Jin yang sedang menunggu disuruh mengambil wine di ruang bawah tanah, dan saat itulah ia melihat kilasan mengenai tentang seorang anak perempuan yang sedang menggambar hingga ia pusing dan pingsan.

Untuk memberikan istirahat kepada Oh Ri Jin, Cha Do Hyun menyuruh Oh Ri Jin pulang dan bertemu kembali dengan keluarganya. Sedangkan Cha Do Hyun yang menyelidiki masa lalunya akhirnya mengetahui dari mulut ibunya sendiri (kelepasan saat bicara), bahwa memang ada anak lain selain dirinya pada waktu ia kecil 22 tahun yang lalu. Ia juga bertemu dengan kakak Oh Ri Jin yang lagi-lagi memberi peringatan pada Cha Do Hyun untuk tidak menganggap perbuatan Oh Ri Jin padanya lebih dari sekadar pasien. Di saat itulah, tiba-tiba Cha Do Hyun kembali menjadi Yoo Na.

Ahn Yoo Na yang untuk pertama kalinya bertemu dengan kakak Oh Ri Jin yang sangat diidamkannya merasa begitu senang dan berusaha merayu. Kakak Oh Ri Jin ketakutan dan meminta bantuan Oh Ri Jin untuk menolongnya hingga Yoo Na pingsan. Hal tersebut membuat Cha Do Hyun dibawa ke rumah Oh Ri Jin.

Disana ia menemukan sebuah foto yang merupakan foto dari Ibu bernama Min Seo Yeo (bukan Ibu kandung Cha Do Hyun) yang tercantum di daftar keluarganya. Sedangkan Ibu kandung Cha Do Hyun sedang berusaha mencari mengenai anak lain yang tinggal di rumah tersebut dahulu untuk menyingkirkannya.

Tetapi kedekatan antara Oh Ri Jin dan Cha Do Hyun yang semakin dekat membuat ingatan Cha Do Hyun semakin jelas. Hingga suatu saat, ia berhasil mengingat mengenai anak kecil lain dari ingatannya.

Diingatannya tersebut, anak kecil tersebut adalah anak perempuan yang selalu bermain bersamanya di bawah tanah, dimana ada saat ketika anak tersebut menunjukkan foto ibunya yang sudah meninggal (yaitu foto Min Seo Yeo). Ingatannya beralih ketika Cha Do Hyun mencoba menanyakan nama dari anak tersebut, hanya saja Nana bukanlah namanya melainkan nama boneka yang selalu dipeluknya. Ketika ia ingin menanyakan nama asli anak tersebut, kenangan ayahnya muncul dimana ayahnya datang (marah karena Cha Do Hyun tidak mendengarkan untuk tidak main di bawah tanah) dan memukul anak tersebut sedangkan Cha Do Hyun hanya bisa menangis dan memohon sambil meminta maaf.

Ibu Cha Do Hyun kaget menemukan anaknya di ruang bawah tanah, dan akhirnya Cha Do Hyun mengatakan bahwa ia sudah ingat mengenai anak kecil yang pernah tinggal di rumah tersebut. Cha Do Hyun marah karena ayahnya selama ini adalah pelaku kekerasan dan ibunya saksi tetapi hanya menyembunyikan fakta tersebut untuk bertahan di keluarga ini. 

Di sisi lain, Oh Ri Jin akhirnya menyadari bahwa ketakutannya terhadap ruang bawah tanah selama ini adalah karena ia juga memiliki trauma masa lalu. Tetapi ketika ia ingin menlusuri lebih jauh mengenai masa lalunya, dirinya diculik oleh beberapa orang yang ternyata suruhan ibu Cha Do Hyun yang telah mengetahui bahwa Oh RI Jin adalah anak yang pernah tinggal di rumah tersebut bersama Cha Do Hyun 22 tahun yang lalu.

Cha Do Hyun yang mengetahui bahwa Oh Ri Jin diculik langsung mendatangi tempat tersebut. Tetapi di tengah usahanya untuk menyelamatkan Oh Ri Jin, ia diserang dan dipukuli, kemudian kenangan masa lalunya tiba-tiba ikut muncul berbaur dengan ingatan Shin Se Gi. Disitulah Cha Do Hyun tahu  bahwa ternyata anak kecil tersebut adalah Oh Ri Jin. Bahkan ia mengingat bahwa pernyataan yang diucapkan oleh Shin Se Gi ketika pertama kali bertemu dengan Oh RI Jin merupakan jam janjian disaat mereka masih kecil untuk Cha Do Hyun menemuinya. Tetapi yang ada justru ketahuan ayahnya dan Oh Ri Jin yang dipukuli. Juga ada kenangan Se Gi yang muncul ketika ia meminta keadilan dari neneknya bahwa yang dulu seharusnya diselamatkan adalah anak itu, bukan dirinya.

Ketika ia berhasil menemukan Oh Ri Jin, dirinya sudah babak belur hingga akhirnya pingsan. Rasa bersalah dalam diri Cha Do Hyun karena perlakuan keluarganya terhadap Oh Ri Jin ketika kecil, sempat membuatnya lagi-lagi ingin bunuh diri, tetapi lagi-lagi Oh Ri Jin menyelamatkannya. Keduanya akhirnya tahu bahwa mereka memiliki masa kecil yang sama, tetapi Cha Do Hyun meminta Oh Ri Jin untuk tidak perlu mengingatnya. Oh Ri Jin menolak karena menganggap kenangan mereka berdua mungkin kenangan yang indah untuk dikenang, hal itu membuat Cha Do Hyun merasa sangat sedih karena ia tahu apa yang sebenarnya tengah terjadi.

Akhirnya Cha Do Hyun membuat keputusan untuk meninggalkan Oh Ri Jin agar bahagia dengan kehidupan yang dijalaninya saat ini.

Dari cerita yang diungkapkan oleh nenek dan ibu Cha Do Hyun, akhirnya dimengerti bahwa ternyata Ibu Cha Do Hyun yang terdaftar dalam daftar keluarga (juga merupakan Ibu kandung dari Oh Ri Jin) memiliki anak haram, dan hal tersebut yang membuat ayah Cha Do Hyun menjadi sangat dendam terhadap ibu dan anak tersebut, apalagi mengetahui bahwa anak haramnya adalah penerus resmi perusahaan.

Saat ketika Oh Ri Jin telah berpisah dengan Cha Do Hyun, ia dipanggil ke kediaman keluarga Cha Do Hyun untuk bertemu dengan neneknya. Kemudian ketika ia berada disanalah, masa kecilnya kembali muncul. Ia mengingat saat ia berlatih musik bersama dengan seorang anak laki-laki, dan setiap kali anak laki-laki itu salah, maka dialah yang dipukuli. Ia juga ingat ketika ia dikurung di ruang bawah tanah, ia selalu menunggu seorang anak laki-laki untuk bermain dengannya setiap jam 10 malam.

Disaat Oh Ri Jin mulai mempelajari masa lalunya secara perlahan, Cha Do Hyun juga mendapatkan berkas-berkas mengenai siapa anak yang tinggal dengannya 22 tahun lalu, karena dikabarkan bahwa di berkas tidak ada tanpa tinggalnya anak lain. Saat itu, kenangan masa lalu keduanya menjawab, bahwa pemilik nama Cha Do Hyun sendiri adalah Oh Ri Jin. Akta keluarga anak perempuan bernama Cha Do Hyun itu diberikan kepada Cha Do Hyun yang sekarang karena saat itu tidak memilikinya, dengan begitu jejak maupun sisa penyiksaan juga akan ikut lenyap.

Kenyataan-kenyataan lain mengenai tragedi keluarga itu juga perlahan diceritakan, hingga cerita bagaimana awal mula kepribadian Cha Do Hyun mulai terpecah. (Episode 17)
Hari itu adalah hari dimana Joon Young (nama aslin Cha Do Hyun) diresmikan untuk masuk ke dalam keluarganya. Hari itu juga ia berencana untuk bertemu dengan Cha Do Hyun (nama asli Oh Ri Jin) di bawah tanah seperti biasa secara diam-diam untuk memberikannya makan. Sayangnya, ia ketahuan oleh sang ayah. Ayahnya marah besar dan membuat Joon Young keluar dari ruangan.

Di dalam ruangan, ayahnya menyiksa anak perempuan itu. Joon Young berusaha untuk meminta ayahnya berhenti sambil memukul-mukul pintu, memohon dirinya saja yang dipukul, tapi ayahnya tetap tidak membukakan pintu. Merasa sangat tertekan, sedih, dan ingin menolong tetapi tidak bisa melakukan apapun, saat itulah pertama kali kepribadian Se Gi muncul untuk mengambil alih tubuhnya dikarenakan perasaan tertekan yang dideritanya. Ia membawa bensin dan menyalakan api untuk menghentikan ayahnya sehingga terjadi kebakaran. 

Di saat kebakaran itu, Joon Young terus mengkhawatirkan Cha Do Hyun dan terus memanggil nama gadis itu, meminta untuk lebih dulu diselamatkan oleh ayahnya. Tetapi anak tersebut tidak ditemukan (dan ternyata dibawa oleh Ibu Oh Ri Jin sekarang), sedangkan Joon Young terus menyebut nama Cha Do Hyun hingga di bawah alam sadarnya nama tersebut menjadi namanya sendiri. Sejak saat itu pula Joon Young (yang mulai memakai nama Cha Do Hyun) tidak bisa mengingat masa lalunya.

Cha Do Hyun tidak sanggup menghadapi keseluruhan kenangan yang muncul, sehingga ia kembali tertidur dan memunculkan Shin Se Gi.  Shin Se Gi sebagai kepribadian yang mengambil alih rasa sakit dari Cha Do Hyun langsung mendatangi Oh Ri Jin di rumahnya (Episode 18). Se Gi mengajak Oh Ri Jin untuk pergi kabur dari kenangan menyeramkan mereka.

Pada saat perjalanan Oh Ri Jin akhirnya memahami bahwa kepribadian Shin Se Gi merupakan kepribadian yang paling terluka karena ia merupakan kepribadian yang kuat dan selalu mengambil alih rasa sakit kenangan masa lalu yang dilupakan Cha Do Hyun. Saat itu Se Gi juga menyatakan bahwa kenangan akan dirinya dan Cha Do Hyun sudah berbaur menjadi satu sehingga ingatan Cha Do Hyun juga diingat oleh Shin Se Gi.

Saat Shin Se Gi tengah menghabiskan waktu bersama Oh Ri Jin sambil menjelaskan mengenai bagaimana Cha Do Hyun hidup menggunakan nama Oh Ri Jin yang lama, mereka memperoleh masalah baru berdua.

Terjadi suatu insiden dan membuat Oh Ri Jin terancam namanya dan membuat Shin Se Gi marah hingga hampir membunuh, tetapi Oh Ri Jin berhasil menghentikan tindakan Se Gi dan malah memunculkan kembali Cha Do Hyun karena ia terus memanggil namanya. 

Akhirnya Oh Ri Jin dan Cha Do Hyun bertemu kembali setelah keduanya kembali mengingat kenangan masa lalu mereka. Dalam percakapan yang dilakukan, Cha Do Hyun meminta maaf kepada Oh RI Jin karena sudah menggunakan namanya selama ini. Meskipun demikian, Oh Ri Jin merasa tidak keberatan sehingga keduanya saling menguatkan satu sama lain.

Saat akhirnya Cha Do Hyun mengantarkan Oh Ri Jin pulang, tiba-tiba muncul kepribadian Ferry Park yang merasa kesal karena kebingungan cinta antara Shin Se Gi dan Cha Do Hyun terhadap Oh Ri Jin. Ia bertemu dengan ayah Oh Ri Jin dan mereka menghabiskan waktu bersama.

Ferry Park hampir meminum bir yang sangat diinginkan olehnya ketika ia tiba-tiba pingsan. Ferry Park ditidurkan di kamar kakak Oh Ri Jin, dan tanpa diketahui ternyata ia berubah menjadi Ahn Yo Sub.

Oh Ri Jin kaget karena Ferry Park sudah berubah menjadi Ahn Yo Sub, dan dalam kesempatan tersebut, Oh Ri Jin mendapat penjelasan mengenai asal mula nama Ahn Yo Sub. Selain itu, dengan kembalinya seluruh ingatan Cha Do Hyun sebagai pemilik tubuh utama, Yo Sub menjelaskan bahwa Cha Do Hyun tidak lagi memiliki keinginan bunuh diri sehingga Yo Sub pamit untuk pergi kepada Oh Ri Jin.

Saat ia berpamitan, kepribadiannya beralih ke Ahn Yo Na yang kebetulan bertemu dengan kakak Oh Ri Jin. Terjadi kegaduhan saat Ahn Yo Na bersikeras untuk bersama kakak Oh Ri Jin sedangkan Oh Ri Jin tidak menginginkannya. Pada akhirnya, tangan Ahn Yo Na diikat dan dipaksa untuk tidur bersama Oh Ri Jin.

Ahn Yo Na akhirnya tertidur dengan bermimpi masa kecil menyenangkannya bersama dengan Oh Ri Jin kecil. Ia kembali bangun sebagai Cha Do Hyun dan ketika Oh Ri Jin menyadari bahwa Cha Do Hyun sudah berubah, Oh Ri Jin melakukan percakapan mendalam mengenai masa lalu mereka.

Tetapi keduanya ketahuan kakak Oh Ri Jin yang akhirnya memaksa Cha Do Hyun untuk pulang. Berkat hal tersebut Cha Do Hyun dan Oh Ri Jin merasa terbebas dari masa lalu mereka dan hubungan mereka kembali dekat seperti sebelumnya.

Cha Do Hyun masih mencari keadilan atas masa lalunya yang dilupakan dan mencoba untuk mengembalikannya ke tempat semula. Termasuk Cha Do Hyun mencoba mencari tahu kebenaran dari meninggalnya ibu kandung Oh Ri Jin yang dianggap tidak wajar.

Oh Ri Jin dan Cha Do Hyun akhirnya mendapatkan pencerahan mengenai kelanjutan perawatan penyakitnya. (Episode 19) Dimana saat itu Cha Do Hyun sudah bisa mengingat seluruh masa lalunya dan ia juga mengetahui sifat setiap kepribadian. Jika ia bisa membuat setiap kepribadian untuk bekerja sama maka akan menjadi pertanda baik untuk perawatannya.

Oh Ri Jin dan Cha Do Hyun yang saling berbagi kenangan akhirnya mulai berbagi tentang kenangan-kenangan masa lalu mereka berdua yaitu yang mereka anggap sebuah kenangan baik. Dari situ diketahui bahwa nama Nana muncul karena mereka pernah bermain bersama dan menganggap sebuah boneka sebagai anak mereka dan mereka namai Nana. Kemudian juga diketahui bahwa nama Ferry Park muncul karena ingatan Cha Do Hyun mengenai ayahnya yang dulu masih ia anggap baik, dimana suatu ketika Cha Do Hyun kecil pernah menjanjikan ayahnya akan membelikan sebuah kapal dengan nama ‘Ferry Park’. Kemudian muncul suatu pemahaman bahwa untuk bisa bahagia, maka mereka harus bisa memaafkan pelaku dari kejahatan tersebut.

Keyakinan Cha Do Hyun akan penerimaannya terhadap masa lalunya membuat Cha Do Hyun dan Oh Ri Jin mulai membuat rencana untuk berpamitan kepada setiap kepribadian Cha Do Hyun. 

Kepribadian pertama yang muncul adalah Ferry Park, ia diberi hadiah alat pancing dan bir yang sangat diinginkannya. Percakapan terakhir antara Ferry Park dan Oh Ri Jin menyiratkan sebuah perpisahan dimana ia merasa lega karena sebagai seorang ‘ayah’ akhirnya Oh Ri Jin bisa hidup mendampingi Cha Do Hyun.

Hanya saja, ditengah masa perpisahan tersebut, muncul kepribadian baru bernama Mister X. (Episode 20). Mr. X disebut sebagai kepribadian ISH (Inner Self Help) yang mana biasanya muncul ketika ada kemauan kuat bagi pasien D.I.D untuk sembuh, hanya saja kepribadian ini jarang memberitahu sifat aslinya, ia bisa datang untuk membantu peleburan atau justru mengganggu.

Kepribadian Ahn Yoo Na yang berikutnya muncul untuk melakukan perpisahan dengan Oh Ri Jin, menyatakan bahwa dirinya akan menghilang. Ia sempat memberikan informasi terkait Mr.X bahwa Mr.X akan menghilang apabila ‘kau merasa bahagia’. Ahn Yo Na digambarkan pergi bersama kembarannya Ahn Yo Sub setelah sebelumnya berpamitan terlebih dahulu dengan Oh Ri Jin.

Kepribadian berikutnya yang muncul adalah Nana. Oh Ri Jin bertemu Nana yang memberitahu bahwa Nana sebenarnya adalah nama dari boneka, sedangkan nama dirinya adalah Cha Do Hyun (yang merupakan kepribadian dari Oh Ri Jin kecil). Oh Ri Jin mencoba menjelaskan kepada kepribadian tersebut bahwa dirinya sudah merasa bahagia, dan setelah meyakinkan hal tersebut akhirnya kepribadian anak kecil tersebut hilang.

Mr.X adalah yang selanjutnya, tetapi ia muncul sebagai sosok yang penuh pertanyaan dan memberikan kekuasaan bagi Cha Do Hyun untuk menentukan perannya. Cha Do Hyun menyebut kepribadian Mr.X adalah ayah Nana karena kepribadian ini seperti sosok ayah yang bijak dan memberikan pengarahan. Mr.X setuju akan hal tersebut, bahkan ia menjawab bahwa penampilannya adalah refleksi dari harapan seorang anak terhadap sosok ayah. Setelah diyakinkan bahwa Oh Ri Jin akan selalu dalam perlindungan Cha Do Hyun, maka sosok Mr.X itupun menghilang.

Disela penyembuhan Cha Do Hyun, akhirnya mulai diketahui bahwa ayah kandung Cha Do Hyun memiliki andil dalam kecelakaan yang menewaskan ibu kandung Oh Ri Jin. Akhirnya, menggunakan bukti-bukti yang selama ini ia kumpulkan, Cha Do Hyun berhasil mengembalikan posisinya diperusahaan sekaligus permintaan maaf dari neneknya yang akhirnya sadar. 

Oh Ri Jin sendiri justru mendatangi ayah Cha Do Hyun yang dikabarkan telah sadar dari koma selama 22 tahun. Ketika bertemu oleh Oh Ri Jin, ayah Cha Do Hyun sempat mencoba meminta maaf, tetapi Shin Se Gi mendadak muncul (karena sebelumnya Cha Do Hyun terkejut dikabarkan Oh Ri Jin mendatangi ayahnya seorang diri). Shin Se Gi muncul dengan penuh amarah dan dendam, mencoba untuk membunuh ayahnya.

Oh Ri Jin akhirnya berhasil menghentikan, dengan meminta ayah Cha Do Hyun untuk tidak meminta maaf ataupun pengertian mengenai tragedi yang telah mereka alami, karena selama ini Cha Do Hyun telah menggunakan seluruh hidupnya untuk melindungi dan meminta maaf kepada Oh Ri Jin hingga mengidap D.I.D.

Cerita diakhiri dengan perpisahan antara Oh Ri Jin dengan Shin Se Gi, sekaligus antara Shin Se Gi dan Cha Do Hyun di dalam tubuhnya sendiri. Diceritakan bahwa pada bagian ini Shin Se Gi dan Cha Do Hyun membuat kesepakatan dan saling memahami bahwa mereka adalah ‘satu’ dan akan saling membutuhkan satu sama lain. Disini juga menjelaskan bahwa Shin Se Gi akan terus hidup beriringan dengan Cha Do Hyun, hanya saja waktu dan tubuhnya milik Cha Do Hyun.

Perpisahan antara Cha Do Hyun dan Shin Se Gi sekaligus sebagai peleburan antara semua kepribadian di dalam tubuh Cha Do Hyun yang kembali utuh dengan kenangan masa lalu yang selama ini ia lupakan sebagai bentuk pertahanan diri.

FIN

Huaaa panjang yah. Wkwkwk. Besok deh kalo aku sempet aku selipin gambar-gambar biar lebih enak. Sekarang sih, sementara gini dulu aja ya..

Salam, Adlina Haezah
Sinopsis Lengkap Alur 'Kill Me, Heal Me' #edisidibuangsayang Sinopsis Lengkap Alur 'Kill Me, Heal Me' #edisidibuangsayang Reviewed by Adlina Haezah on August 15, 2017 Rating: 5

No comments:

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you

Powered by Blogger.