Story-ku tentang Zionisme dan Kpop ..

Assalammualaikum Wr.Wb
Buat temen-temen yang paling kusayangi, yang mungkin sebagian besar adalah kpopers sama sepertiku .
Di postingan sebelumnya , aku udah bahas artikel mengenai segala macam opiniku tentang zionisme kan ? oke, lebih tepatnya zionisme dan lagu lagu korea..
Aku tau semua itu dari temen PKL-ku, Mytha namanya .. dia yang udah ngasih tau aku berita yang, jujur, bikin aku shock .. tapi juga bikin aku perlahan-lahan mau membuka mata dan hati meski sedikit terpaksa.. Aku gak tau gimana tanggapan orang lain! mungkin masih ada yang gak mau percaya, ada yang percaya, ada yang galau kayak aku.. aku yakin ada banyak perasaan berperang ketika tahu berita ini.
aku sendiri, meskipun ingin nggak percaya, tapi bukti yang ada udah memaksaku untuk percaya. Sekali lagi, terserah pendapat orang lain, tapi aku tetep akan mempercayai apa yang ada, tapi tetap, jalurnya sesuai dengan kesimpulanku ..

well, ini percakapanku dengan mytha via chat facebook 2 hari yang lalu.. ini percakapan pertamaku dengannya ketika pertama kali membahas artikel zionisme dan lagu-lagu kpop.. ( aku copy langsung dari pesan facebook, tapi icon, gambar, dan link-nya aku hapus)

  • Adlina Haezah
    • gyaaaaaaaaaaaaaaa.......
    • aku sebenernya udah tau waktu liat teasernya mereka sama foto2nya .. pose2nya mereka kayak cuma mata satu ...
    • tapi eeeeehhhhhh ??????!!!!!
    • serem kan sahabaaaat.. jujur aku udah curiga sm hal2 kykgtu dr awal. tp aku belum sepenuhnya percaya klo suju, shinee itu penganut zionisme..
      iyaa mata satu itu lambangnya dajjal to­
    • aduuuhh .. gimana iniiiii .. aku udah suka bangeeeeeettt sama mereka .. :'(:'( dan dari semua artis di negara manapun, aku paling nge fans sama merekaa .. huhuuu.. aku mo nangiiiiss
  • Mytha Meila
    • ttep jaga iman sahabaaaat... jgn sampe terpengaruh. yg jelas jgn smpe mrka bikin kita lupa sm ALLAH. dan yg harus kita idolakan tu cum rasulullah­ ­
  • Adlina Haezah
    • menurutmu gimana mit ?? berarti aku gabisa nih suka sama mereka lagi?
  • Mytha Meila
    • aku si masih mau nguranin suka k mrka. ntah berita itu bner ato gak, setidaknya aku pengen menyelamatkan diri dr hal2 yg berbau yahudi.
      bukan gitu. km juga bakal susah klo mau lgsg lupain mrka. pelan2 aja. jgn dlupain tp jg jgn makin parah sukanya.
      yg jelas kita positif thingking aja sahabaat. slow aja, ­ ­
  • Adlina Haezah
    • haha .. iyadeh ... mita tau fremason zionisme bla bla bla drimana?
  • Mytha Meila
    • aku baru tau istilah itu pas baca notes td, tp aku udha curiga dr awal aku suka sm lagu2nya mrka, tp aku ga pngen nanggepin serius.
      aku udah bbrpa kli baca artikel ttg yahudi, pernah baca buku yg ada unsur kykgtunya juga. jd yaa dikit2 ngerti lah
    • dulu ikutan liat videonya ahmad dhani ga sih mit? aku tau darisana ..
      makannya aku takut .. aku selalu nyoba buat waspada.. tapi aku ga sadar klo aku ga waspada sama yg satu ini.. aku bingung mau nanggepin kyak gimana..
      pendapat orang beda2 .. aku coba cari titik yg paling aman. Yang gak bkin aku sedih juga sih.., tp juga ga bkin aku larut ke arah sana
    • iyaaa, akuikut liat yg ahmad dhani itu.
      titik amanya klo buat aku yaa ngurangi takaran suka k mrka, jgn terlalu fanatik kyk sebelumnya. lebih deketin diri sm Allah.. pegangan kita didunia kan yaa Allah, alquran.. ­ ­
  • Adlina Haezah
    • hebat kamu mit :D:D
      enak ya baru suka shinee belakangan ini ..

      aku udah 4 taun .. gimana gak dilema coba?
  • Mytha Meila
    • baru suka tp efeknya juga dahsyat sahabaaatt. km liat geh status2ku itu, galau semua. aku takut campur sedih. tp lebih takut lg klo aku jd korban zo\ionisme itu..
      pelan2 aja sahabaaaat, gak ada yg gak mungkin klo ini demi kebaikan. slow aja­ ­
  • Adlina Haezah
    • holoohh .. kmu yg bru kenal aja kena efeknya dahsyat, apalagi aku ,, hahaha..

      iya aku tau, slow aja .. tapi masih gak rela . sumpah ! beberapa taun ini temen2ku, komunitasku, hobbiku, susah banget tauk ngelepasin mereka.

      aku harus coba darimana ? apakah tetap jadi penggemar aja gakboleh ? aku mau coba ngurangin fanatik aja, tp tetep jadi penggemar mereka.. takarannya bakal aku bkin sama kyak klo kmu suka sama cowok. segitu .. gak berlebihan kan?
      soalnya klo bner2 ngelepas itu aku gak yakin .. kcuali klo aku suka sma justin yg cma sekilas doang sukanya.. itu gampang lupainnya :):) kesukaan seseorang itukan beda2. menurutku semua bisa seimbang asalkan agama kita juga bener ..
  • Mytha Meila
    • aku juga bingung sahabaaat..
      emg ga gampang klo udah kyk km , bukan berati ga bisa kaaan?
      km emg belum bisa ngelepas mrka krna km baru tau kabar ini baru td sore. km butuh waktu.
      pke caramu td, takarannya kyk km suka sm cwo. jd penggemar itu boleh, tp yg penting ga bikin kita lupa diri sahabaaat.. menurutku sih intinya gtu.
      seimbang, iyaa boleh juga gitu.. yg penting agama ttp no1 dan ga bole digantiin posisinya sm idola
    • iya iya iyadeh... aku coba .. bismillah ..
      ingetin aku terus ya sahabat .. makasih :'(:'(
  • Mytha Meila
    • iyaaa, saling mengingatkan yaaah. aku jg sm kyk km, baru mau mulai. yg paling penting itu NIAT kita sahabat. niatnya baik insyaALLAH hasilnya juga baik, wlopun itu ga gampang. semangat!­ ­
    • fighting ! tp jangan larang aku buat tetep suka sama mereka yaa.. aku janji deh aku ga bakal lupa sama yang seharusnya gak boleh dilupain ..
  • Mytha Meila
    • aku ga ngelarang. aku tau posisi km skrg gmna. ga gampang utk ini semua.
      janjinya sm diri sendiri lhoo yaaa, jgn sm aku. ­

       
      Itu percakapanku dengan mita yang masih berakhir menggantung dengan banyak kebingungan .. Kebingungan antara apakah aku masih bisa menyukai mereka , atau tidak ? Aku takuuut sekali kalau kenyataan ini bikin aku gak boleh lagi suka sama idola2 yang baru sekali ini aku jadi fans mereka .. *atau apakah aku yang jadi fans inilah yang artinya kalah dari propaganda?*

      Ternyata susah mencari kesimpulan yang benar-benar, benar.. akhirnya, hari berikutnya, mita nge chat aku lagi untuk ngasih bukti-bukti yang makin bakin aku bingung, tapi akhirnya berani ngambil keputusan berkaitan dengan apa yang akan aku lakukan setelah itu.. tentang apa yang harus aku lakukan untuk menanggapi ini semua..

    • sahabaaaaaatt aku takut­
    • mita masih bingung ya .
    • bangeeett. hari ini aku nyari bukti2 yg bkin aku penasaran itu.­ ­
    • emang yg bikin kmu penasaran apa ? dah dapet ?
  • Mytha Meila
    • yaaah kebenaran ttg mrka itu.
      dapet, dan klo km baca aku takutnya km makin down. aku baca artikelnya banyak banget soalnya td­ ­
  • Adlina Haezah
    • mana sini ..?
  • Mytha Meila
    • yakin km?
    • iya, mana ? aku mau bikin kesimpulanny
    • kok halaman tidak di temukan ?
    • km copy alamatnya. klo di klik kanan open link new tab itu ga bisa­ ­
    • gmn?­ ­
    • sahabaaaaatt maafin aku­ ­
    • aku gak bermaksud buat km down.. ­ ­
    • linna?­ ­
    • kok gak jawab e?­ ­
    • enggak enggak , mit ... aku tadi lgi baca soalnya ..
    • trus tanggepan km gmna?­
    • kamu bantuin aku satu lagi, baru aku bisa bikin kesimpulan ..?
  • Mytha Meila
    • apa?­ ­
    • ralat.. beberapa yg hrus dicari ..

      gini, konspirasi yang kita dapet itu kan hampir semua berhubungan sama video klip? nah, aku gatau gimana cara nyarinya .. intinya gimana sistem kerjanya zionisme itu ngaruhin orang lewat video klip?
  • Mytha Meila
    • setau aku cara kerja mrka itu tertata bgt, sangat rapi. bahkan ada organisasi internasionalnya, tp itu tu cuma penganut ato pengurus2 nya yg ngerti gmna2nya. dan klo org yg nggak ngerti & gak paham ttg yahudi, seluk beluknya yahudi zionisme dll itu yaaah gak bakal ngerti &nggak sadar klo sedikit demi sedikit ajaran2, kebiasaan, ato lambang zionisme itu disebar dan ikut jd kebiasaan di masyarakat..
      dari menyebarkan lambang2, ajaran ke masyakrakat yg "bodoh", nggak ngerti agama, nggak kuat agamanya lama2 itu bkal jd kebiasaan di masyarakat yg di anggep trend ato panutan.
      naaah, klo para yahudi itu mau menyebarkan ajarannya gampang aja, byk cara. misalnya kyk nyelipin lambang2 mrka ke MV artis2 yg byk di idolain skrg ini. bisa kaan dg cara kyk gtu?
      itu cuma setau aku sahabaaatt. besok aku tanyain k org yg lebih paham soal kykgni. aku masih takut salah ngomong
    • iya aku tau kalo masalah yg nyelipin lambang itu secara pelan2 dan bahkan hampir gak ketahuan kecuali klo kita emang tau ..
      tapi pasti ada caranya, gimana dari video itu kemudian masuk ke otak? kebiasaan apa yang kemudian kita dapat setelah "tidak sengaja" tau lambang2 itu .. bahkan mungkin gak tau ad lambang2 semacam itu.. trus klo kita gatau ? gimana cara provokasinya ?
      sama kyak kalo mereka ngelakuin provokasinya lwat lirik dan kita gatau bahasanya, trus cara mreka ngelakuin misinya gimana dong sdgkan bahasanya pun kta gak paham sedikitpun, bisa pun enggak.?
      atau lewat musik? lewat nada? lalu nada yg kayak gimana yg harus kita hindari yg mngandung unsur zionisme nya ?

      klo bntuk2 catur itu mngkin aku bisa mikir lebih logis, soalnya dri gambar2 catur itu kta trbawa kebiasaan pake hiasan catur . itu aku masih bisa menghindar, soalnya ketara banget..
      aku btuh penjelasan buat itu semua biar bisa ngambil langkah yg bner2 bisa tetep bikin aku berdiri .
  • Mytha Meila
    • fyuhhh... klo utk soal ini aku masih bingung sahaabat. aku masih belum berilmu itnggi buat jawab pertanyaan macam itu.. gmna klo besok aku tanyain k murobi ato ustadz dulu.. ntar klo udah dapet jawabannya aku share k km..­
  • Adlina Haezah
    • okedeh .. dicatet ya mit .
      emm.. sebenernya aku prnah liat yg bagian gimana cara lewat video bla bla di videonya dhani, tp aku cari kok gak ketemu ya ..
  • Adlina Haezah
    • aku pikir di korea yg bener2 terhitung parah beritanya mengenai zionisme ini semua boyband di bawah SM Entertainment. Sebenernya sejak dulu aku curiga sama agensi ini, bukan sama anggotanya. Terutama sama pemilik agensinya, lee soo man yg entah kenapa semua artis yg dia tangani selalu melejit sampai internasional. Selalu, gak prnah ada yg ga terkenal gara2 dia.

      Cuma dia sering ngelakuin beberapa kecurangan2 yg bkin setiap artisnya 5 tahun sekali dapet masalah, yaitu keluarnya anggota2 artis disana.
      sedangkan pembuatan video klip disana, sebagian besar jarang dpt campur tangan langsung dari artis nya itu sendiri. kelihatannya semua murni campur tangan orang2 tertentu di agensi itu. Menurutku gitu ..

      jadi, kemungkinan , ini baru kemungkinan .. mungkin artis2 yang diasuh agensi ini sebagian besar jadi bonekanya sana ?
      bayangin aja, dalam satu konser besar.. suju yg beranggotakan 13 orang cuma dpt sekitar 20-40% hasil konsernya.. yg 60% keatas di ambil agensi .. Dan uang yg mereka dpt itu hrus dibagi 13 orang ..
      bahkan waktu training sbelum debut, mereka hrus sering dapet ujian fisik kayak lari beberapa belas km yg mskipun salah satu anggotanya sampe pingsanpun ttep disuruh lari ..
      oke, keluaran dari SM emg nantinya melejit .. tapi cara kerja agensi ini ke artisnya yg menurutku kurang wajar ..

      klo grup boyband lain , selain dari SM.. mungkin emg artisnya ga sbnyak SM, dan gak seterkenal artis SM .. tapi mreka gak nerapin sistem fisik kyak gitu ..
      itu fakta yg dlu prnah aku dapetin ttg SM entertaiment yg 5 tahun sekali selalu dpt masalah dgn artisnya ,,
      awalnya aku cuma gasuka sama sistemnya , keras tp emg bikin terkenal. tp skrg kyaknya aku ckup prcaya klo agensi ini emg rada gaberes..

      mungkin aku tau klo artis2 disana cma sbg boneka.. tp aku hampir bisa nangkep apa maksudnya . Entah kenapa , sejak dulu aku gak bisa nyalahin artisnya, rasanya gak tega soalnya disana mereka udah sering dpt perlakuan keras. Tapi aku emg selalu curiga sama agensi ini.. sama org2 yg brsembunyi dibalik pembuatan tetek bengek video disana ..

      aku gatau kenapa aku ngomongin ini .. aku cuma mau cerita aja ..
    • nah, itu lah sahabaat salah satu bukti nya. km sendiri udah bisa dapet bukti yg mencurigakan itu.
      menurutku juga emg agensinya yg emg bner gak beres. klo artis2nya cma sbg alat aja. lagian, sypa sih anak muda skrg yg nggak mau jd artis?? gak jauh beda kan sm remaja2 korea? sypa coba yg nggak mau jd artis terkenal?
  • Adlina Haezah
    • oiya , aku juga heran sama ini nih : ada satu grup dari SM entertaiment juga namanya DBSK ! taukan? grup ini, setelah 5 tahun , kaya yg aku bilang tadi mereka ada masalah sama agensi, dan akhirnya pecah. Aku cuma heran aja, sisanya di grup tersebut itu mereka cuma pinter dance doang .. yg satunya emg bisa nyanyi , tp sebatas itu. Cuma, anggota lainnya yang 3 , yg keluar itu yg terus bikin grup baru namanya JYJ, yg mereka itu justru main dancer, main vokal, bahkan rappernya juga disitu ..
      aku heran aja , kenapa tetep terkenalan dbsk dripada jyj? padahal idola byak orang ktika mreka ada dalam satu grup itu adalah org2 di JYJ..

      dan skrg aku tau knapa ttep dbsk yang terkenal? jelas aja, karena mereka masih di bawah asuhan agensi SM Entertaiment. Jadi intinya, kenapa berita yg kita dpt kebanyakan ngomongin artis SM, knapa suju, shinee, boa, f(x), snsd ? yaaa.. kupikir .. krna agensi nya yg emg ga beres.. itu menurut pandanganku sih ..
      makannya, aku kasian sama anak2 suju, shinee, snsd.. mungkin mreka ga begitu tau .. tp ya itu .. namanya juga perkembangan zaman.

      Dunia hiburan manapun dan apapun sebentar lagi juga gak akan jauh2 dari hal2 seperti itu, zionisme. Cuma bagaimana kita pintar memilih dan menghadapi itu semua. Karena aku yakin, kita gak bisa menghindar dari tantangan zaman yang unsurnya udah bnyak tercemar. Bahkan itu gak cuma di korea.. amerika pasti lebih parah.. jepang, indonesia juga ..
  • Mytha Meila
    • iyaaa sahabaaat, aku khawatir bgt soal itu. aku takut makin byk yg nggak punya pengetahuan ttg zionisme kemudian dy terpengaruh.
      yg aku rasain skrg ini bingung, takut, khawatir, galau. aku pngen aman dr ini semua, tp aku juga ngga mau cuma aku yg aman. se'enggaknya ada org lain yg ikut aman dr masalah ini.
    • bikin catatan aja sahabat , trus di sebar luaskan .. pengetahuan tentang zionisme itu panjaaang banget dan gak akan selesai sekali nafas, tp bertahap ..
      nah, sahabat.. sekarang kamu masih bingung apa ?
      aku juga bingung . tapi aku mau ngelakuin apa yg masih bisa aku lakuin, walaupun cuma tinggal sisa2nya ..
    • aku masih bingung buat jawab pertanyaanmu td. sekalian besok aku tanyain ke org yg lebih paham biar dapet solusi yg lebih jelas dan tegas.

      ngelakuin apa maksudmu sahabat? sisa2 apa?­ ­
  • Adlina Haezah
    • nulis blog bisa . ngobrol sama tmen2 kpopers juga bisa. kalopun aku harus ngepak video2 yg ada unsur "itu"nya, setidaknya aku gak harus buang temen2ku yg dlu prnah sama2 jdi kpopers kan ..
      aku jga msih bisa liat video2 yg gak kena gosipnya, dengan catatan : itu pun aku tetep harus hati2 n waspada bwt ttep merhatiin detail2nya ..

      sahabat, artian fanatik yg lebih mendalam itu apasih
    • oiya satu lagi .. aku tetep mau ikut kelas bahasa korea .. kalo bahasa sama zionisme bisa dibedakan kan..? menurutku bisa. walaupun ada beberapa yg hrus kuusahakan untuk aku hindarkan, tp kupikir bahasa masih dalam tahap yang boleh untuk di pelajari .. takarannya sama kyak kalo kita belajar bahasa inggris menurutku .
    • yaaah klo ngobrol sm tmen kpopers sih nggak masalah sahabaatt. tah cuma ngobrol kan..
      iyaaa yg penting itu kita harus KRITIS utk suka sm sesuatu. perhatiin bner2 apa yg kita suka.
      klo masalah km bljr bhsa korea, sekali lagi, itu gak masalah. beda sm zionisme. tp yg jelas, km harus ttp KRITIS ut menilai sgla sesuatu.
    • yupp .. setelah tau berita ini, untuk suka dgn sesuatu aku pikir aku ttep harus liat unsur2nya dulu ..
      bedanya sama yg dlu , sebelum aku tau. dulu sih aku ga curiga, sedikitpun, setetespun sama apa yg aku sukai . Itu krna aku ga prnah kepikiran , unsurnya bisa merambat ke sesuatu yg kuanggap mungkin gak kena. Tapi karena kenyataannya emg udah ada yg kena, mau gimana lagi .. aku bener2 hrus lebih waspada kan ?


      mungkin gak lama lagi, semua aspek hiburan juga kena dampaknya. mungkin gak cuma video klip, gak cuma hiburan entertaiment.. karena itulah misi kaum2 yahudi memprovokasi kita . Mungkin hiburan kayak buku, game , film, atau yang lainnya juga lambat laun kena. Sedangkan kita juga gak mungkin bener2 menghindar sama sesuatu yg bernama "hiburan". Karena itu aspek yg bikin kita kadang2 bisa tetep bersemangat dan lupa sama banyak sekali masalah ..


      yah, kalo aku sih juga gak mungkin bisa lepas dari banyak hiburan. apapun yang bikin aku seneng, itulah hiburan. Bahkan facebook pun hiburan yang mungkin juga ada kaitannya lho ..


      dan hiburan itu pilihan. Kayak kita mau milih, film, buku, internet, game, blog, sosial network, video, musik, sinetron, komedi, dll ? nah . kalo pilihanku sih jatuh ke film, buku, dan lagu korea .. jadi mungkin aku tetep di putaran itu, sebagai media hiburanku, terserah yg lain mau milih yang mana. Cuma intinya, apapun yg jadi hiburanku saat ini, aku tetep harus KRITIS kayak yang kamu bilang tadi, mit .. gitu aja sih ! intinya, tetep di jalan agama . Tapi jangan terlalu berpaling dari dunia juga kan? namanya juga udah tua, zaman banyak yang berubah . :D:D


      (haduh, aku kalo ngomong kenapa mesti panjang seeh?)
    • gpp sahabat, aku suka suka aja kok bacanya.
      itu berarti km punya resspond yg bagus utk hal ini.
      bner bgt kyk yg km bilang td. emg byk skrg yg udah di masukin unsur2 semacam itu. yg aku tau, games tu banyak bgt unsur2nya. bahkan ada games yg khusus menghina islam. aku jijik bgt sm yg buat games itu. emosi aku.

      yaah intinya tu ttep berpegang sm ajaran agama kita. itu yg nggak mungkin kita lepasin dan jgn sampe lepas. klo kita lepas dr agama mau jd apa kita? emg idup ini kita sm sypa? nggak pantes kan songong idup didunia ini.

      yaaaaah itu sih pendapat aku. aku pngen apa g aku omongin k km nggak sekedar teori pemikiranku doang tp juga di praktekin bner2.
  • Adlina Haezah
    • amin :D:D berarti udah ketemu kan kesimpulannya ??
      nah, sekarang tinggal nyari aja jawaban dari pertanyaanku tadi yang tentang proses kerja provokasi mereka ke otak manusia ?
      apakah dari ketidaksadaran seseorang bisa tetep terprovokasi? atau mereka cuma bisa di provokasi kalo udah liat hasil terang2annya? apakah kalo kita udah ngomong "suka" sama sesuatu yg dimasukin unsur itu artinya udah kena propagandanya? atau tahapnya sampe kita ngikutin ajaran mereka baru bisa dibilang udah "kena"?
      gitu aja sih .. :D:D
  • Mytha Meila
    • banyak jugaaaaaa.. oke deh besok klo ktmu murobi ato ustadz ku aku mau tanyain langsung
    • masih ditambah sama pertanyaan di atasnya td juga lho ..
  • Mytha Meila
    • lhaaahh yg di atas itu intinya mah sm aja kyk pertanyaanmu yg barusan
  • Adlina Haezah
    • oh gitu ya .. yaudah diambil intinya aja .. haha
    • okkeeeeyy.. aku off dlu yaa, mau ngerjain PR
  • Adlina Haezah
    • sipp ..

Nah, sahabat-sahabatku ... itu kesimpulanku dan keputusanku .. intinya sih, aku tetep suka kok sama lagu-lagu kpop . Soalnya lagu-lagu itu, ketika lagunya sedih, aku ikut sedih.. ketika lagunya seneng, aku ikut happy .. Sama kayak lagu barat mungkin, tapi sejak dulu.. lagu korea adalah koleksiku, dan aku memutuskan kalo aku gak akan ngelepasin apa yang jadi favoritku.

Tapi dengan catatan, seperti yang udah aku katakan di atas.. bahwa apapun yang aku sukai, aku tetep harus ingat, bahwa nggak semuanya baik untukku. Dan apabila itu nggak baik untukku, aku harus mencoba ikhlas melepaskannya. Satu lagi, aku harus lebih KRITIS, dan jangan karena berita kayak gitu, aku terus nggak berani melangkah untuk menyukai sesuatu kan?

Well, hidup itu pilihan kawan . Nggak semua baik, tapi juga nggak semua buruk . Tinggal pintar-pintarnya kita memilih, karena jalan itu nggak semuanya mulus dan lurus. Ada belokan, dan ada kerikil di jalan yang kita tempuh. Apakah nantinya kita akan belok di tikungan yang tepat, dan apakah kita bisa melewati kerikil-kerikil itu dengan selamat tanpa mendapatkan kecelakaan ..

Segini aja curhat-ku untuk hari ini, terimakasih kawan . Wassalammualaikum Wr.Wb .. :D

Comments

  1. wow, kecil kecil tapi udah lebih kritis dari aku :D
    untung aja aku bukan kpopers tapi aku sedikit khawatir dgn yahudi menyebarkan ajarannya melalui game soalnya aku maniak game...

    ReplyDelete
  2. haha .. gak juga kook ..
    mungkin kalo bukan karena ada berita miring yang nyangkut-nyangkutin sama hobbi2ku aku gak bakal se kritis ini.. soalnya aku mikir dalem banget buat ngadepin ini semua .. haha

    yaah .. kalo game sih, intinya kritis aja sama gambar2 dan alur2 yang disediain sama game itu sendiri :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you