Super Junior



Super Junior, biasanya disingkat menjadi SJ atau SUJU, adalah sebuah boy band dari Seoul, Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2005. Suju beranggotakan 13 members, mereka boy band dengan anggota terbanyak di dunia. Member SUJU diantaranya Leeteuk (Leader), Heechul, Han geng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Shiwon, Ryeowook, Kibum, dan yang terakhir masuk adalah KyuHyun. Salah seorang dari mereka yang berkewarganegaraan China, HangGeng, atau HanKyung juga mengikuti audisi di Beijing China pada tahun 2001.



Pre-Debut

Tahun 2001, SM Entertainment mengadakan casting auditions dan merekrut HanGeng di Beijing. HanGeng adalah satu yang terpilih dari 3000 pendaftar. Di tahun yang sama, Yesung direkrut di Seoul, Sungmin dan DongHae direkrut setelah penampilan mereka di sebuah SM-sponsored contest. Setahun kemudian, Heechul dan KangIn direkrut bersama KiBum. KiBum sendiri direkrut di Los Angeles. ShiWon mengikuti casting tahun 2003 dan Ryeowook di tahun 2004 saat mereka mengikuti Chinchin Youth Festoval singing competition. Tahun 2005 ShinDongpun menyusul.

Tidak lama setelah debut boyband DBSK tahun 2003, rencana SM untuk membuat boyband baru sudah tersebar di internet. Awal tahun 2005, SM mengkonformasi berita tersebut dan mengumumkan bahwa boyband baru yang beranggotakan 12 orang akan memulai debutnya di akhir tahun 2005.

.


2005-2006 : The Super Junior Project

Super Junior yang pertama kali dibentuk bernama SUJU 05 ini melakukan debut pertama kali mereka di SBS Music Program Popular Songs pada 6 November 2005 dan menampilkan single pertama mereka yang berjudul TWINS (Knock Out) yang pertama kali dirilis pada 5 Desember 2005. Album mereka terjual sebanyak 28.536 kopi di bulan pertama rilis dan menempati tempat ketiga pada monthly chart bulan Desember 2005.
Setelah promosi TWINS (Knock Out) selesai, Super Junior 05 mempromosikan single kedua mereka yang berjudul "MIRACLE" pada bulan Februari 2006. Single kedua mereka ini meraih peringkat pertama di online music chart dan di music chart Thailand. Setelah promosi Miracle ini selesai, SM merekrut satu orang lagi dan Super Junior 05 merubah namanya menjadi Super Junior yang beranggotakan 13 orang.

2006-2007 : Brakthrough Success
Tanggal 23 Mei 2006, SM Entertainment merekrut member ketigabelas yaitu KyuHyun yang ditemukan saat kompetisi menyanyi tahun 2005. Suju merilis single "U" online for free download pada 25 Mei 2006 di official website mereka. "U" telah didownload 400ribu orang dalam 5 jam. Single U ini sendiri berisi 3 track dan dirilis pada 6 Juni 2006 dan telah terjual sebanyak 81ribu unit. Saat u ini meledak, sebuah official fansclub terbentuk, E.L.F, sebuah singkatan dari Ever-lasting Friends untuk Super Junior.
Setelah Dancing Out, Super Junior juga meraih penghargaan sebagai Best New Group dan popularity awards.
Ditengah kesibukan para anggota sendiri, Super Junior promotional menjadi tidak aktif, kecuali Super Junior K.R.Y, sub-group pertama dari Super Junior. Grup ini beranggotakan 3 personil dari Super Junior, Ryeowook, KyuHyun, dan Yesung (Leader). Grup yang memulai debutnya pada 5 November 2006 ini menampilkan "The One I Love" yang menjadi theme song untuk tvN television drama Hyena.
Sub-hrup kedua yang dibentuk Februari 2007 bernama Super Junior-T dan merilis single mereka yang berjudul "Rokkuko" pada 23 Februari 2007 dan memulai debut mereka dua hari kemudian. Dan pada bulan Maret, Yesung, KangIn, Sungmin, Donghae, Ryeowook, dan KyuHyun berpartisipasi di sebuah OST untuk pertama kalinya, menyanyikan opening dan ending theme "Success" dan "H.I.T" untuk Korean Miniseries, H.I.T.

2007-2008 : Setbacks

Selama KyuHyun harus beristirahat karena kecelakaan mobil pada 19 April, hanya 12 anggota Super Junior yang ikut rekaman di album mereka Happiness (Haengbok), single mereka selanjutnya. Dirilis pertengahan Juli 2007, summer single ini terjual dengan cepat dan dn menempati tempat teratas chart musik Korea dan Thailand.
Super Junior's second official album dirilis di akhir 2006, namu karena Heechul masih terluka karena car accident 10 Agustus 2006, dan 19 April, maka Don't Don terlambat dirilis sampai tanggal 20 September 2007. Dalam 3 hari rilis, offline album sudah terjual 11ribu unit dan menempati tempat teratas pada available offline charts. Penghitungan 3 bulan kemudian, Don't Don sendiri terjual sebanyak 164.058 kopi dan membuat Super Junior meraih best selling album 2007. Selama tahun 2007 itu juga Super Junior meraih banyak sekali penghargaan.

2008-present : Beyond Korea
Pada 2 Oktober 2007, SM Entertainment mengumumkan sub-grup baru Super Junior, yaitu Super Junior-M, sebuah sub-grup untuk menembus pasar hiburan China. Tapi pengumuman ini menuai banyak kontroversi karena para fans tidak setuju dengan beberapa member tambahan di sub-grup ini. Tapi akhirnya, Super junior-M dapat meraih sukses di China, Taiwan, dan Hongkong. Setelah Super Junior-M, sub-grup keempat terbentuk dan beranggotakan kelima anggota Super Junior-T ditambah Yesung. Super Junior-Happy ini merilis album pertama mereka pada 5 Juni 2008 yang berjudul Cooking? Cooking!. Pada November 2008, Super Junior-T kembali sebagai grup penyanyi Jepang (Super Junior-TxMoeyan) yang ditambah 2 komedian terkenal Jepang.
Super Junior melakukan tour pertama mereka, Super Show pada 22 Februari 2008 di Seoul. Tour ini diadakan pada 3 negara dengan 6 kota yang berbeda termasuk Bangkok, Shanghai, dan Beijing. Pada 2 Agustus 2008, Super Junior mengunjungi Genting Malaysia untuk menghadiri MTV Asian Awards 2008.
Album ketiga Super junior, SORRY SORRY dirilis pada 12 maret 2009. Kurang dari satu minggu setelah diumumkannya perilisan, album ini terjual lebih dari 150.000 kopi. Sorry Sorry merupakan album debut pertama yang bisa menduduki peringkat teratas Hanteo Charts dan terjual 29.000 kopi pada hari pertama perilisan dan mengalahkan album Seo Taiji yang terjual 25.000. Promosi untuk album ketiga ini sendiri dimulai pada 13 Maret dengan penampilan live SORRY SORRY dan WHY I LIKE YOU di Music Bank. Dua minggu kemudian, SORRY SORRY menjadi lagu nomor satu pada song of the week di Music Bank. Dari maret sampai Mei, SORRY SORRY sudah membuat Super Junior meraih 10 penghargaan sebagai peringkat teratas.

Kritik untuk Super Junior :
Awal-awal mereka tampil LIVE, mereka banyak menuai kritik karena mereka sering lip-synching. Tapi sejak album kedua mereka, Super Junior sudah jarang melakukan lip-synching. Tapi memang, jika mereka tidak lip-synching suara mereka hancur, kecuali beberapa orang seperti Ryeowook, Yesung, dan Sungmin.

SUPER JUNIOR's MEMBERS:

LeeTeuk, HeeChul, HanGeng, YeSung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Shiwon, Ryeowook, Kibum, KyuHyun

Member Profiles:

Leeteuk/Eeteuk



  

Birth Name: Park Jung-soo (박정수/朴正秀))
Born: 6/1/1983 (age 25)
Birthplace: Seoul, South Korea
Height: 178cm
Weight: 59kg
Sign: Cancer
Genre(s): Pop, dance, R&B, trot
Occupation(s): Singer, dancer, actor, television host, radio host, MC
Instrument(s): Beatboxing, piano, guitar
Voice type: Tenor
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-T, Super Junior-Happy

Heechul (희철/希澈)


Birth Name: Kim Heechul (김희철/金 希 澈)
Nickname(s): Cinderella
Born: 7/10/1983 (age 25)
Birthplace: Gangwon-do, South Korea
Height: 179 cm
Weight: 60 kg
Sign: Cancer
Blood Type: AB
Genre(s): Pop, dance, R&B, trot
Occupation(s): Singer, dancer, actor, television host, radio host, MC, model
Instrument(s): Singing, rapping, piano, Drums
Voice type: Tenor
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-T

Hangeng/Hankyung (韓庚/한경)


 

Nickname: Beijing Fried Rice
Born: 2/9/1984 (age 25)
Birthplace: Mudanjiang, Heilongjiang, China
Height: 181cm
Weight: 66kg
Sign: Aquarius
Blood Type: B
Occupation(s): Singer, dancer, actor, model
Genre(s): Pop, dance, R&B
Instrument(s): Singing, piano
Voice type: Tenor
Label: SM Entertainment
Years active: 2005–present
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-M

Yesung (예성/藝聲)

  

Birth Name: Kim Jongwoon (김종운/金鐘雲)
Nickname(s): Cloud (구룸), Dog (from the Zodiac), Rabid Dog (광견; Heechul's nickname for Yesung)
Born: 08/24/1984 (age 24)
Birthplace: Cheonan, South Korea
Height: 178 cm
Weight: 64 kg
Blood Type: AB
Genre(s): Pop, dance, R&B
Occupation(s): Singer, dancer, actor
Instrument(s): Singing, piano
Voice type: Baritone
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-K.R.Y, Super Junior-Happy

Kangin (강인/强仁)



  

Birth Name: Kim Youngwoon
Nickname(s): Kang Kings (강깅쓰), Kkang (깡), Neoguri (너구리 "Racoon", named by Anya from "Full House"), Ox (Zodiac), Youngchoon (영춘 - Heechul's nickname for him)
Born: 1/17/1985 (age 24)
Birthplace: Seoul, South Korea
Height: 180cm
Weight: 70kg
Sign: Capricorn
Genre(s): Pop, dance, R&B, trot
Occupation(s): Singer, dancer, actor, television host, MC, radio host
Instrument(s): Singing, piano, guitar, bass guitar
Voice type: Baritone
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-T, Super Junior-Happy

Shindong (신동/申東 or 神童)


  

Birth Name: Shin Dong-hee (신동희/申東熙)
Nickname: Dongri Dong Dong
Born: 09/28/1985 (age 23)
Birthplace: Gyeongsangbuk-do, South Korea
Height: 178cm
Weight: 90kg
Blood Type: O
Sign: Libra
Genre(s): Pop, dance, R&B, trot
Occupation(s): Singer, dancer, actor, radio host, MC
Instrument(s): Singing, rapping, beatboxing, piano, guitar
Voice type: Bass
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-T, Super Junior-Happy

Sungmin (성민/成民)

  

Birth Name: Lee Sung-min (이성민/李晟敏)
Nickname: Sweet Pumpkin 
Born: 1/1/1986 (age 23)
Birthplace: Ilsan, South Korea
Height: 175 cm
Weight: 57 kg
Sign: Capricorn
Genre(s): Pop, dance, R&B, trot
Occupation(s): Singer, dancer, actor, radio host
Instrument(s): piano, guitar, bass guitar, drums
Voice type: Tenor
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-T, Super Junior-Happy

Eunhyuk (은혁/銀赫)


  

Birth Name: Lee Hyukjae (이혁재/李赫宰)
Nickname(s): Jewel Guy (보석미남), Monkey (from Zodiac)
Born: 4/4/1986 (age 23)
Birthplace: Goyang, Gyeonggi, South Korea
Height: 177 cm
Weight: 58 kg
Sign: Aries
Blood Type: O
Genre(s): Pop, dance-pop, R&B, trot
Occupation(s): Singer, dancer, actor, MC, DJ
Instrument(s): Singing, rapping, piano
Voice type: Tenor
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-T, Super Junior-Happy

Donghae (동해/東海)

  

Birth Name: Lee Donghae (이동해/李東海)
Nickname: Fishy, Donghae Bada (동해바다, East Sea), Pinocchio (Heechul's nickname for him), Dorobbong, Tiger (from the Zodiac)
Born: 10/15/1986 (age 22)
Birthplace: Mokpo, Jeollanam-do, South Korea
Genre(s): Pop, dance, R&B
Occupation(s): Singer, dancer, actor
Instrument(s): Singing, rapping, piano, guitar
Voice type: Tenor
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-M

Siwon (시원/始源)
 

Birth Name: Choi Siwon (최시원/崔始源) 
Also known as: Cui Shiyuan (崔始源)
Nickname: Simba
Born: 2/10/1987 (age 22)
Birthplace: Seoul, South Korea
Height: 183cm
Weight: 67 kg
Sign: Aquarius
Blood Type: B
Genre(s): Pop, dance, R&B
Occupation(s): Singer, dancer, actor, model
Instrument(s): Singing, drums, piano
Voice type: Baritone
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-M

Ryeowook (려욱/麗旭)
 

Birth Name: Kim Ryeowook (김려욱/金麗旭)
Also known as: Lixu (厲旭/厉旭)
Nickname: Eternal Magnae
Born: 6/21/1987 (age 21)
Birthplace: Incheon, South Korea
Genre(s): Pop, dance-pop, R&B
Occupation(s): Singer-songwriter, dancer, actor
Instrument(s): Singing, piano
Voice type: Tenor
Years active: 2005–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-K.R.Y, Super Junior-M

Kibum (기범/基范)



  

Birth Name: Kim Kibum (김기범/金基范)
Nickname: Snow White
Born: 08/21/1987 (age 21)
Birthplace: Seoul, South Korea
Height: 179cm
Weight: 58kg
Sign: Leo
Blood Type: A
Genre(s): Pop, dance-pop, R&B
Occupation(s): Singer, dancer, actor, model
Instrument(s): Singing, rapping, piano
Voice type: Bass
Years active: 2004–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior

Kyuhyun (규현/奎賢)
 

Birth Name: Cho Kyuhyun (조규현/趙奎賢)
Also known as: Guixian (圭賢/圭贤)
Born: 02/03/1988 (age 21)
Birthplace: Seoul, South Korea
Genre(s): Pop, dance, R&B
Occupation(s): Singer, dancer
Instrument(s): Singing, piano, clarinet
Voice type: Bass
Years active: 2006–present
Label: SM Entertainment
Associated acts: SM Town, Super Junior, Super Junior-K.R.Y, Super Junior-M

*Note: If you have trouble telling the difference between the first 13 members this might come in handy.

Zhou Mi (周覓/周觅) 

  

Other name(s): 觅觅 (MiMi), 주멱 (Ju Myuk/Jou Myuk)
Born: 4/19/1986 (age 23)
Birthplace: Wuhan City, Hubei province, China
Occupation(s): Singer, MC, model, songwriter, dancer
Genre: Mandopop
Instrument(s): Singing, rapping
Voice type: Tenor
Label: SM Entertainment
Years active: 2008–present
Associated acts: SM Town, Super Junior-M

Henry Lau

  

Birth name: Henry Lau
Chinese name: Liu Xianhua (劉憲華/刘宪华)
Ancestry: Hong Kong, Taiwan
Origin: People's Republic of China
Born: 10/11/1989 (age 19)
Birthplace: Toronto, Canada
Occupation(s): Singer, dancer, violinist
Genre: Mandopop
Instrument(s): Singing, rapping, piano, violin
Voice type: Tenor
Label: SM Entertainment
Years active: 2008–present
Associated acts: SM Town, Super Junior-M


Albums:
2005 : Super junior 05 [TWINS]
2007 : Don't Don
2009 : SORRY SORRY

Singles:
2006 : U
2008 : U/TWINS (Special Japan Release)
2008 : Marry U (Special Japan Release)

Extended Plays:
2007 : U (Taiwan Release)

Tours:
2007 : 2007 SMTOWN Summer Concert
2008 : Super Show Tour - Super Junior The 1st Asia tour
2008 : SMTOWN Live '08
2009 : Asia Tour Super Show II


 
Subgroups
Super Junior K.R.Y.


Super Junior – K.R.Y. adalah trio yang terdiri dari member Super Junior, yaitu, Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung. Mereka berpartisipasi dalam OST Hyena dengan total 3 buah lagu, dan salah satunya termasuk dalam lagu utama.

Trio ini adalah merupakan salah satu strategi SM Entertainment untuk tidak membatasi kegiatan Super Junior; tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa Super Junior bisa menyanyikan berbagai macam genre musik.
 

Super Junior T




Pada awal 2007, subgroup lainnya dibentuk. Super Junior T terdiri atas Eeteuk, Heechul, Kangin, Shindong,Sungmin, dan Eunhyuk. Huruf T pada Super Junior T berarti trot. Tujuan Super Junior T adalah untuk membuka mata para anak muda Korea dengan menyanyikan lagu trot yang telah disesuaikan dengan genre anak muda saat ini dan juga untuk membuka mata publik bahwa mereka bukan hanya group pop untuk anak muda.

Mereka merilis single pertama mereka, Rokkugeo, yang berarti “backwards”, di radio-radio pada tanggal 27 February 2007. Single tersebut kemudian sukses. Super Junior T melakukan penampilan pertama mereka di SBS inkigayo dengan penyanyi trot Bang Shil Yi dan menyanyikan lagu hitnya Chut Cha
 

Super Junior-M



Atau sering disebut SJ-M. Merupakan subunit ketiga di dalam industri musik Cina yang memiliki anggota dari Korea dan Cinaa dari Super Junior. Mereka merupakan grup musik internasional pertam. Mereka juga merupakan grup pertama yang diproduksi oleh organisasi Korea CT (Korea Culture Technology) dan dibentuk dengan strategi pemasaran yang komprehensif. Super Junior-M terdiri dari Hangeng, Donghae, Shiwon, Ryeowook, Kyuhyun, dan dua anggota baru yaitu, Henry dan Zhou Mi. 
 

Super Junior H 



SJ-H merupakan subgrup keempat yang dibentuk oleh SM. Mereka terdiri atas Sungmin, Shindong, Yesung, Kangin, Eunhyuk, Eeteuk. Mini album mereka akan keluar di awal bulan juni ini. Dengan track andalan sebuah dance song yang berjudul "Cooking? Cooking!". Lagu tersebut berkisah tentang pemuda yang menemukan hal-hal menarik saat dia memikirkan masakan untuk kekasihnya. 
 
Acting Career

Film pertama Super Junior “Pretty Boy Terror Event Series” adalah sebuah komedi yang melibatkan seorang blogger yang bernama Kibum yang menulis blog tentang semua kejadian terror yang terjadi setiap tanggal 14 setiap bulan. Ini adalah film pertama yang dirilis oleh SM Pictures. Siwon akan berperan sebagai seorang ketua OSIS, dan Kangin berperan sebagai ketua klub Judo, dan Heechul sebagai ketua klub dance. Di film ini, ketiga orang tersebut menjadi target dari teror-teror tersebut.

sumber :

http://www.wikipedia.com

http://www.crunchyroll.com

http://www.animevent.blogspot.com

Komentar

Posting Komentar

Syarat menambahkan komentar:

>> Jangan berkomentar dengan menggunakan Anynomous
>> Gunakan account google kamu atau jika tidak gunakan URL, yang penting ada nama kalian.. :)
>> Tidak menerima komentar berisi spam..
>> Apabila komentar tidak muncul, berarti komentar kalian belum di moderasi. Jadi tolong mengerti ya.. :)

terimakasih

-------------------------------------||-------------------------------------

Regulation to fill the comment box:

>> Don't use Anynomous
>> Use your google account or just your link/ URL. The main point is, always put your name here :)
>> Cannot receive any spam comment such as comment that it's not relevant with my topic
>> When your comment does not appear, it because I haven't approve that or I haven't read that. So just wait until I read that, please understand :)

Thank you